Kecamatan Nunukan Selatan


Kecamatan Nunukan Selatan

Kecamatan Nunukan Selatan

1. KEADAAN WILAYAH
Kecamatan Nunukan Selatan berbatasan dengan Kecamatan Nunukan di sebelah utara, Selat Nunukan di sebelah timur dan selatan, serta Desa Binusan dan Kelurahan Nunukan Barat di sebelah Barat. Luas Wilayah Kecamatan Krayan keseluruhan sekitar 174,79 km2, yang terdiri dari 4 kelurahan.

2. PEMERINTAHAN
Jumlah kelurahan di Kecamatan Nunukan Selatan adalah 4 kelurahan yang beribukota di Nunukan Selatan. Status hukum seluruh desa adalah definitif. Jumlah Rukun Tetangga (RT) adalah sebanyak 32 RT, sedangkan jumlah Rukun Warga (RW) adalah 8 RW. Keseluruhan kelurahan di Kecamatan Nunukan Selatan terletak di wilayah pesisir. Kelurahan-kelurahan tersebut adalah :

1 Selisun
2 Mansapa
3 Tanjung Harapan
4 Nunukan Selatan

3. KEADAAN PENDUDUK
Masalah kependudukan merupakan hal yang sangat penting  dalam mencapai tujuan pembangunan. Penduduk memegang peranan yang sangat vital baik sebagai objek maupun subjek dari pembangunan itu sendiri.  Pada tahun 2012 jumlah penduduk Kecamatan Nunukan Selatan sebanyak 16.273 jiwa yang terdiri dari 8.874 laki-laki dan 7.399 perempuan. Jumlah aparat kecamatan di Nunukan Selatan berdasarkan tingkat pendidikan menurut data tahun 2011 adalah 3 orang  pendidikan SLTP dan sederajat, 10 orang pendidikan SMA dan sederajat, 1 orang lulusan akademi dan 10 orang pendidikan sajana (S1).

4. PENDIDIKAN
Pendidikan merupkan salah satu upaya untuk mencetak sumber daya manusia yang potensial dan produktif bagi pembangunan, baik melalui pendidikan formal maupun nonformal.

Penyediaan sarana dan prasarana pendidikan merupakan salah satu upaya pemeintah untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan yang ada di Kecamatan Krayan.   Pada tahun 2011 di Kecamatan Nunukan Selatan ada 1 Taman Kanak-kanak Negeri, 3 Taman Kanak-kanak swasta, 5 Sekolah Dasar Negeri, 3 Sekolah Dasar Swasta, 3 SLTP Negeri, 2 SLTP Swasta, dan 1 SMA Negeri .

5. KESEHATAN
Pembangunan bidang kesehatan bertujuan agar semua lapisan masyarakat dapat memperoleh pelayanan kesehatan secara mudah, merata dan murah. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan masyarakat diantaranya adalah rendahnya konsumsi makanan bergizi, kurangnya sarana kesehatan serta keadaan sanitasi dan lingkungan yang tidak mendukung.

Sarana kesehatan di Kecamatan Nunukan Selatan adalah :Puskesmas 1 unit, puskesmas pembantu 4 unit, posyandu 23 unit, dan tempat praktek bidan ada 2 tempat.

6. PERTANIAN
Pertanian yang meliputi pertanian tanaman pangan, pekebunan, kehutanan, perikanan dan peternakan selalu diupayakan untuk menunjang pertumbuhan dan stabilitas ekonomi.

Pembangunan di bidang pertanian memegang peranan penting dalam pembangunan ekonomi, terutama untuk meningkatkan taraf hidup petani sebagai kelompok besar masyarakat, disamping itu juga untuk mendukung pertumbuhan industri. Sektor pertanian masih menjadi potensi ekonomi yang paling menonjol dan sudah diberdayakan di kecamatan Nunukan Selatan.

7. SOSIAL BUDAYA DAN OLAH RAGA
Agama yang dipeluk oleh masyarakat Kecamata Nunukan Selatan adalah Islam, Kristen, dan Katholik, sedangkan agama yang dipeluk oleh  mayoritas masyarakat di kecamatan ini adalah agama Islam, dengan jumlah masjid sebanyak 23 buah, 3 gereja Kristen, dan 2 gereja Katholik.

Di Kecamatan Nunukan selatan terdapat fasilitas perlindungan social yaitu 2 buah panti asuhan. Sarana dan prasarana olah raga di Kecamata Nunukan Selatan  terdiri dari 1 lapangan bola volli, 1 lapangan bulu tangkis, 1 lapangan basket, dan 2 lapangan tenis lapangan. (BPS 2012)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s