Panwas Awasi Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Nunukan


nunukan-Baliho-Kompetisi-Olah-RagaPanitia Pengawas Pemilu Kabupaten Nunukan mengaku mengawasi kegiatan bupati dan wakil bupati Nunukan yang juga merupakan bakal calon bupati Nunukan yanag akan bertarung dalam pilkada tahun 2015.

Ketua Panwaslu Kabupaten Nunukan Rahman mengatakan, Panwaslu tetap mengawasi kegiatan petahana meskipun belum ada penetapan bakal calon tetap oleh KPU. Dia mempersilakan masyarakat melaporkan kegiatan bupati dan wakil bupati jika terindikasi adanya sosialisasi pencalonan dirinya.

”Kalau memang ada kegiatan sosialisasi boleh malporkan kepada kita. Didalam undang-undang itu diamanatkan diberikan ruang kepada masyarakat yang mempunyai hak pilih boleh melaporkan hal tersebut. Kita awasi kegiatan bupati dan wakil bupati,” ujar Rahman.

Rahman menambahkan, Panwaslu Nunukan memastikan kedua bakal calon dari bupati maupun wakil bupati Nunukan memahami aturan penggunaan fasilitas negara. Dia berharap kedua bakal calon bupati Nunukan 2015 tersebut tidak melakukan hal-hal yang berkaitan dengan fasi;litas negara untuk melakukan sosialisasi pencalonan dirinya.

“Dalam kapasitasnya, kegiatan pemerintahan misalkan itu kan beda dengan kegiatan sosialisasi untuk pencalonanya sendiri. Ini jangan sampai dijadikan satu, menggunakan dana pemerintah tetapi sosialisasi untuk pencalonan. Bisa jadi keduanya dilakukan, tetapi kami berharap itu tidak dilakukan. Saya yakin pemerintah juga tahu,” imbuh Rahman.

Rahman menambahkan, Panwascam saat ini terus mengawasi kegiatan balon bupati petahana di kecamatan untuk mencegah adanya penggunaan fasilitas negara untuk kegiatan sosialisasi pencalonan.

“Dimana dia pergi sekarang kan terpantau oleh panwascam. Inikan sudah terbentuk pengawas ditingkat kecamatan bahkan tingkat desa sudah terbentuk. Karena kalau menggunakan fasilitas pemerintah untuk kampanye itu jelas melanggar. Termasuk pegawai kalau ada kegiatan sifatnya sosialisasi tidak boleh difasilitasi oleh aparat dibawahnya,” pungkas Rahman.

Sumber: beritakaltara.com – 20 Agustus 2015

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s