Gagal, Penyelundupan Kayu Sono Keling dari Probolinggo ke Tawau


Kayu seludupanAparat Bea Cukai di Nunukan, Kalimantan Utara, mengamankan 132 kubik kayu jenis sono keling dari KM Alif Berkah bernomor lambung 1175/MG.

Kepala seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Nunukan, Eko Yulianto Widi Hertomo mengatakan, KM Alif Berkah diamankan kapal patroli bea cukai 2 mil Perairan Ambalat menuju ke Malaysia.

“Dokumen yang diperlihatkan oleh ABK kapal KM Alif Berkah mengangkut kayu jenis sono keling sejumlah 132 kubik. Dari surat izin berlayar SIB terlihat bahwa tujuan sebenarnya Nunukan, tapi jalur yang sedang diambil oleh kapal tersebut itu menuju ke Tawau,” kata Eko Yulianto, Senin (28/4/2014).

KM Alif Berkah barasal dari Kota Probolinggo Jawa Timur. Muatan 132 kubik kayu jenis sono keling KM Alif Berlah termasuk barang terlarang di pembatasan. “Jadi dia tidak boleh diekspor ke luar negeri. Kalau dinilai sekilas lebih dari Rp 1 miliar. Tapi nilai pastinya nanti yang berhak dari kehutanan yang akan mengukur,” kata Eko.

“Sementara kita tahan dulu nahkoda dan ABK-nya. Kalau terbukti hukumannya satu sampai 10 tahun berdasar Pasal 102 e Undang-undang Kepabeanan,” ujar Eko lagi.

Sumber: regional.kompas.com – Senin, 28 April 2014

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s