Dinkes Kaltara Dukung RSUD Nunukan Berubah Status Menjadi Tipe B


RSUD Nunukan yang berada di Jalan Sungai Fatimah Desa Binusan Kecamatan Nunukan. (sabri)

RSUD Nunukan yang berada di Jalan Sungai Fatimah Desa Binusan Kecamatan Nunukan. (sabri)

Berubahnya status Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Nunukan di Jalan Sungai Fatimah Desa Binusan Kecamatan Nunukan dari Tipe C saat ini menjadi Tipe B mendapat dukungan dari Dinas Kesehatan Propinsi Kalimantan Utara. Hal itu diutarakan langsung Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Kalimantan Utara Suryanata ketika ditemui hari ini Kamis (14/5) disela – sela pertemuan dengan Ketua Jabatan Kesehatan Negeri Sabah di RSUD Nunukan.

Suryanata menjelaskan, ketika kunjungan Menteri Kesehatan ke Nunukan beberapa waktu lalu, beliau mendukung agar kiranya RSUD Nunukan berubah tipe dari tipe C ke B. Dengan demikian, tidak ada alasan lagi dari Dinas Kesehatan Kaltara untuk menghalangi atau menghambat proses percepatan perubahan status RSUD Nunukan dari Tipe C ke Tipe B. Dukungan dimaksud tidak hanya didasari atas pernyataan dari Menteri Kesehatan, akan tetapi Menteri Dalam Negeri juga mendukung langkah dimaksud sesuai dengan edaran Mendagri tentang permintaan data kepada masing-masing Gubernur maupun Wali Kota/Bupati untuk mengajukan usulan penambahan fasilitas kesehatan terutama bagi Kabupaten/Kota yang belum memiliki rumah sakit rujukan atau memiliki rumah sakit yang mau ditingkatkan.

“Kalau belum ada fasilitas kesehatan, silahkan usulannya berapa. Kemudian yang sudah dapat fasilitas tetapi kurang tenaga silahkan untuk diusulkan,” ucapnya.

Kemudian diminta juga untuk mengusulkan penambahan Puskesmas agar kiranya disetiap Kecamatan minimal harus memiliki 1 Puskesmas sehingga bagi yang belum memiliki untuk segera mengusulkan. Untuk Puskesmas yang sudah memiliki fasilitas tetapi masih kurang termasuk kekurangan tenaga juga diminta untuk diusulkan kepada Kementrian Dalam Negeri. Untuk edaran dari Mendagri, Dinkes Kaltara telah menyampaikan kepada masing-masing Kabupaten/Kota maupun Dinas Kesehatan dan RSUD Nunukan untuk mengajukan usulan termasuk untuk proses percepatan perubahan status.

“Jadi ada 2 Kementrian mendukung kita. Nah kita Dinas Kesehatan apalagi sangat mendukung tidak enak kan dan tidak mungkin tidak mendukung malah senang dan kita mendukung,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, meskipun sudah mendapat dukungan dari 2 Kementrian, tentu ada tahapan dan proses yang harus dilaksanakan oleh RSUD Nunukan. Untuk itu, ia meminta agar RSUD Nunukan bersama Dinas Kesehatan Nunukan agar melengkapi persyaratan dokumen dan hal lainnya yang berkaitan dengan perubahan status. Tidak hanya itu, Dinkes Kaltara siap memfasilitasi dengan menurunkan Tim Penilaian Sementara.

“Nanti kita akan turunkan Tim Penilaian Sementara dalam rangka proses perubahan status. Nanti apa yang kurang akan kita bantu dan kita fasilitasi dan diteruskan terutama harus akreditasi dulu minimal 16 pelayanan. Kalau RSUD Nunukan sudah terakreditasi insyallah Tipe B akan mudah diproses,” ucapnya. – See more at: http://tribunnunukan.com/read/2015/05/14/1113/dinkes-kaltara-dukung-rsud-nunukan-berubah-status-menjadi-tipe-b#sthash.g5muo9H2.dpuf

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s