Kecamatan Lumbis Ogong


Lumbis Ogomg

1. KEADAAN WILAYAH
Kecamatan Lumbis Ogong merupakan salah satu kecamatan  yang dimekarkan pada tahun 2011 berdasarkan Peraturan daerah Nomor 28 Tahun 2011, adalah pemekaran dari Kecamatan Lumbis. Luas Kecamatan Lumbis Ogong 3.357,01 km2 yang terdiri dari 49 Desa.

2. PEMERINTAHAN
Desa – desa  yang berada di Lumbis Ogong letaknya berada di dalam dan di tepi kawasan hutan. Desa-desa yang berada di Kecamatan Lumbis Ogong adalah :

1 Tukulon  2 Payang  3 Suyadon  4 Bulu Mengelom  5 Batung  6 Ubel Alung  7 Ubel Sulok  8 Nansapan  9 Sedalit  10 Tambalang Hilir  11 Kalam Buku  12 Long Bulu  13 Jukup  14 Taluan  15 Sinampila I  16 Samunti  17 Tadungus  18 Semata  19 Sungoi  20 Sinampila II 21 Salan  22 Linsayung  23 Labuk  24 Limpakon  25 Sumentobol  26 Sanal  27 Tuman Talas  28 Nantukidan  29 Labang  30 Sumantipal   31 Bulu Laun Hilir 32 Ngawol  33 Lagas 34 Tantalujuk 35 Panas  36 Bokok  37 Tambalang Hulu  38 Kuyo  39 Langgason   40 Sibalu  41 Kabungalor  42 Mamasin  43 Duyan  44 Tau Lumbis  45 Bulu Laun Hulu  46 Tetagas  47 Tantu Libing  48 Kalisun  49 Lepaga
Dari data aparatur kecamatan yang ada di kecamatan Lumbis, diperoleh data tentang jumlah aparat kecamatan berdasarkan tingkat pendidikan. Tercatat di tahun 2011, 10 orang merupakan lulusan  SMA dan sederajat, dan 4 orang pula merupakan lulusan sarjana (S1).

3. PENDUDUK
Jumlah penduduk dan kepadatan penduduk pada suatu  wilayah dapat digunakan sebagai tolak ukur untuk mengetahui kecenderungan penyebaran penduduk. Total penduduk Kecamatan
Lumbis Ogong tahun 2012 sebanyak 5.393 jiwa dengan penduduk laki-laki sebanyak 2.759 jiwa, dan perempuan sebanyak 2.634 jiwa.  Sekitar 80 % masyarakat di kecamatan Lumbis  merupakan rumah tangga pertanian, yang tentu saja  sumber penghasilan utama sebagian besar penduduk didapat dalam sektor tersebut.

4. PERUMAHAN DAN LINGKUNGAN HIDUP
Setelah pemekaran kecamatan, pembangunan di Kecamatan Lumbis Ogong harus terus menerus diupayakan, karena diharapkan suatu saat nanti dapat menjadi salah satu kecamatan yang dinilai semakin berkembang dari tahun ke tahun. Dalam hal ini fasilitas-fasilitas yang menunjang pembangunan tersebut perlu mendapat perhatian khusus seperti pasokan listrik, fasilitas lampu jalan dan fasilitas-fasilitas lain.  Fasilitas penerangan dan pasokan listrik PLN belum bisa dinikamati masyarakat di Kecamatan Lumbis Ogong. Sebagian besar rumah tangga menggunakan kayu bakar sebagai bahan bakar yang dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari. Fasilitas pembuangan sampah juga tidak tersedia sehingga sebagian besar keluarga menggunakan sungai sebagai tempat pembuangan sampah rumah tangga mereka.

