Kecamatan Sebatik Timur


Kecanatan Sebatik Timur

Kecanatan Sebatik Timur

1. KEADAAN WILAYAH
Kecamatan Sebatik Timur resmi dibentuk pada Tahun 2011  berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 25 Tahun 2011 dalam wilayah kabupaten Nunukan. Setelah berpisah dari Kecamatan Sebatik jumlah penduduk di Kecamatan Sebatik Timur mencapai 12.202 jiwa pada tahun 2011. Luas Wilayah Kecamatan Sebatik Timur keseluruhan sekitar 39,17 km2, yang terdiri dari 4 desa.

2. PEMERINTAHAN
4 desa berada di Kecamatan Sebatik Timur dan Desa Sei Nyamuk ditetapkan sebagai pusat pemerintahan kecamatan. Terdapat 4 Badan Perwakilan Desa, 14 RW dengan 54 RT yang tersebar di kecamatan Sebatik Timur. Desa-desa yang berada di Kecamatan Sebatik Timur adalah :

1 Sei Nyamuk
2 Tanjung Harapan
3 Bukit Aru Indah
4 Tanjung Aru

Dari data yang diperoleh, tercatat jumlah aparatur kecamatan berdasar tingkat pendidikan, 1 orang merupakan lulusan SMA dan sederajat, 1 orang pendidikan Akadmi, dan 8 orang lulusan S1.

3. PENDUDUK DAN KETENAGAKERJAAN
Masalah kependudukan merupakan hal yang sangat penting  dalam mencapai tujuan pembangunan. Penduduk memegang peranan yang sangat vital baik sebagai objek maupun subjek dari pembangunan itu sendiri. Jumlah penduduk di Kecamatn Sebatik Timur tahun 2012 sebanyak 11.745 jiwa, dengan jumlah penduduk laki-laki sebanyak 6.014 jiwa dan penduduk perempuan sebanyak 5.731 jiwa.

4. PERUMAHAN DAN LINGKUNGAN HIDUP
Tersedianya sarana dan prasarana yang lengkap menjadi satu hal yang dapat menunjang pembangunan suatu daerah. Saat ini, di kecamatan Sebatik Timur penerangan jalan utama kecamatan menggunakan pasokan listrik yang diusahakan oleh pemerintah. Dalam hal pemakaian bahan bakar untuk keperluan rumah tangga, saat ini sebagian masyarakat di kecamatan ini lebih banyak menggunakan minyak tanah dan gas. Fasilitas tempat buang sampah sebagian besar keluarga di tempat sampah yang kemudian diangkut oleh dinas kebersihan setempat. Sedangkan fasilitas buang air besar menggunakan adalah jamban sendiri. Di kecamatan Sebatik Barat banyak dialiri oleh sungaisungai. Dari data yang diperoleh, aliran sungai banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk irigasi pertanian.

5. KESEHATAN DAN PENDIDIKAN
Pembangunan dibidang kesehatan bertujuan agar semua lapisan masyarakat dapat memperoleh pelayanan kesehatan secara mudah, merata dan murah. Adapun faktor penting dalam upaya peningkatan kesehatan masyarakat terletak pada manusianya
sebagai subjek sekaligus obyek dari upaya tersebut, karena kesehatan merupakan hal yang sangat penting dalam menunjang keberhasilan pembangunan. Sarana yang mendukung kesehatan tahun 2011 di kecamatan ini antara lain dengan tersedianya 1 buah puskesmas induk, 1 buah puskesmas pembantu, 1 tempat praktek dokter, 1 tempat praktek bidan, 2 apotik, dan 2 toko khusus obat/jamu.  Masalah pendidikan juga tidak bisa diacuhkan begitu saja, karena dengan pendidikan yang baik disitulah diharapkan muncul bibit-bibit masa depan yang mampu membawa nama baik bangsa Indonesia. Fasilitas yang lengkap dan memadai membantu lancarnya proses belajar mengajar.  Oleh karena itu diharapkan
dengan adanya  4 unit TK Swasta, 7 unit SD swasta, 2 SLTP Swasta, dan 1 unit SMK Swasta dapat lebih mencerdaskan masyarakat
Sebatik Timur.

6. SOSIAL BUDAYA DAN OLAHRAGA
Masyarakat di kecamatan Sebatik Timur juga dikenal beragam, tak terkecuali kehidupan beragamanya. Agama dan kepercayaan yang ada di kecamatan ini antara lain islam, Kristen, dan agama katholik, dan mayoritas penduduk adalah beragama islam dengan jumlah sarana ibadah yaitu masjid sebanyak 15 buah. Terdapat 3 majelis ta’lim/kelompok pengajian yang aktif di kecamatan ini.  Beragam suku yang terdapat di kecamatan Sebatik Timur, tercatat ada 5 suku yang menetap dengan mayoritas suku bugis. Sarana dan prasarana olah raga di Kecamata Sebatik Barat terdiri dari 2 lapangan sepak bola, 5 lapangan bola volli, 4 lapangan bulu tangkis, 1 Lapangan Tenis, 1 tempat renang, 1 tempat perkumpulan beladiri, Tenis Meja sebanyak 7 tempat.

Data BPS 2012

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.