Partisipasi Pemilih Pilpres di Kaltara Menurun


irianto Partisipasi Pemilih Pilpres di Kaltara MenurunPenjabat Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie mengungkapkan, tingkat partisipasi pemilih pada Pemilihan Umum Presiden-Wakil Presiden di Kalimantan Utara menurun dibandingkan pada Pemilihan Umum Legislatif, April lalu. Penilaiannya itu disampaikan berdasarkan pemantauan di sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di kabupaten dan kota di Kalimantan Utara.

“Dari pantauan di Tarakan, Malinau dan Nunukan terakhir nampaknya bisa diprediksi partisipasi masyarakat merosot dibandingkan Pemilu Legislatif yang lalu,” ujarnya, Rabu (9/7/2014) di Nunukan. Hingga pukul 11.00 saja, pemilih yang memberikan hak suaranya di TPS baru mencapai antara 25 -50 persen.

“Tadi pagi yang mencoblos di Tarakan itu masih sangat sedikit karena pagi. Mudah-mudahan semakin siang semakin meningkat,” kata Irianto.

Ia memprediksi, tingkat partisipasi pemilih hanya mencapai sekitar 60 persen dari pemilih terdaftar. Disebutkan, tingkat partisipasi terendah di Kabupaten Tana Tidung dilanjutkan dengan Kabupaten Malinau dan Kabupaten Bulungan.

“Tetapi Nunukan dengan Tarakan saya kira cukup bagus. Tetapi Malinau juga bisa mencapai 60 persen. Karena di sana juga banyak pendatang yang menggunakan KTP untuk menggunakan hak pilihnya,” ungkapnya.

Sementara itu, saat melakukan monitoring di Kabupaten Nunukan, Penjabat Gubernur Kalimantan Utara didampingi Sekretaris Propinsi Kalimantan Utara Badrun, Asisten I Sekprov Kalimantan Utara Zainuddin dan Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Penanggulangan Bencana Kalimantan Utara Sanusi.

Rombongan mengunjungi sejumlah TPS dengan didampingi Bupati Nunukan Basri, Wakil Bupati Nunukan Hajjah Asmah Gani, para pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kabupaten nunukan dan para kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Nunukan.

Di Kabupaten Nunukan, rombongan meninjau TPS 2 RT 02 Kelurahan Nunukan Barat, TPS 13 RT 10 Kelurahan Nunukan Utara, TPS 12 RT 09 Kelurahan Nunukan Tengah dan TPS 14 RT 10 Kelurahan Nunukan Utara.

“Kami mulai dari Tarakan, ke Malinau ke Nunukan ke Tanjung Selor balik Tarakan. Nanti malam ada buka bersama dengan Pemkot Tarakan, dengan Walikota, setelah itu sholat tarawih dilanjutkan teleconference dengan Gubernur Kaltim dengan jajaran FKPD Kalimantan Timur, kita bersama  seluruh kepala daerah kabupaten kota di Tarakan,” tandasnya. (kaltim.tribunnews.com 09072014)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s