Makam Datuk Isya/Keramat Depiton


 

20141221-Makam Datuk Isya - Keramat DepitonMakam ini berada di Desa Atap, Kecamatan Sembakung

Adapun batas-batasnya:

Sebelah Utara                    : hutan

Sebelah Barat                    : hutan

Sebelah Timur                   : hutan

Sebelah Selatan                 : hutan

 

Menurut keterangan masyarakat, tokoh yang dimakamkan di lokasi pemakaman adalah penyiar agama Islam yang berasal dari Arab/Persia yang bernama Syeh Isya Al-Amri. Tetapi pada nisan tertulis nama Datuk Ibrahim. Di dalam proses penyebaran islam yang dilakukannya, penduduk lokal (suku Dayak) merasa tidak senang sehingga mereka membunuh Datuk Isya. Mereka memenggal kepalanya, badannya dibiarkan sedangkan bagian kepala dibawa dan dipertontonkan di depan warga mereka (Dayak). Ada seorang murid dari Datuk Isya bernama Muhammad Yusuf yang memberanikan diri untuk mengambil kepala tersebut di tengah pesta. Murid tersebut berhasil membawa bagian kepala dan meletakkannya bersama bagian badan. Tidak lama kemudian, kedua bagian badan tersebut menyatu kembali. Setelah bagian badan utuh kembali, murid tersebut menguburkan Datuk Isya secara Islam. Kesetiaan Muhammad Yusuf terhadap gurunya ini diapresiasi oleh masyarakat sehingga pada saat meninggal, dikuburkan disamping makam Datuk Isya.

Kondisi makam saat ini terawat karena mayarakat menganggap makam ini bertuah, disamping juga sebagai penyiar agama Islam pertama di daerah mereka. Terdapat pagar setinggi satu meter yang mengelilingi makam. Badan makam diberi marmer berwarna hijau dan merah muda (pink) tanpa motif. Ukuran badan makam yakni:

Panjang      : 106 cm

Lebar          : 119 cm

Tinggi         : 22 cm

Bagian nisan mengalami pergantian sebanyak satu kali. Nisan pertama terbuat dari kayu kalempapo. Nisan ini sebagian sudah hancur namun masih diletakkan di makam. Adapun ukurannya yakni 9 x 8 cm dengan tinggi 124 cm. Nisan kedua diletakkan di belakang nisan pertama yang terbuat dari campuran semen. Bagian depan nisan diberi ukiran kaligrafi. Adapun ukurannya yakni 10 x 9 cm dengan tinggi 153 cm. Nisan ini dibuat bersamaan dengan pagar pada tahun 2005.

Sumber: disbudparpor.url.ph

Iklan

Satu pemikiran pada “Makam Datuk Isya/Keramat Depiton

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s