Kecamatan Sebuku


Kecamatan Sebuku

Kecamatan Sebuku

1. KEADAAN WILAYAH
Kecamatan Sebuku pada tahun 2012 mengalami pemekaran wilayah dengan membagi wilayahnya menjadi Kecamatan Tulin Onsoi, luas kecamatan sebuku mencapai 1.608,48 km2
.

2. PEMERINTAHAN
Jumlah desa di Kecamatan Sebuku setelah pemekaran adalah 10 desa yang beribukota di Pembeliangan. Jumlah badan perwakilan desa/dewan kelurahan adalah 50 sedangkan jumlah Rukun Tetangga (RT) adalah sebanyak 27 RT. Keseluruhan desa di Kecamatan Sebuku terletak di kelurahan bukan pesisir yang terdiri dari desa/kelurahan di tepi kawasan hutan 9 desa dan desa/kelurahan di luar kawasan hutan sebanyak 1 desa. Desa-desa tersebut adalah :

1 Sujau
2 Lulu
3 Melasu Baru
4 Bebanas
5 Tetaban
6 Harapan
7 Kunyit
8 Kekayap
9 Apas
10 Pembeliangan

3. KEADAAN PENDUDUK
Masalah kependudukan merupakan hal yang sangat penting dalam mencapai tujuan pembangunan.Penduduk memegang peranan yang sangat vital baik sebagai objek maupun subjek dari pembangunan itu sendiri. Pada tahun 2012 jumlah penduduk kecamatan Sebuku sebanyak 10.761 jiwa yang terdiri dari 5.897 laki-laki dan 4.864
perempuan.  Sumber penghasilan utama sebagian besar masyarakat Kecamatan Sebuku adalah dari  sektor pertanian .

Jumlah aparat kecamatan di Kecamatan Sebuku berdasarkan tingkat pendidikan menurut data tahun 2011 adalah 2 orang pendidikan SD dan sederajat 2 orang pendidikan SLTP dan sederajat, 26 orang SMA dan sederajat, 1 orang pendidikan Akademi dan 5 orang pendidikan sajana (S1).

4. PERUMAHAN DAN LINGKUNGAN HIDUP
Di Kecamatan Sebuku, pasokan listrik diperoleh dari Listrik Non PLN, yaitu sebanyak ±100 kepala keluarga yang menggunakan sarana tersebut. Karena tidak ada pasokan listrik dari PLN, maka tidak ada penerangan di jalan utama kecamatan. Sedangkan bahan bakar yang digunakan oleh sebagian besar keluarga untuk memasak adalah kayu bakar.
Tempat buang sampah sebagian besar keluarga di Kecamatan Sebuku adalah di dalam lubang/dibakar, sedangkan tempat buang air besar sebagian besar keluarga bukan menggunakan jamban. Menurut data tahun 2010, jumlah sungai yang melintasi kecamatan ini adalah sebanyak 1 sungai, yang mana air sungai tersebut digunakan untuk mandi/cuci, irigasi, dan transportasi sebagian besar keluarga

5. PENDIDIKAN
Pendidikan merupakan salah satu upaya untuk mencetak sumber daya manusia yang potensial dan produktif bagi pembangunan, baik melalui pendidikan formal maupun nonformal.
Penyediaan sarana dan prasarana pendidikan merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan yang ada di Kecamatan Sebuku.
Pada tahun 2011 di Kecamatan Sebuku ada 2 Taman Kanakkanak swasta, 10 Sekolah Dasar Negeri, 3 SLTP Negeri , dan 1 SMU Negeri.

6. KESEHATAN DAN KELUARGA BERENCANA
Pembangunan bidang kesehatan bertujuan agar semua lapisan masyarakat dapat memperoleh pelayanan kesehatan secara mudah, merata dan murah. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan masyarakat diantaranya adalah rendahnya konsumsi makanan bergizi, kurangnya sarana kesehatan serta keadaan sanitasi dan lingkungan yang tidak mendukung.
Sarana kesehatan di Kecamatan Sebuku adalah: Puskesmas induk 1 unit, puskesmas pembantu 5 unit, 1 tempat praktek bidan, dan posyandu 8 unit.

