Bupati Resmikan Pengoperasian Pelayaran Ferry Nunukan-Sebatik


Bupati Nunukan beserta istri resmikan pengoperasian pelayaran perdana ferry Nunukan - Sebatik. (bekti handayani)

Bupati Nunukan beserta istri resmikan pengoperasian pelayaran perdana ferry Nunukan – Sebatik. (bekti handayani)

Acara pengoperasian pelayaran Ferry perdana lintasan penyeberangan Nunukan (Sei Jepun) – Sebatik (Liang Bunyu), Jumat (10/7/2015).

Sebelumnya penyeberangan Ferry sudah dilaksanakan uji coba pada tanggal 15 April 2015 lalu, dengan menggunakan Ferry KMP Manta dari dermaga Sei. Jepun ke dermaga Ferry Liang Bunyu Kecamatan Sebatik Barat.

Bupati Nunukan, Haji Basri menyampaikan bahwa proses pembangunan pelabuhan penyeberangan Sei. Jepun dibangun pada tahun 2007 dan rampung pada tahun 2009 dengan menggunakan APBN, APBD 1 dan APBD 2 yang baru diprogramkan pada tahun 2013. “Untuk itulah saya minta kepada kepala dinas Perhubunhan Kabupaten Nunukan untuk segera melaksanakan pengoperasian pelayaran Ferry secara perdana pada tahun 2015 ini”, ujarnya.

Ia juga menyampaikan mengapa sangat perlu sebuah dermaga tempat penyeberangan Sei. Jepun – Liang Bunyu ini dioperasikan, pada dasarnya ada beberapa daerah di kawasan Pulau Sebatik dapat terjangkau oleh adanya transportasi angkutan di perairan, disamping itu juga merupakan salah satu upaya dan usaha pemerintah pusat dan daerah untuk mengamankan wilayah perbatasan terutama kawasan pulau Sebatik dan kawasan Nunukan. Selain itu tujuan dari pengoperasian dermaga ini adalah, memperlancar arus transportasi di Kabupaten Nunukan, sehingga ekonomi masyarakat khususnya Nunukan dan Sebatik dapat meningkat sejalan dengan perkembanhan pembangunan di semua sektor yang telah dilaksanakan oleh pemkab Nunukan, meningkatkan pelayanan terhadap barang dan jasa yang akan masuk ke Nunukan dan Sebatik, maupun terhadap pelayanan dalam hal pembuatan paspor yang ada di Nunukan dan pembuatan paspor yang ada di Kecamatan Sebatik, memperlancar transportasi terhadap hasil pertanian dan perkebunan serta perdagangan masyarakat di kawasan pedalaman Kabupaten Nunukan dengan perbatasan ke Negara tetangga (Malaysia), mempermudah akses terhadap objek wisata Kabupaten Nunukan yang ada di Batu Lamampu maupun objek wisata lainnya yang ada di Pulau Sebatik, mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat daerah perbatasan mengingat akses ke pusat kota Nunukan menjadi mudah dan lancar dan persiapan menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Bupati berharap dengan dioperasikannya penyebarangan lintasan pelayaran dari Nunukan ke Sebatik ini, dapat bermanfaat bagi pelayanan masyarakat daerah perbatasan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat perbatasan yang lebih luas.

“Dengan begitu, semoga yang menjadi tujuan kita bersama dapat tercapai, yaitu mensejahterakan seluruh lapisan masyarakat melalui gerakan pembangunan ekonomi mandiri aman dan sejahtera (Gerbang Emas)”, katanya.

See more at: http://kabarnunukan.co/read/2015/07/10/1460/bupati-resmikan-pengoperasian-pelayaran-ferry-nunukansebatik#sthash.9Nlqm9ZD.dpuf

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s