Tinggal Menunggu Tandatangan Bupati dan Ketua DPRD


Peta Kecamatan Sebatik

Peta Kecamatan Sebatik

Harapan mas-yarakat yang menginginkan Pulau Sebatik menjadi kota, akhirnya mendapat titik terang. Persayaratan daerah yang berbatasan langsung dengan Negara tetangga Malaysia ini sudah terpenuhi semua.

Asisten I Tata Pemerintahan Setkab Nunukan, Abidin Tajang kepada Koran Kaltara mengatakan, kini seluruh persyaratan yang dibutuhkan dalam pengesahan Sebatik menjadi kota telah dipenuhi Pemerintah Kabupaten Nunukan. “Jadi, sebenarnya hanya ada satu dokumen yang harus kita penuhi, yaitu peta Pulau Sebatik. Saat ini, dokumen itu sudah kita pegang dan hanya menunggu tandatangan dari pak bupati dan Ketua DPRD Nunukan, kemudian kita serahkan kembali ke Kemendagri dan Komisi II DPR RI,” ujarnya, Jumat 10/1 kemarin.

Abidin berharap, dalam waktu dekat ini berkas tersebut  segera ditandatangani. Pasalnya, DPR RI telah menjadwalkan bakal mengelar rapat paripurna masa sidang I DPR RI yang akan dilaksanakan Rabu 15/1 mendatang. “kita sih berharap ini bisa segera ditandatangani, agar kita tidak terlambat lagi,” harapnya.

Pulau Sebatik masuk dalam 22 daerah yang diusulkan sebagai Daerah Otonomi Baru dan dibahas dalam rapat paripurna DPR RI. PJ Gubernur Kaltara, Irianto Lambrie beberapa waktu lalu turut mem-berikan tanggapan. Menurutnya, dengan dimasukan Sebatik sebagai DOB merupakan keputusan strategis. Karena dianggap membantu Pemprov Kaltara dalam me-ningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat Sebatik.

Tidak hanya itu, pembentukan Kota Sebatik nantinya akan mem-bantu upaya Pemprov Kaltara dalam mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia di wilayah perbatasan. “Dengan dijadikannya DOB, tentu perhatian pusat dan daerah lebih fokus. Sehingga pembangunan di sana bisa lebih cepat, serta bersaing dengan Malaysia,” kata Irianto.

Irianto menambahkan, sebenarnya Pemprov Kaltara juga telah turut memperjuangkannya. Bahkan tanggal 11 Desember 2013 lalu, ia sudah menyampaikan langsung ke Kementerian Dalam Negeri. Tujuannya, jika Sebatik tidak masuk usulan inisiatif DPR, dapat diusulkan lewat jalur pemerintah. “Itu masuknya lewat jalur pemerintah, yang terpenting sudah masuk 22 DOB dalam pembahasan saat ini. Kita harap tahun 2014 atau 2015 sudah ditetapkan,” tuturnya.
Jika sudah terbentuk DOB, Irianto mengaku akan mempersiapkan pejabat daerah untuk diusulkan ke Kemendagri. Dipastikan mereka adalah orang pilihan dari lokal, bukan dari luar.

Selanjutnya men-sosialisasikan ke masyarakat, agar warga Sebatik mengetahui semua. Ia juga akan mengusulkan dalam anggaran tahun 2015, untuk pembangunan infrastruktur maupun pengembangan pendidikan dan fasilitas lainnya. “Saya mengimbau masyarakat di sana tenang saja dan mempersiapkan diri. Serta tetap menjaga kondusifitas daerahnya,” imbuhnya. (korankaltim 100114)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s