Raih Emas di Asian Youth Championship 2013


Sabri NunukanSabri, salah satu atlet panjat tebing andalan Kabupaten Nunukan sukses meraih medali emas di “Asian Youth Championship 2013″ Senin (16/12) tiba kembali di Nunukan.

Medali emas yang dipersembahkan Sabri di nomor speed junior putra, sekaligus menghantarkan kontingen Indonesia keluar sebagai juara umum dengan perolehan akhir 5 medali emas, 2 perak dan 2 perunggu.

Di nomor speed junior putra, Sabri berhasil mengalahkan lawan-lawannya dari China, Khazastan, Singapura, Thailand, termasuk seteru abadinya asal Kukar, Ilham Wahyudi.

Di babak final Sabri menumbangkan atlet  Hongkong Cheun Chi Shouji sekaligus mencatat rekor waktu tercepat 7.63.

Kedatangan Sabri disambut hangat jajaran pengurus Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Nunukan. Diantaranya Ketua Pengcab FPTI Nunukan Arif Arianto, S.Hut, Sekum FPTI Nunukan Andi Arman, salah satu pelatih, Lukman S.Pd, serta wali kelas Sabri di SMA XI Nusa Umi Junaedah, S.Sos.

Tak kalah antusias rekan-rekan sesama atlet juga menyambut kedatangan Sabri bersama Alberto “Bolang” Agustinus.

Walau kali ini Alberto tidak berhasil menyumbang medali bagi Indonesia, tapi minimal sudah berusaha sekuat mungkin. Sayang lawan-lawan dari Jepang, Korea, dan China terlalu kuat bagi Alberto.

Meskipun penyambutan dilakukan secara sederhana namun tidaklah  membuat Sabri berkecil hati. “Bagi saya tidak terlalu penting ada atau tidak ada penyambutan. Disambut teman-teman sesama atlet dan wali kelas pun sudah sangat berbahagia,” terang Sabri.

Menurutnya, yang terpenting baginya bersama Bolang sudah menunaikan tugas membela negara. “Alhamdulillah mendapatkan hasil. Kalau saya bersama Bolang sih memang sudah terbiasa hidup sederhana sejak kecil. Saya hanya berharap kepada adik-adik junior untuk terbiasa menghadapi situasi seperti ini,” katanya.

Lebih jauh Sabri bersama Bolang berharap agar kedepannya kesulitan-kesulitan anggaran untuk mengikuti event tidak lagi terjadi.  “Bukan hanya di cabor panjat tebing tapi juga cabor-cabor lainnya di bawah naungan KONI Nunukan,” harapnya. “Terkadang posisi kami sebagai atlet dalam keadaan sulit, karena seringkali dicap cengeng atau cerewat saat mempersiapkan diri mengikuti kejuaraan, padahal sudah menjadi kebutuhan dasar kami sebagai atlet yang membawa nama daerah,” ujarnya.

Sementara itu Ketua FPTI Nunukan Arief Arianto, S.Hut menjelaskan dirinya bersama segenap jajaran pengurus serta pelatih FPTI Nunukan sangat bersyukur karena Sabri bisa meraih emas di level Asia.

“Ini untuk ketiga kalinya Sabri meraih juara di level Asia. Pertama kali di Bali tahun 2008, saat itu meraih 1 emas dan 1 perunggu. Kemudian tahun 2011 di Singapura, Sabri berhasil meraih 1 medali emas dan terakhir di Surabaya kemarin 1 medali emas. Moga prestasi Sabri bisa menjadi motivator bagi atlet-atlet junior lainnya,” sambungnya.

Lebih jauh Arif kembali berharap agar pembenahan dan penambahan fasilitas latihan untuk cabor panjat tebing di Nunukan bisa segera direalisasikan agar bisa lebih meningkatkan prestasi atlet.

Tidak hanya di Kabupaten Nunukan tapi juga di kecamatan lain, Sebatik di antaranya karena juga banyak memiliki atlet-atlet junior.

Wali Kelas Sabri di Kelas XI SMA Nusa Umi Junaedah, S.Sos mengaku sangat bangga anak  kelasnya mampu meraih prestasi spektakuler apalagi di level Asia.

“Kami tentu berbangga dengan prestasi Sabri, karena di samping membawa nama daerah dan negara, juga membawa nama baik sekolah SMA 1 Nusa. Kami di SMA 1 Nusa bersama bapak kepala sekolah, Husin Manu S.Ip selalu berprinsip akan mendukung penuh para atlet berprestasi,” pungkasnya.
(radartarakan.co.id – 201213)
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s