Kecamatan Sembakung


sembakung sk 791. KEADAAN WILAYAH
Sungai Sembakung yang membelah Kecamatan Sembakung menjadikan desa-desa di Sembakung sebagai wilayah yang unik. Berbatasan langsung dengan Kecamatan Lumbis di sebelah barat, Kabupaten Bulungan di sebelah selatan dan timur serta di sebelah utara dengan Kecamatan Sebuku dan Nunukan. Kecamatan Sembakung memiliki luas tak kurang dari 2.042,66 km

2. PEMERINTAHAN
Dua puluh desa yang berada di Kecamatan Sembakung 9 desa berstatus desa Swakarya dan 11 desa lainnya adalah desa Swasembada, ibukota kecamatan adalah Desa Atap. Dua desa di Kecamatan Sembakung terletak di wilayah pesisir/tepi laut, sisanya terletak di bukan wilayah pesisir/tepi laut. Keseluruhan desa di Kecamatan Sembakung terletak di tepi kawasan hutan. Desa-desa tersebut adalah :

1 Liuk Bulu 2 Binanun 3 Pulau Keras 4 Sabuluan 5 Tulang 6 Saduman 7 Paguluyon 8 Mambulu 9 Katul  10 Lubok Buat 11 Butas Bagu 12 Labuk 13 Pagar 14 Tujung  15 Manuk Bungkul 16 Atap 17 Lubakan  18 Tagul  19 Plaju   20 Tepian

3. KEADAAN PENDUDUK
Masalah kependudukan merupakan hal yang sangat penting dalam mencapai tujuan pembangunan.Penduduk memegang peranan yang sangat vital baik sebagai objek maupun subjek dari pembangunan itu sendiri.  Pada tahun 2012 jumlah penduduk kecamatan Sembakung sebanyak 8.759 jiwa, dengan jumlah laki-laki sebanyak 4.574 jiwa, dan perempuan sebanyak 4.185 jiwa.   Sumber penghasilan utama sebagian besar masyarakat kecamatan Sembakung adalah dari  sektor pertanian.   Dari data aparatur kecamatan yang ada di kecamatan Sembakung, diperoleh data tentang jumlah aparat kecamatan berdasarkan tingkat pendidikan. Tercatat di tahun 2011 sebanyak 2 orang merupakan lulusan SD atau sederajat, 2 orang lulusan SLTP dan sederajat, 19 orang merupakan lulusan  SMA dan sederajat, 2 orang lulusan akademi (DI, DII, DIII), dan 6 orang pula merupakan lulusan sarjana (S1).

4. PERUMAHAN DAN LINGKUNGAN HIDUP
Di Kecamatan Sembakung , bahan bakar yang digunakan oleh sebagian besar keluarga untuk memasak adalah kayu bakar dan minyak tanah. Tempat buang sampah sebagian besar keluarga di Kecamatan Sembakung adalah di dalam lubang/dibakar, sedangkan tempat buang air besar sebagian besar keluarga menggunakan jamban sendiri. Menurut data tahun 2011, jumlah sungai yang melintasi kecamatan ini adalah sebanyak 1 sungai, yang mana air sungai tersebut digunakan untuk mandi/cuci, minum, bahan baku air minum (dijernihkan), irigasi, dan transportasi.  Sebagian besar masyarakat di kecamatan Sembakung hidup di bantaran sungai Sembakung. Menurut data 2010, Jumlah keluarga yang hidup di bantaran sungai sejumlah 2.225 KK. Dari data yang diperoleh tahun 2010 ada 703 KK di kecamtan Sembakung yang bertempat tinggal di bawah jaringan listrik tegangan tinggi.  Kecamatan Sembakung adalah salah satu kecamatan yang rawan bencana tanah longsor,banjir, dan pembakaraan hutan/ladang/sawah. Dalam 3 tahun terakhir ini terjadi banjir yang menyebabkan kerugian/kerusakan.

