Kecamatan Tulin Onsoi


Kecamatan Tulid Onsoi

Kecamatan Tulid Onsoi

1. KEADAAN WILAYAH
Kecamatan Tulin Onsoi adalah pemekaran dari Kecamatan Sebuku berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 27 Tahun 2011. Luas wilayah Kecamatan Tulin Onsoi berkisar 1.513,36 km2
.

2. PEMERINTAHAN
Jumlah desa di Kecamatan Tulin Onsoi adalah 12 desa yang beribukota di Sekikilan. Jumlah badan perwakilan desa/dewan kelurahan adalah 12. Desa-desa yang termasuk di Kecamatan Tulin Onsoi adalah :

1 Semunad
2 Sekikilan
3 Kalun Sayan
4 Tembalang
5 Salang
6 Tinampak I
7 Tinampak II
8 Tau Baru
9 Naputi
10 Balatikon
11 Sanur
12 Makmur

3. KEADAAN PENDUDUK
Masalah kependudukan merupakan hal yang sangat penting dalam mencapai tujuan pembangunan.Penduduk memegang peranan yang sangat vital baik sebagai objek maupun subjek dari pembangunan itu sendiri.

Pada tahun 2012 jumlah penduduk kecamatan Tulin Onsoi sebanyak 7.077 jiwa yang terdiri dari 4.075 laki-laki dan 3.002 perempuan.

Sumber penghasilan utama sebagian besar masyarakat Kecamatan Tulin Onsoi adalah dari  sektor pertanian . Jumlah aparat kecamatan di Kecamatan Tulin Onsoi
berdasarkan tingkat pendidikan menurut data tahun 2011 adalah  3 orang pendidikan SMA dan sederajat, 1 orang pendidikan Akademi dan 2 orang pendidikan sajana (S1).

4. PERUMAHAN DAN LINGKUNGAN HIDUP
Di Kecamatan Tulin Onsoi, pasokan listrik diperoleh dari Listrik Non PLN, penyebarannya sebanyak 10 Desa yang menggunakan sarana tersebut. Karena tidak ada pasokan listrik dari PLN, maka tidak ada penerangan di jalan utama kecamatan. Sedangkan bahan bakar yang digunakan oleh sebagian besar keluarga untuk memasak adalah kayu bakar dan minyak tanah.

Tempat buang sampah sebagian besar keluarga di Kecamatan Sebuku adalah di sungai, sedangkan tempat buang air besar sebagian besar keluarga menggunakan jamban sendiri. Menurut data tahun 2011, jumlah sungai yang melintasi kecamatan
ini adalah sebanyak 1 sungai, yang mana air sungai tersebut digunakan untuk mandi/cuci, irigasi, dan transportasi sebagian besar keluarga .

5. PENDIDIKAN
Pendidikan merupakan salah satu upaya untuk mencetak sumber daya manusia yang potensial dan produktif bagi pembangunan, baik melalui pendidikan formal maupun nonformal.

Penyediaan sarana dan prasarana pendidikan merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan yang ada di Kecamatan Tulin Onsoi.
Pada tahun 2011 di Kecamatan Tulin Onsoi ada 1 Taman Kanak-kanak swasta, 8 Sekolah Dasar Negeri, 2 SLTP Negeri , dan 1 SMK Negeri.

6. KESEHATAN DAN KELUARGA BERENCANA
Pembangunan bidang kesehatan bertujuan agar semua lapisan masyarakat dapat memperoleh pelayanan kesehatan secara mudah, merata dan murah. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan masyarakat diantaranya adalah rendahnya konsumsi makanan bergizi, kurangnya sarana kesehatan serta keadaan sanitasi dan lingkungan yang tidak mendukung.

Sarana kesehatan di Kecamatan Tulin Onsoi adalah: Puskesmas induk 1 unit, puskesmas pembantu 4 unit, 1 tempat praktek dokter, 1 tempat praktek bidan, posyandu 8 unit, dan 3 toko khusus obat.

7. PERTANIAN
Pertanian yang meliputi pertanian tanaman pangan, pekebunan, kehutanan, perikanan dan peternakan selalu diupayakan untuk menunjang pertumbuhan dan stabilitas ekonomi. Pembangunan di bidang pertanian memegang peranan penting dalam pembangunan ekonomi, terutama untuk meningkatkan taraf hidup petani sebagai kelompok besar masyarakat, disamping itu juga untuk mendukung pertumbuhan industri.

8. SOSIAL BUDAYA DAN OLAH RAGA
Agama yang dipeluk oleh masyarakat Kecamatan Tulin Onsoi adalah Islam, Kristen, Katholik, dan Hindu sedangkan agama yang dipeluk oleh  mayoritas masyarakat di kecamatan ini adalah agama Islam, dengan jumlah sarana ibadah 4 Masjid, 11 Mushollah, 11 gereja Kristen dan 6 gereja katholik. Menurut data tahun 2011, jumlah penyandang cacat di kecamatan Sebuku adalah 2 orang Tuna Netra, 2 orang Tuna Wicara dan Rungu, 3 orang Tuna Grahita dan 5 orang Tuna Daksa.

Sedangkan jumlah suku/etnis di kecamatan ini adalah sebanyak 8 Suku, dengan mayoritas suku/etnis di kecamatan ini adalah suku Dayak Agabag.  Data tahun 2011 sarana dan prasarana olah raga di Kecamatan Tulin Onsoi terdiri dari 12 lapangan sepak bola, 12 lapangan bola volli, dan 2 lapangan bulu tangkis.

9. ANGKUTAN, KOMUNIKASI DAN INFORMASI
Transportasi menurut fungsinya adalah untuk melayani mobilitas orang, barang dan jasa lokal, regional, nasional, bahkan internasioanl serta berfungsi sebagai pendukung pembangunan sektor lain. Penyelenggaraan sistem transportasi daerah mencakup transportasi darat, laut, dan udara. Sarana dan Prasarana transportasi antar desa di Kecamatan Sebuku terdiri dari sarana dan prasarana daat dan air.  Sampai dengan tahun 2011, permukaan jalan yang sudah diperkeras sudah mencapai 12 km. Ibukota kecamatan ke ibukota kecamatan lain yang terdekat adalah Kecamatan Sebuku.   Seiring dengan berkembangnya jaman menuju era globalisasi sekarang ini, informasi dan komunikasi memegang peranan yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat. Berbagai kemudahan berkomunikasi merupakan salah satu dambaan masyarakat. Untuk jumlah kantor pos/pos pembantu/rumah pos adalah 1 unit.

10. EKONOMI
Selain disektor pertanian, perdagangan merupakan salah satu sumber penghasilan utama di Kecamatan Tulin Onsoi. Pada tahun 2011 tecatat di Kecamatan Tulin Onsoi tedapat 3 restoran/rumah makan, 4 kedai makan, 1 penginapan, 8 bengkel kendaraan bermotor, 2 bengkel reparasi alat-alat elektronik, 5 usaha fotocopy, agen/biro perjalanan 1 unit, 1 tempat pangkas rambut, 1 tempat salon kecantikan, 3 tempat bengkel las, dan 1 tempat persewaan alat-alat pesta.

11. POLITIK DAN KEAMANAN
Sebelum dimekarkan dari Kecamatan Sebuku, partai yang memperoleh suara terbanyak pada pemilu terkhir di Kecamatan Sebuku adalah PBB, PDIP, Golkar, Demokrat, dan PAN. Di Kecamatan Tulin Onsoi terdapat 8 pos HANSIP/KAMLING dengan jumlah anggota 60 orang, dan  1 unit pos polisi.  (BPS 2012)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s