Pesta Rakyat Nunukan


20141221-Ribuan pengunjung memadati lokasi Festival Kuliner Gratis yang merupakan salah satu acara pada Pesta Rakyat 2014 yang diselenggarakan Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Nunukan bertempat di Alun-alun

Ribuan pengunjung memadati lokasi “Festival Kuliner Gratis” yang merupakan salah satu acara pada Pesta Rakyat 2014 yang diselenggarakan Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Nunukan bertempat di Alun-alun Kabupaten Nunukan,

Hari ini masyarakat Nunukan tumpah ruah di Jalan-Jalan Protokol yang ada di Kota Nunukan, baik dari kalangan pejabat hingga masyarakat biasa, mereka semua berbaur menjadi satu di tepat dimana dipusatkannya pelaksanaan Pesta Rakyat 2014, tampak Puluhan Ribu Masyarakat Nunukan larut dalam suka ria dalam acara peserta rakyat yang digelar Sabtu,20/12/2014 pagi tadi.

Panitia Sendiri telah menyiapkan 3 Pangung untuk menghibur masyarakat Nunukan, diantaranya 1 pangung Utama yang terletak di Alun-Alun Kota Nunukan Jl. A. Yani Keluarahan Nunukan Tengah, 2 pangung lainnya yang terletak di Jalan Pertigaan Lampu Merah Byangkara dan Depan Gedung Amelia Jl. Tanjung Kelurahan Nunukan Barat.

Acara yang dimulai pukul 07.00 Wita dengan diawali dengan Pelepasan peserta Lomba Maraton Nunukan  10 K oleh Wakil Bupati Nunukan Hj.Asmah Gani dengan mengambil Start Rumah Jabatan Wakil Bupati Nunukan Jalan Ujang Dewa Sedadap dan Lomba lari 5 K yang dilepas Sekda Kabupaten Nunukan Drs.Tommy Harun,M.Si yang mengambil Star Di Gepan GOR Dwi Kora Nunukan Jalan Sungai Sembilang Nunukan Selatan dan Finish Di Alun-Alun Kota Nunukan tepat di Depan Kantor Perpustakaan Dan Arsip Daerah Kabupaten Nunukan.

Tanpak salah satu Artis Ibu Kota Jakarta Jeremy Tety turut ambil bagian sebagai Host untuk memandu jalannya Pesta Rakyat 2014 di Nunukan, pagi tadi ia bersama-sama Ibu Wakil Bupati Nunukan ketika menyambut Peserta Lomba Lari 5 K dan 10 K di tempat Finish.

Setelah perlaksanaan Lomba Lari 5K-10K, dilanjutan dengan acara seremoni Pembukaan Peserta Rakyat 2014 oleh Bupati Nunukan Drs.H.Basri,M.Si yang dipusatkan di Panggung Utama Alun-Alun Kota Nunukan Jalan A. Yani Kelurahan Nunukan Tengah. Turut hadir Sayid Abdullah,SH Pegawai Kementerian Agama Kabupaten Nunukan Sekaligus bertugas memimpin Pembacaan Doa pada acara Pembukaan Pergelaran Pesta Rakyat pagi tadi.

Setelah resmi dibuka, dilanjutkan dengan Bakar Ikan bersama di seluruh Jalan-jalan Protokoler yang ada di Nunukan tempat pelaksaan kegiatan, dimana panitia telah menyiapkan 2 Ton ikan untuk dibakar bersama-sama dan diberikan kepada masyarakat “untuk sama-sama makan secara Gratis”. Selain menyediakan ikan, Panitia juga menyediakan umbi-umbian yang merupakan hasil tanaman yang ditanam oleh para petani Lokal yang ada di Nunukan.

Panitia Pelaksana mengatakan “Pesta rakyat yang diselenggarakan di Kabupaten Nunukan merupakan upaya untuk menghidupkan semangat keguyuban, kebersamaan antara individu masyarakat dan mengangkat ekonomi masyarakat.

Pesta rakyat dilengkapi dengan berbagai penampilan seni budaya, seni memiliki makna keindahan, keunikan, sebagai eksitensi masyarakat Kabupaten Nunukan. Budaya adalah simbol keluhuran budi pekerti masyarakat.

Pesta Rakyat Kabupaten Nunukan dilaksanakan melalui berbagai acara seperti pergelaran dan pawai berjalan yang akan menampilkan keragaman seni, budaya khas Kabupaten Nunukan yang indah, lucu, dan unik. Kuliner Gratis, merupakan acara kebersamaan kedekatan antara pemimpin dan rakyat, yang memberi kesan indah dihati seluruh anggota masyarakat tanpa pilih kasih.

Selain itu, juga diadakan acara Open Turnamen yang telah dulu dibuka dan dilaksanakan pada tanggal 10/12 yang lalu di Gedung Olah Raga Dwi Kora Nunukan, hal ini merupakan kompetisi positif untuk mengahasilkan pribadi-pribadi juara di lingkungan masyarakat, menambah kekayaan kopetensi Kabupaten. Pergelaran Peserta Rakyat 2014 sendiri akan berlansung selama satu hari full (20/12) hingga Pukul 24.00 Wita malam nanti,  dengan mengelar berbagai acara dan puncak pesta rakyat sendiri akan dihibur Artis-Artis Ibu Kota Jakarta, serta Pembagian 1000 paket sembako kepada warga yang kurang mampu.

Panitia Peserta Rakyat 2014 mengambil Tema “keselarasan dalam keragaman, kebhinekaan sebagai khasanah/cermin kokohnya Nasionalisme di wilayah perbatasan Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara”

20141221-pesta rakayat01 20141221-pesta rakyat02 20141221-pesta rakyat03 20141221-pesta rakyat04Sumber: kaltim.kemenag.go.id – 20122014

Takut Kolesterol, Jeremy Teti Nikmati Udang Bakar di Pesta Rakyat Nunukan

20141221-Jeremy Teti Nikmati Udang Bakar di Pesta Rakyat NunukanPembawa acara Jeremy Teti mengaku senang bisa hadir dan menikmati ikan bakar gratis di kegiatan pesta rakyat yang digelar Pemerintah Daerah Nunukan, Sabtu (20/12/2014).

“Aku suka ikan ekor merah. Kalau di sini ikannya kan dari laut dalam dan belum tercemar sehingga rasanya pasti lebih nikmat karena disajikan segar. Saya sudah habis dua sepagi ini,” ujar Jeremy.

Pada acara itu, Jeremy tampak lahap menikmati udang galah yang disediakan panitia. “Takut kolesterol sebenarnya. Tapi demi warga Nunukan saya siap makan banyak hari ini. Nanti minum obat kolesterol habis acara” ujar Jeremy.

Jeremy mengaku, ini kali kedua dia mengunjungi Nunukan, kabupaten paling utara di Kalimantan Utara tersebut. Kali pertama dia ke Nunukan adalah pada tahun 2002.

Dia menilai dibandingan 12 tahun lalu, Nunukan sudah mengalami banyak perkembangan.
“Sudah banyak perubahannya. Saya ke sini waktu ada pemulangan TKI besar-besaran kemarin, tahun 2002. Dulu masih banyak rumah panggung sekarang luar biasa, sudah maju sekali,” kata dia.

Seperti diketahui, Pemkab Nunukan menggelar pesta rakyat selama dua hari. Acaranya adalah bakar ikan yang dinikmati dengan umbi-umbian rebus. Dalam acara tersebut, pemerintah daerah membeli 3 ton ikan segar dari nelayan. (regional.kompas.com 20122014)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s