Diburu Kasus Korupsi di Nunukan, Amal Caleg di Karimun Riau


Penyidikan

Selama dalam perburuan Polisi, Direktur PT Cappana 27 Amal Mashur ternyata menjadi calon anggota legislatif di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau.

Dari penelusuran tribunkaltim.co.id (TRIBUNNEWS Network), Amal pada Pemilihan Umum Legislatif 2014, menjadi calon anggota legislatif DPRD Kabupaten Karimun, nomor urut 1 dari Partai Nasional Demokrat di Daerah Pemilihan I (Kecamatan Karimun dan Kecamatan Buru).

Pada pemilihan itu, Amal gagal terpilih. Di Daerah Pemilihan I Karimun, tidak ada satupun kursi yang diperoleh Partai Nasional Demokrat.

Amal diburu Polisi terkait dengan kasus dugaan korupsi kegiatan Pengadaan Buku Pengayaaan, Referensi dan Panduan Pendidik untuk SD/SDLB tahun 2012 di Kabupaten Nunukan.

Perusahaan milik Amal merupakan pemenang tender yang mengerjakan proyek senilai Rp 3.171.924.000, dari Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN tahun anggaran 2013, sesuai kontrak Nomor 452/409/PPK/SPPP-Pengadaan Buku Pengayaan, Referensi dan Panduan Pendidikan untuk SD/SDLB Disdik V/11/2012, tanggal 5 November 2012.

Selaku kontraktor pemenang kegiatan dimaksud, Amal berkewajiban menyalurkan sekitar 114.000 eksemplar buku dengan 900 judul kepada 63 Sekolah Dasar di Kabupaten Nunukan.

Pada kenyataannya, berdasarkan keterangan dan data dari sekolah penerima maupun konsorsium percetakan buku di Makassar yang pernah diperiksa Polisi, pekerjaan yang dilaksanakan hanya sekitar 60 persen. Padahal, anggaran senilai Rp 3.171.924.000 dari Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN tahun anggaran 2012 telah terserap seluruhnya.

Dalam kasus korupsi kegiatan itu, Polisi telah menetapkan mantan Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pendidikan Nunukan Ir Rudi Anggiatno MT, sebagai tersangka. Rudi menjadi tersangka terkait kapasitasnya sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) saat itu. (kaltim.tribunnews.com 16052014

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s