Gedung SMP 1 dan SMA 1 Sembakung Akan Diperbaiki


Dinas Pendidikan Nunukan akan memperbaiki gedung SMP 1 Sembakung dan SMA 1 Sembakung yang kondisinya rusak. Kepala Dinas Pendidikan Nunukan Jainuddin Palantara mengatakan, direncanakan SMP 1 Sembakung dan SMA 1 Sembakung dibangun secara standar. Dengan begitu, anak didik bisa merasa enak mengikuti kegiatan belajar.

“Kalau merasa enak, belajar pun enak. Jadi semua keberhasilan yang dicapai bisa kita lalui dengan baik. Itu yang saya maksud standar. Standar segala-galanya. Baik itu pelajarannya, ruangannya, semua. Jadi dia harus mengikuti perkembangan yang ada sekarang,” ujarnya.

Sebelumnya saat meninjau pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP/MTs di Kecamatan Sembakung, Wakil Bupati Nunukan Hajjah Asmah Gani merasa prihatin saat melihat kondisi sebagian bangunan SMP 1 Sembakung yang telah rusak parah. Ia merasa kasihan dengan warga setempat yang masih menggunakan bangunan rusak untuk kegiatan belajar mengajar. Bagian depan gedung SMP 1 Sembakung dibangun sejak 1993 lalu, saat Kecamatan Sembakung masih bagian wilayah administrasi Kabupaten Bulungan. Gedung sekolah terbuat dari bahan kayu. Selain kondisi gedung yang rapuh dan berlubang di sana sini, kaca jendela juga pecah.

Plafon yang terbuat dari plywood tampak bergelantungan karena sebagian telah terlepas. Belum lagi kursi maupun meja kayu yang rusak terendam banjir akibat luapan Sungai Sembakung yang terjadi hampir setiap tahun.

Jainuddin sepakat dengan keinginan Wakil Bupati agar pembangunan sarana dan prasarana pendidikan dilakukan secara tuntas.

“Apa yang dibilang ibu itu benar. Sama program saya. Itu harusnya dari awal tuntas semua, fasilitas harus lengkap. Kalau sepotong-sepotong kacau juga kita lihat. Kalau mau berhasil, fasilitas sekolah dari A sampai Z satu paket,” ujarnya.

Ia prihatin dengan kondisi sejumlah sekolah yang sudah tidak layak pakai seperti ditemukan di SMP 1 Sembakung dan SMA 1 Sembakung.

“Jadi hampir seluruh ruang itu tidak layak pakai. Kalau saya itu perlu dituntaskan. Apalagi Sembakung itu kecamatan yang paling tua. Jadi kita harus benahi betul-betul semua. Sarana pendidikan di sana harus standar,” ujarnya. (kaltim.tribunnews.com – 9 Mei 2014)

Bangunan gedung SMP 1 Sembakung yang telah rusak.

Bangunan gedung SMP 1 Sembakung yang telah rusak.

Tinjau UN di Sembakung, Wakil Bupati Temukan Sekolah Rusak

Wakil Bupati Nunukan Hajjah Asmah Gani, Selasa (6/5/2014), meninjau pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah di SMP 1 Sembakung.

Ia memastikan pelaksanaan UN hari kedua di SMP 1 Sembakung berjalan dengan baik. Hanya saja ia merasa prihatin karena kondisi sebagian gedung sudah tidak layak untuk kegiatan belajar mengajar. “Kalau pelaksanaannya yah dikatakan sudah memenuhi persyaratan. Kalau bahan ujian tidak ada masalah. Tinggal sekolahnya lagi perlu perbaikan,” ujarnya.

Asmah Gani merasa kasihan dengan warga setempat yang masih menggunakan bangunan rusak untuk kegiatan belajar mengajar. Bagian depan gedung SMP 1 Sembakung dibangun sejak 1993 lalu, saat Kecamatan Sembakung masih bagian wilayah administrasi Kabupaten Bulungan. Gedung sekolah terbuat dari bahan kayu. Selain kondisi gedung yang rapuh dan berlubang di sana sini, kaca jendela juga pecah.

Plafon yang terbuat dari plywood tampak bergelantungan karena sebagian telah terlepas. Belum lagi kursi maupun meja kayu yang rusak terendam banjir akibat luapan Sungai Sembakung yang terjadi hampir setiap tahun. “Yang tempat ujian tadi dibangun 2012. Depan itu harus dibangun baru,” ujarnya.

Ia sudah memerintahkan Kepala Dinas Pendidikan Nunukan Jainuddin Palantara untuk memperbaiki gedung yang rusak. “Kita membangun itu jangan salah-salah. Kalau membangun mulai dari A sampai Z,” ujarnya.

Ia mencontohkan, gedung SMP 1 Sembakung hanya sebagian saja yang diperbaiki. Sementara sebagian bangunan dibiarkan tetap rusak. Adapula sekolah yang dibangun tanpa dilengkapi dengan meubeler. Asmah mengaku mendapatkan informasi dari salah satu kepala desa, soal gedung sekolah yang sudah selesai dibangun namun tidak dilengkapi meubeler.

“Sekarang inikan banyak bangunan-bangunan yang tidak selesai. Dibangun setengah-setengah. Untuk kedepan itu kita tidak memerlukan yang banyak, sedikit tapi selesai. Satu paket,” ujarnya.

Ia berharap, persoalan seperti ini tidak terjadi lagi kedepan. “Saya sampaikan kepada kepala dinas, kita programkan mulai dari A sampai Z, anak-anak tinggal masuk,” ujarnya. (kaltim.tribunnews.com – 6 Mei 2014)

Iklan

Satu pemikiran pada “Gedung SMP 1 dan SMA 1 Sembakung Akan Diperbaiki

  1. INFO PT KEDINASAN AMG/STMKG.
    Bagi siswa/i Kelas XII SMA/MA (IPA) atau SMK ( TIE, TM, TJA, TTT, RPL, TKJ ) tahun 2014/2015 atau Lulusan SMA/MA/SMK yang berusia 17 – 23 tahun yang berminat mau mendaftar di Perguruan Tinggi Kedinasan AMG/STMKG (pendaftaran sekitar bulan Maret 2015). Untuk mempersiapkan diri dari sekarang, atau ingin mengenal lebih jauh tentang AMG/STMKG, maka Silahkan kunjungi/Klik di bawah ini :
    1. Facebook. (http://www.facebook.com/pages/Buku-AMG-Akademi-Meteorologi-dan-Geofisika-/318486858165274)
    2. Website. http://amg-kampusku.blogspot.com/
    3. Twitter : https://twitter.com/buku_amg

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s