500 Warga Kecamatan Nunukan Diusulkan JKN


JKN

Sekitar 500 warga di Kecamatan Nunukan diusulkan sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) tahap pertama. Warga dimaksud sebelumnya terdaftar sebagai pengguna surat keterangan tidak mampu (SKTM) di wilayah Kecamatan Nunukan.

Camat Nunukan Umboro Hadisusino mengatakan, Pemerintah Kecamatan Nunukan terus memaksimalkan waktu yang tersedia untuk mendata masyarakat yang berhak untuk mendapatkan JKN. Program tersebut mulai berlaku secara nasional pada 1 Januari 2014 mendatang.

Ia mengatakan, terbatasnya waktu hingga 16 Desember 2013 untuk mendata masyarakat dilingkup Kecamatan Nunukan, membuat pihaknya hanya bisa mengusulkan sekitar 500 warga yang sebelumnya telah mengurus SKTM.

JKN dikelola Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dengan sistem bayar iuran kepada BPJS.

Khusus masyarakat yang masuk kategori miskin, iuran yang bersangkutan akan dibayarkan Pemerintah Kabupaten Nunukan. JKN diadakan dengan menganut sistem gotong royong.

“Di mana yang miskin dibayarkan dan yang kaya bayar iuran sesuai yang telah ditentukan,” ujarnya.

Umboro mengatakan, jika ada masyarakat yang belum terdata atau belum pernah mengurus SKTM, agar segera mendaftar di Kantor Kecamatan Nunukan dengan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK). Selanjutnya pendaftar akan diusulkan saat pendaftaran peserta JKN tahap kedua pada Juli mendatang.

(kaltim.tribunnews.com 241213)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s