Harga Rumput Laut Jatuh, Ini Solusi Mashur


H Mashur Bin Mohd Alias SH MSi bersama staf dan komisioner KPU Kabupaten Nunukan. (dok. media center Germas)

H Mashur Bin Mohd Alias SH MSi bersama staf dan komisioner KPU Kabupaten Nunukan. (dok. media center Germas)

SEBAGAI pebisnis yang sudah berkeliling dunia untuk ‘berjualan’, H Mashur Bin Mohd Alias SH MSi tentu sudah faham benar segala macam permainan pasar terkait jual beli suatu komoditas.

Karena itu, Mashur pun dengan mudahnya memberikan solusi terhadap permasalahan para petani rumput laut, jika kelak dia dipercaya sebagai Bupati Nunukan pada Pemilihan Umum Kepala Daerah-Wakil Kepala Daerah Kabupaten Nunukan.

Baginya, rumput laut harus bisa menghidupkan masyarakat. Sehingga saat harga jatuh drastis dipasaran, komoditas tersebut tetap bisa membuat masyarakat bergembira menikmati hasil panenannya.

“Begitu varietas harga yang Rp12 ribu, tiba-tiba jatuh menjadi Rp5 ribu, di situlah pemerintah harus memberdayakan kemampuannya, kekuatannya,” katanya mengingatkan pentingnya peran pemerintah mengatasi kesulitan para petani rumput laut.

Jika pemerintah sebagai alat negara menggunakan kemampuannya, kata dia, petani rumput laut di Nunukan tidak mungkin rugi.

“Pada saat harga turun, pemerintah beli. Bikin perusda. Pemerintah beli saat harga turun, pada saat harga stabil baru lepas. Kan sederhana sekali, mudah sekali kok ini. Ini teori sederhana saja,” katanya memberikan solusi.

Mashur yang sejak tamat SMA sudah terlibat bisnis gaharu ini juga menyadari, perlu kehati-hatian saat menggunakan uang negara untuk membeli rumput laut masyarakat.

“Posnya harus benar. Itu saja. Karena kapan kalau posnya tidak benar, yang namanya uang negara walaupun Rp1.000 anda salah gunakan, maka anda melanggar tindak pidana korupsi,” katanya.

Mashur juga punya solusi, agar produk rumput laut di Kabupaten Nunukan dapat lebih diterima pasar. Dia menegaskan, kualitas sangat menentukan pasat. Dengan kualitas produk yang bagus, serta produksi yang kuntinue, tentu akan menjadi jaminan terhadap pasar.

Sebaliknya, jika produk tersebut hanya dihasilkan musiman, apalagi dengan kualitas yang rendah, tentu sangat sulit untuk diterima pasar.

“Namanya usaha dia harus berkesinambungan. Kualitasnya dijaga, kontribusinya dijaga, itu saja pasti pasar mau mengambil. Kecuali produk anda itu tidak laku,” ujarnya.

Komoditas rumput laut yang banyak dibutuhkan sejumlah negara di dunia tentu membuatnya menjadi barang incaran.

“Tinggal itu tadi, dijaga kualitasnya, jaga suplainya. Kalau anda punya suplainya rutin, kontinue, tonasenye tetap, orang pasti tidak ragu. Anda bisa melakukan kontrak jangka panjang,” ujarnya.

Dia mengingatkan, petani rumput laut yang nakal justru akan membuat kehilangan kepercayaan pasar.

“Anda masukin barang-barang yang memberatkan dalam rumput laut, ya orang tidak mau. Intinya di dalam melakukan kontrak bisnis itu, cuma satu bahasanya. Win win, saling menguntungkan,” katanya.

MEDIA CENTER GERMAS/INFORIAL

Sumber: http://www.kabarnunukan.co/read/2015/08/07/1498/harga-rumput-laut-jatuh-ini-solusi-mashur#sthash.p6i79d0T.dpuf

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s