Persahabatan Nenek Moyang Suku Dayak Agabag dengan Gajah


Gajah Kalimanatan

Binatang gajah sering muncul di Desa Sekikilan Kecamatan Tulin Onsoi. Tidak jarang  gajah tersebut sampai memasuki pemukiman warga. Bahkan sampai ada gajah yang merusak tanaman sawit warga. Gajah-gajah ini sebenarnya baru saja muncul sejak 10 tahun tidak pernah lagi muncul. Sebenarnya, Suku Dayak Agabag sendiri telah bersahabat baik dengan Gajah. Bahkan Gajah tersebut mereka panggil nenek yang berarti leluhur mereka.

Ada kisah menarik soal panggilan nenek oleh masyarakat Dayak Agabag. Kisah ini bermula saat nenek moyang mereka berjalan-jalan di hutan. Mereka tersesat kemudian bertemu dengan gajah. Gajah pun menolong nenek moyang mereka yang tersesat. Nenek moyang mereka pun bersahabat baik dengan gajah. Saat berpisah pun tiba. Nenek moyang mereka dan gajah berjanji bahwa keduanya akan bersahabat baik dan tidak saling mengganggu. Karena gajah dan nenek moyang suku dayak agabag bersahabat, maka suku dayak agabag pun menyebut gajah adalah nenek. Sang gajah mengatakan bahwa suatu saat nanti, ia akan muncul kembali di tengah-tengah kehidupan anak dan cucu Suku Dayak Agabag. Terbukti kini setelah sekian lama akhirnya gajah muncul kembali. Salah seorang suku dayak agabag, memaparkan bahwa gajah lebih senang jika dipanggil dengan sebutan nenek. Telinganya bergerak-gerak jika disapa dengan sebuatan nenek. Panggilan ini ibarat panggilan penghormatan baginya.

Saat ini, terdengar bahwa kemunculan gajah di Desa Sekikilan menimbulkan konflik antara gajah dan masyarakat. Hal ini karena gajah telah merusak tanaman sawit milik warga. Menurut warga disana, “Tidak perlu didatangkan WWF untuk mengusir gajah sebab kemunculan gajah telah menjadi janji nenek moyang mereka terdahulu”. (Cerita Rakyat)

Iklan

3 pemikiran pada “Persahabatan Nenek Moyang Suku Dayak Agabag dengan Gajah

  1. Legenda yang cukup menarik, Munculnya Gajah Tersebut mungkin disebabkan Ekosistemnya Terganggu kerena semakin meraknya pembukaan lahan perkebunan kelapa sawit skala gelobal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s