Mensos Tekankan Data Penerima Psks Harus Valid


Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa

Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menekankan data penerima dana Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) harus valid agar penyalurannya benar-benar tepat sasaran.

Ketika berkunjung di Kabupaten Nunukan, Jumat (1/5), dia menjelaskan, kunci penyaluran dana PSKS adalah validitas data dimana pada saat pendataan benar-benar pemerintah kabupaten/kota melalui kepala desa dan ketua rukun tetangga (RT) menyisir wilayahnya.

Untuk mengantisipasi penyaluran dana PSKS tidak tepat sasaran seperti yang terjadi saat ini, maka pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial secara bertahap melakukan perbaikan.

“Kementerian Sosial sekarang ini secara bertahap akan melakukan validasi data penerima PSKS secara bertahap sebelum kartu dicetak untuk penyaluran dana berikutnya,” ungkap Khofifah Indar Parawansa kepada sejumlah media di daerah itu.

Hal ini diungkapkan, berkaitan dengan penyaluran dana PSKS di Kabupaten Nunukan yang sebagian besar diterima rumah tangga sasaran (RTS) tidak layak menerima karena dianggap bukan warga miskin.

Data yang diperoleh dari Kantor Pos Kabupaten Nunukan, jumlah RTS penerima PSKS untuk Januari-Maret 2015 sebanyak 9.748 orang ternyata sekitar 80 persen warga mampu dari aspek ekonomi sehingga dianggap tidak tepat sasaran.

Sedangkan untuk lima kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Utara jumlah penerima PSKS sebanyak 24.592 RTS masing-masing Kabupaten Bulungan 3.873 RTS, Kota Tarakan 6.546 RTS, Kabupaten Malinau 3.524 RTS dan Kabupaten Tana Tidung sebanyak 901 RTS.

Sumber: http://sp.beritasatu.com – 1 Mei 2015

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s