Kesejahteraan Guru jadi Prioritas Dinas Pendidikan Nunukan


Guru NunukanKepala Dinas Pendidikan Nunukan Jainuddin Palantara berjanji akan memprioritaskan kesejahteraan guru selama kepemimpinannya. Namun ditegaskannya, untuk saat ini Dinas Pendidikan Nunukan terlebih dahulu fokus menuntaskan program-program pengembangan pendidikan yang telah disusun kepala dinas sebelumnya, Nizaruddin.

“Kita tuntaskan dulu, kita jalankan yang sudah digariskan, sudah ditetapkan, sudah disetujui DPRD. Kita jalankan saja sampai selesai,” ujarnya.

Ia mengatakan, ada empat program prioritas yang akan dijalankan Dinas Pendidikan Nunukan. Pertama, meningkatkan kesejahteraan guru. Kedua, meningkatkan kualitas guru. Ketiga, meningkatkan mutu pendidikan secara luas. Keempat, pembangunan sarana dan prasarana pendidikan berdasarkan skala prioritas.

“Guru itu perlu kita penuhi segala-galanya baik fasilitas untuk dia mengajar, fasilitas tempat tinggalnya, pendapatannya. Itu yang saya rasa harus kita perhatikan. Terutama pendapatannya,” ujarnya.

Dengan meningkatkan kesejahteraan guru, ia yakin guru tidak akan berfikiran lain sehingga hanya fokus mengajar untuk keberhasilan anak didiknya. Setelah guru ditingkatkan kesejahteraannya, dengan sendirinya mutu atau kualitas guru dimaksud juga akan naik.

“Terutama guru itu sendiri, bagaimana bisa memacu dirinya, bisa enak mengajar. Standar-standar nasional dia fahami sehingga dia bisa enak menyampaikan kepada anak didik. Jadi SDM itu penting, penting meningkatkan mutu para pendidik,” ujarnya.

Dijelaskannya pula, mutu pendidikan secara luas perlu ditingkatkan. Sekolah harus bisa memenuhi target keberhasilan anak didiknya sesuai dengan standar yang diinginkan.

“Kelulusan bisa 100 persen, ilmu yang terserap bisa dibanggakan. Dia bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar nasional,” ujarnya.

Hal itu juga sudah termasuk sekolah yang bersih, halaman sekolah yang hijau dan unit kesehatan sekolah (UKS) yang lengkap serta WC yang bersih.

“Itu sebenarnya ada penilaian loh. Jadi  maksud saya meningkatkan mutu pendidikan itu secara luas. Dari hasil  pendidikannya, sekolahnya, secara umum ruangannya enak dipandang, dilihat, UKS lengkap sama standar WC bersih, orang melihat tidak geli,” ujarnya.

Setelah tiga program prioritas itu terpenuhi, selanjutnya yang harus dilakukan meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan. Ia mengatakan, sarana dan prasarana pendidikan di Kabupaten Nunukan sebenarnya sudah cukup memadai. Hanya saja perlu ditingkatkan lagi.

“Tinggal mencari yang mana? Seperti kita temukan di Sembakung, itu yang kita prioritaskan. Jangan semua. Kita melihat yang mana harus kita lakukan duluan?” ujarnya. (kaltim.tribunnews.com – 09052014)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s