Rp 108 Juta Sumbangan Kaltim untuk Korban Kebakaran di Nunukan


Sekretaris BPBP Kaltim Hajjah Zainah Yurdha, Selasa (11/2/2014) menyerahkan bantuan yang diterima Camat Nunukan Umboro Hadisusino.

Sekretaris BPBP Kaltim Hajjah Zainah Yurdha, Selasa (11/2/2014) menyerahkan bantuan yang diterima Camat Nunukan Umboro Hadisusino.

Tak hanya masyarakat dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara, warga dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur juga ikut memberikan perhatian terhadap ratusan warga yang menjadi korban bencana kebakaran di Jalan Hasanuddin RT 09, Sungai Bolong, Kelurahan Nunukan Utara, Kecaamatan Nunukan.

Bantuan kepada korban kebakaran sebesar Rp108.000.000 diserahkan ​Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Provinsi (BPBP) Kalimantan Timur Hajjah Zainah Yurdha yang diterima Camat Nunukan Umboro Hadisusino, Selasa (11/2/2014) sore, di Posko Tanggap Darurat Bencana Kebakaran Sungai Bolong, Terminal Pasar Sentral Inhutani.
Penyerahan bantuan itu disaksikan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Nunukan Muhammad Amin, Lurah Nunukan Utara Haji Syahdan dan warga korban bencana kebakaran.
Bantuan itu selanjutnya disalurkan kepada korban kebakaran, sebesar Rp1 juta untuk setiap kepala keluarga.

“Kami ada namanya Forum Kalimantan Timur Peduli Bencana yang terdiri dari instansi terkait, dunia usaha atau perusahaan perusahaan dan masyarakat atau LSM yang tergabung didalamnya. Forum ini melakukan penggalangan dana yang dihimpun melalui Bank Kaltim, untuk bantuan korban bencana ditingkat provinsi maupun ditingkat untuk bencana nasional,” ujar Zainah.
Ia mengatakan, baru-baru ini pihaknya juga memberikan bantuan untuk korban banjir bandang di Manado.

“Tahun 2013 banyak kejadian di Balikpapan, Kabupaten Paser, di Kutai Kartanegara, jadi memang dana itu dari forum dialokasikan untuk bencana. Dana ini terbatas dan memang sedikit, tetapi paling tidak ini bentuk rasa prihatin kami, ini bantuan dari Pemerintah Provinsi Kaltim atau khususnya warga kaltim terhadap korban bencana,” ujarnya.
Ia berharap, musibah ini membuat para korban lebih siap dari segi fisik dan psikologi. Hal ini juga diharapkan bisa menjadi pelajaran bagi semua pihak, sehingga bisa menjadi lebih baik kedepannya.

“Kita lebih waspada dalam upaya mengurangi resiko. Kita lebih waspada menggunakan sumber api seperti kompor dan listrik,” ujarnya.
Setelah menyerahkan bantuan tersebut, Sekretaris BPBD Propinsi Kaltim meninjau lokasi kebakaran yang berada tak jauh dari Posko Tanggap Darurat Bencana Kebakaran Sungai Bolong.

“Mudah-mudahan dari pengalaman ini kita bisa menjadikan pelajaran dan lebih berhati-hati kedepan. Mudah-mudahan dengan musibah yang dialami, kita turut berdoa, kita turut berduka, mudah-mudahan bapak ibu tabah dan Insya Allah kita bisa mendapatkan rejeki, amal ibadah kita lebih baik,” ujarnya. (kaltim.tribunnews.com 11022014)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s