7. PERTANIAN
Pertanian yang meliputi pertanian tanaman pangan, pekebunan, kehutanan, perikanan dan peternakan selalu diupayakan untuk menunjang pertumbuhan dan stabilitas ekonomi. Pembangunan di bidang pertanian memegang peranan penting dalam pembangunan ekonomi, terutama untuk meningkatkan taraf hidup petani sebagai kelompok besar masyarakat, disamping itu juga untuk mendukung pertumbuhan industri.

8. SOSIAL BUDAYA DAN OLAH RAGA
Agama yang dipeluk oleh masyarakat Kecamatan Sebuku adalah Islam, Kristen, Katholik, dan Hindu sedangkan agama yang dipeluk oleh  mayoritas masyarakat di kecamatan ini adalah agama Kristen, dengan jumlah sarana ibadah 1 Masjid, 3 surau, 7 gereja Kristen dan 1 gereja katholik. Dengan jumlah majelis ta’lim/kelompok pengajian/kelompok kebaktian sejumlah 8 kelompok, yayasan kelompok/pesatuan sebanyak 2 kelompok, dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) 1 kelompok.

Menurut data tahun 2011, jumlah penyandang cacat di kecamatan Sebuku adalah 2 orang Tuna Netra, 2 orang Tuna Wicara dan Rungu, 3 orang Tuna Grahita dan 5 orang Tuna Daksa.  Untuk jumlah tempat lokalisasi di kecamatan Sebuku sejumlah 5 buah, sedangkan jumlah suku/etnis di kecamatan ini adalah sebanyak 12 Suku, dengan mayoritas suku/etnis di kecamatan ini adalah suku Dayak Agabag.

Data tahun 2011 sarana dan prasarana olah raga di Kecamatan Sebuku terdiri dari 6 lapangan sepak bola, 7 lapangan bola volli, dan 1 lapangan bulu tangkis.

9. ANGKUTAN, KOMUNIKASI DAN INFORMASI
Transportasi menurut fungsinya adalah untuk melayani mobilitas orang, barang dan jasa lokal, regional, nasional, bahkan internasioanl serta berfungsi sebagai pendukung pembangunan sektor lain. Penyelenggaraan sistem transportasi daerah mencakup transportasi darat, laut, dan udara. Sarana dan Prasarana transportasi antar desa di Kecamatan Sebuku terdiri dari sarana dan prasarana daat dan air.

Sampai dengan tahun 2011, permukaan jalan yang sudah di aspal sudah mencapai 75 km. Jarak tempuh dari ibukota kecamatan ke ibukota kecamatan lain yang terdekat adalah 10 km. Jumlah terminal penumpang kendaraan bermotor roda 4 atau lebih adalah 1 unit.

Seiring dengan berkembangnya jaman menuju era globalisasi sekarang ini, informasi dan komunikasi memegang peranan yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat. Berbagai kemudahan berkomunikasi merupakan salah satu dambaan masyarakat. Untuk jumlah kantor pos/pos pembantu/rumah pos adalah 1 unit.

10. EKONOMI
Perdagangan merupakan salah satu sumber penghasilan utama di Kecamatan Sebuku. Pada tahun 2011 tecatat di Kecamatan Sebuku tedapat 5 restoran/rumah makan, 4 kedai makan, 2 penginapan, 5 bengkel kendaraan bermotor, 2 tempat pangkas rambut, 1 tempat salon kecantikan, 1 tempat bengkel las, dan 2 tempat persewaan alat-alat pesta.

11. POLITIK DAN KEAMANAN
Menurut data tahun 2011, partai yang memperoleh suara terbanyak pada pemilu terkhir di Kecamatan Sebuku adalah PBB, PDIP, Golkar, Demokrat, dan PAN.
Di Kecamatan Sebuku  terdapat  10 pos HANSIP/KAMLINdengan jumlah anggota 20 orang, dan  2 unit pos polisi. (BPS 2012)

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.