Sistem Pengawasan SPPD di Nunukan Dapat Penghargaan Menteri


Ditengah sorotan masyarakat mengenai perjalanan dinas fiktif maupun tingginya frekuensi perjalanan dinas para pejabat, Pemerintah Kabupaten Nunukan justru memperoleh penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi terkait dengan sistem administrasi perjalanan dinas.

Sekretaris Kabupaten Nunukan Tommy Harun mengatakan, sistem ini dilaksanakan dengan tujuan mengawasi kemungkinan masih terjadinya perjalanan dinas fiktif khususnya di Sekretariat Daerah.

“Sebenarnya kan kita sudah punya sistemnya. Sistem perjalanan dinas terutama di sekretariat. Itu sudah melalui sistem dan kemarin malah mendapatkan penghargaan dari Kementerian PAN RB. Kita  masuk Top 33 Inovasi Pelayanan Publik dengan sistem itu,” ujarnya.

Dengan diperolehnya penghargaan sistem dimaksud, pihaknya berencana menerapkan sistem serupa di semua satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Kabupaten Nunukan.

“Sehingga tidak ada  lagi perjalanan-perjalanan yang mungkin overlapp, karena sistem itu tidak mau menerima,” ujarnya.

Dijelaskannya, sistem yang diterapkan ini akan menolak nama pejabat ketika akan membuat Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) ganda.

“Seperti bapaklah kemarin berangkat. Kalau sudah masuk ke dalam situ, kalau dimasukkan lagi tidak mau. Sistemnya ada di situ. Tidak bisa dibohongi artinya dikerjain. Jadi ini tidak bisa karena sistem,” ujarnya.

Ia mengatakan, penerapan sistem ini merupakan komitmen dari Pemerintah Kabupaten Nunukan untuk mencegah perjalanan dinas fiktif.

“Jadi kita sudah mulai uji coba di sekretariat. Nanti semua dinas atau instansi memakai itu,” katanya. (kaltim.tribunnews.com 11052014)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s