5. KESEHATAN DAN PENDIDIKAN
Kesehatan dan pendidikan merupakan hal yang penting dalam suatu pembangunan. Tersedianya fasilitas kesehatan dan pendidikan yang memadai dapat menunjang perkembangan suatu daerah.   Salah satu indikator kesejahteraan masyarakat yang vital adalah kesehatan. Upaya peningkatan kesehatan masyarakat dilakukan dengan tersedianya pelayanan kesehatan yang mudah, merata dan murah pada semua lapisan masyarakat, terutama masyarakat yang kurang mampu. Tercatat ada 5 unit puskesmas pembantu dan jumlah posyandu sebanyak 8 unit.   Pendidikan merupakan kebutuhan dasar manusia untuk meningkatkan keterampilan dan kecerdasan yang dimilikinya, dan pendidikan juga merupakan dimensi pembentuk dan penentu kualitas sumber daya manusia. Salah satu standar umum yang digunakan untuk melihat keberhasilan pendidikan di suatu wilayah adalah tersedianya sarana pendidikan. Pada tahun 2011, sarana pendidikan yang tercatat di Kecamatan Lumbis Ogong terdiri dari  8 Sekolah Dasar Negeri dan 2 SLTP Negeri.

6. SOSIAL BUDAYA DAN OLAH RAGA
Kehidupan beragama di Negara Indonesia diatur sesuai pasal 29 UUD 1945 dan butir-butir Pancasila sila pertama, yang menjamin kebebasan penduduk memeluk suatu agama dan menjalankan ibadah keagamaan sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.   Kehidupan beragama senantiasa dibina dengan tujuan untuk menciptakan kehidupan masyarakat yang serasi, seimbang, dan selaras yang diharapkan dapat mengatasi berbagai masalah sosial budaya sebagai dampak dari globalisasi dunia dewasa ini,  yang mungkin dapat merusak mental bangsa dan menghambat kemajuan, disamping untuk membina kerukunan hidup antar umat beragama. Mayoritas suku/etnis yang mendiami kecamatan ini adalah dari suku dayak Tegalen dan mayoritas penduduknya adalah beragama Kristen.

“DALAM BADAN YANG SEHAT, TERDAPAT JIWA YANG KUAT”.  Semboyan ini merupakan satu pedoman bagi masyarakat Lumbis. Bagi mereka,  kesehatan adalah bagian terpenting dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk mewujudkan hal ini maka diperlukan fasilitas-fasilitas yang mendukung. Di kecamatan ini terdapat beberapa fasilitas tersebut.

7. ANGKUTAN, KOMUNIKASI, DAN INFORMASI
Keberhasilan pembangunan di Kecamatan Lumbis Ogong  harus terus diupayakan, dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat. Hal tersebut akan berdampak pada meningkatnya mobilisasi masyarakat dalam memenuhi aktifitasnya yang pada gilirannya akan membutuhkan pelayanan jasa transportasi baik darat, laut, udara dan pos telekomunikasi yang memadai.  Keamanan, keselamatan, kelancaran, dan kenyamanan adalah fokus utama dalam mewujudkan hal tersebut, sehingga dibutuhkan fasilitas, sarana dan prasarana yang mendukung.  Di kecamatan Lumbis Ogong, sarana dan prasarana transportasi antar desa hanya dapat ditempuh lewat sungai. Ini mungkin disebabkan faktor geografis kecamatan itu sendiri.

8. PEREKONOMIAN
Kegiatan perekonomian masyarakat Lumbis Ogong sebagian besar adalah dalam sektor pertanian. Sejak dilakukannya pemekaran kecamatan, Kecamatan Lumbis Ogong masih dalam tahap pembangunan karena sarana dan prasarana penunjang perekonomian belum begitu banyak terdapat di Kecamatan ini.

9. POLITIK DAN KEAMANAN
Kegiatan politik di Kecamatan Lumbis Ogong tidak jauh berbeda dengan sebelum pemekaran.   Masalah keamanan menjadi satu hal yang penting pula. Tercatat selama setahun terakhir pernah terjadi perkelahian massal antar pelajar. Timbul permasalahan baru di antara mereka sehingga perkelahian itu bisa terjadi, tapi hal tersebut bisa diselesaikan secara damai.
 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s