Kecamatan Seimenggaris


Kecamatan Seimenggaris

Kecamatan Seimenggaris

1. KEADAAN WILAYAH
Kecamatan Seimenggaris adalah pemekaran dari Kecamatan Nunukan berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 26 Tahun 2011. Luas wilayah Kecamatan Seimenggaris berkisar 850,48 km2

2. PEMERINTAHAN
Jumlah desa di Kecamatan Seimenggaris adalah 4 desa yang beribukota di Srinanti. Jumlah badan perwakilan desa/dewan kelurahan adalah 4. Desa-desa yang termasuk di Kecamatan Seimenggaris adalah :

1 Tabur Lestari
2 Srinanti
3 Sekaduyan Taka
4 Samaenre Samaja

3. KEADAAN PENDUDUK
Masalah kependudukan merupakan hal yang sangat penting dalam mencapai tujuan pembangunan.Penduduk memegang peranan yang sangat vital baik sebagai objek maupun subjek dari pembangunan itu sendiri. Pada tahun 2012 jumlah penduduk kecamatan Seimenggaris sebanyak 8.215 jiwa yang terdiri dari 4.580 laki-laki dan 3.635 perempuan.
Sumber penghasilan utama sebagian besar masyarakat Kecamatan Seimenggaris adalah dari  sektor pertanian .

4. KESEHATAN
Pembangunan bidang kesehatan bertujuan agar semua lapisan masyarakat dapat memperoleh pelayanan kesehatan secara mudah, merata dan murah. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan masyarakat diantaranya adalah rendahnya konsumsi makanan bergizi, kurangnya sarana kesehatan serta keadaan sanitasi dan lingkungan yang tidak mendukung. Sarana kesehatan di Kecamatan Seimenggaris adalah: Puskesmas induk 1 unit, puskesmas pembantu 2 unit, 11 posyandu, dan 1 puskesmas keliling.

5. TRANSPORTASI
Transportasi menurut fungsinya adalah untuk melayani mobilitas orang, barang dan jasa lokal, regional, nasional, bahkan internasioanl serta berfungsi sebagai pendukung pembangunan sektor lain. Penyelenggaraan sistem transportasi daerah mencakup transportasi darat, laut, dan udara. Sarana dan Prasarana transportasi antar desa di Kecamatan Seimenggaris terdiri dari sarana dan prasarana darat dan air. Di kecamatan Seimenggaris sendiri terdapat 3 dermaga perintis untuk mendukung transportasi masyarakatnya.

6. EKONOMI
Di kecamatan Seimenggaris terdapat 5 koperasi primer dengan 2 Koperasi Unit Desa (KUD) dan 3  Koperasi Non KUD. Peranan koperasi ini dalam mendorong ekonomi masyarakat di kecamatan Seimenggaris sangatalah besar. (BPS 2012)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s