5. PENDIDIKAN
Pendidikan merupakan salah satu upaya untuk mencetak sumber daya manusia yang potensial dan produktif bagi pembangunan, baik melalui pendidikan formal maupun nonformal.   Penyediaan sarana dan prasarana pendidikan merupakan salah satu upaya pemeintah untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan yang ada di Kecamatan Sembakung.   Pada tahun 2011 di Kecamatan Sembakung ada 2 Taman Kanak-kanak swasta, 18 Sekolah Dasar Negeri, 6 SLTP Negeri , dan 1 SMU Negeri .

6. KESEHATAN DAN KELUARGA BERENCANA
Pembangunan bidang kesehatan bertujuan agar semua lapisan masyarakat dapat memperoleh pelayanan kesehatan secara mudah, merata dan murah. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan masyarakat diantaranya adalah rendahnya konsumsi makanan bergizi, kurangnya sarana kesehatan serta keadaan sanitasi dan lingkungan yang tidak mendukung.  Sarana kesehatan di Kecamatan Sembakung adalah :
Puskesmas 1 unit, puskesmas pembantu 12 unit, dan posyandu 22 unit.

7. SOSIAL BUDAYA DAN OLAH RAGA
Agama yang dipeluk oleh masyarakat Kecamatan  Sembakung adalah Islam, Kristen, dan Katholik, sedangkan agama yang dipeluk oleh mayoritas masyarakat di kecamatan ini adalah agama Islam, dengan jumlah Masjid sebanyak 11 buah, Surau/langgar 4 buah, jumlah gereja kristen dan katolik sejumlah 8 buah. Sedangkan jumlah suku/etnis di kecamatan ini adalah sebanyak 5 suku, dengan mayoritas suku/etnis di kecamatan ini adalah suku Dayak Tidung.
Sarana dan prasarana olah raga di Kecamata Sembakung terdiri dari 14 lapangan sepak bola, 28 lapangan bola volli, dan 2 lapangan bulu tangkis.

8. ANGKUTAN, KOMUNIKASI DAN INFORMASI
Transportasi menurut fungsinya adalah untuk melayani mobilitas orang, barang dan jasa lokal, regional, nasional, bahkan internasioanl serta berfungsi sebagai pendukung pembangunan sektor lain. Penyelenggaraan sistem transportasi daerah mencakup transportasi darat, laut, dan udara. Sarana dan Prasarana trasnportasi antar desa di Kecamatan Sembakung terdiri dari sarana dan prasarana darat dan air.   Sampai dengan tahun 2011, permukaan jalan yang sudah di aspal mencapai 4 km. Jarak tempuh dari ibukota kecamatan ke ibukota kecamatan lain yang terdekat adalah 18 km.   Seiring dengan berkembangnya jaman menuju era globalisasi sekarang ini, informasi dan komunikasi memegang peranan yang sangat pentingdalam kehidupan masyarakat. Berbagai kemudahan berkomunikasi merupakan salah satu dambaan masyarakat. Di tahun 2011 jumlah kantor pos/pos pembantu/rumah pos adalah 1 unit.

9. EKONOMI
Pada tahun 2011 tecatat di Kecamatan Sembakung tedapat  5 kedai makanan dan inuman, 4 warung/toko kelontong sedangkan jumlah penginapan di Kecamatan Sembakung adalah sebanyak 1 unit. Untuk usaha bengkel kendaraan bermotor di kecamatan Sembakung sejumlah 3 buah, bengkel reparasi alat-alat elektronik 1 buah, 1 buah usaha fotocopy, tata rias wajah 1 buah, bengkel las 1 buah, dan persewaan alat-alat pesta 1 buah.

10. POLITIK DAN KEAMANAN
Menurut data tahun 2011, di Kecamatan Sembakung terdapat  3 Pos Polisi, dan 22 pos HANSIP/KAMLING. Jumlah anggota Hansip/Linmas di Kecamatan Sembakung berjumlah 5 orang di kota kecamatan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s