Giliran PPTI Kecamatan Sebatik Barat Dikukuhkan


PPTI Nunukan

Wakil Ketua PPTI Cabang Kabupaten Nunukan Dokter Haji Rustam Senin (30/12/2013) melantik Pengurus Anak Cabang Perkumpulan Pemberantasan Tuberkulosis Indonesia (PPTI) Kecamatan Sebatik Barat Periode 2013–2018, di Balai Pertemuan Umum Desa Binalawan, Kecamatan Sebatik Barat.
Hadir pada pelantikan tersebut Camat Sebatik Barat Burhanuddin, Kepala Puskesmas Setabu, Babinsa Kecamatan Sebatik Barat, Kepala Desa dan Ketua RT se-Kecamatan Sebatik Barat, tokoh masyarakat serta tokoh agama.

Pelantikan dilanjutkan dengan penyuluhan terkait penyakit Tuberkulosis (TB), yang disampaikan Dokter Haji Ahmad Bintang dan Dokter Hajjah Andi Rahmawati.
Selanjutnya dilakukan penyerahan bantuan operasional dari PPTI Cabang Kabupaten Nunukan yang diwakili Rustam kepada PAC PPTI Kecamatan Sebatik Barat melalui ketuanya.

Rustam mengatakan, sejak PPTI Cabang Kabupaten Nunukan dikukuhkan 28 Juni 2013, dalam kurun waktu enam bulan pihaknya telah membentuk PAC di lima kecamatan masing-masing, Kecamatan Sebuku, Kecamatan Tulin Onsoi, Kecamatan Sembakung, Kecamatan Siemenggaris dan Kecamatan Sebatik Barat.
PPTI Cabang Kabupaten Nunukan dalam program kerjanya memprioritaskan pengembangan organisasi hingga ke kecamatan dengan membentuk PAC. Pembentukan PAC di 11 kecamatan lainnya direncanakan dilaksanakan pada 2014.

Pembentukan PAC di setiap kecamatan dinilai sangat penting karena tugasnya langsung berhubungan dengan pelayanan pengobatan kepada pasien penderita TB yang ada di setiap kecamatan sampai ke desa – desa dan rumah tangga.
Diharapkan agar penderita TB maupun suspek menderita TB dapat diperiksa dan berobat di Puskesmas maupun Rumah Sakit, sehingga tercatat dalam program pengobatan Penyakit TB di setiap kecamatan.

“Peran pengurus anak cabang PPTI yang telah dilantik maupun kader yang nantinya dibentuk dapat membantu menjangkau dan mengawasi pengobatan penderita TB di wilayahnya, baik dengan kegiatan penemuan penderita, penyuluhan, pengawasan minum obat (PMO) maupun memberikan bantuan makanan tambahan yang bergizi kepada para penderita penyakit TB,” ujarnya.

Khusus di Kecamatan Sebatik Barat yang pengurusnya baru dilantik, Rustam berharap Camat Sebatik Barat sebagai pembina dan penasehat PPTI PAC Sebatik Barat bersama unsur Muspika, pengusaha dan tokoh masyarakat dapat berperan dan membantu penemuan dan pengobatan penderita TB.

“Melaksanakan penyuluhan dan membantu transportasi penderita serta membantu pemberian makanan tambahan bergizi bagi penderita TB di wilayah Kecamatan Sebatik Barat. Sebab penderita TB selain tidak mampu dari segi kesehatan, juga tidak mampu dari segi ekonomi,” ujarnya.

Pada kesempatan itu Rustam menjelaskan, saat ini PPTI telah memasuki usia 45 tahun sejak berdiri pada 20 Mei 1968 yang diprakarsai Menteri Dalam Negeri, Menteri Kesehatan dan Menteri Sosial. Tujuan pembentukan organisasi itu untuk membantu Pemerintah melaksanakan penyuluhan. Selain itu membantu agar pasien dengan gejala TB dapat berobat ke sarana pelayanan kesehatan.

“Tugas utama PPTI adalah melaksanakan penyuluhan kepada masyarakat luas, memberi motivasi dan membantu pasien yang mempunyai gejala TB untuk datang memeriksakan diri. Dan berobat ke fasilitas kesehatan terdekat, mengawasi dan membantu pasien TN untuk memakan obatnya, serta memberi santunan bagi pasien TB dan masyarakat yang tidak mampu,” ujarnya.

Dijelaskan, jejaring organisasi PPTI dimulai dari tingkat pusat, propinsi, kabupaten/kota sampai kecamatan dan kader yang merupakan ujung tombak kegiatan dan program PPTI.

“Sehubungan peran PPTI tersebut, advokasi sangat penting karena permasalahan TB melibatkan banyak pihak, baik sektor pemerintah maupun swasta. Penyakit TB merupakan penyakit menular yang dapat menjangkiti siapa saja dan di mana saja,” katanya. (kaltim.tribunnews 301213)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s