PLTMG Kapasitas 10 megawatt akan dibangun di Pulau Nunukan


Kepala Bidang Ketenagalistrikan pada Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Nunukan Yosua Batara Payangan.

Kepala Bidang Ketenagalistrikan pada Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Nunukan Yosua Batara Payangan.

Kepala Bidang Ketenagalistrikan pada Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Nunukan Yosua Batara Payangan mengatakan bahwa pihaknya sudah mendapatkan laporan dari PT. PLN Rayon Nunukan mengenai adanya gangguan pemadaman listrik yang terjadi pada hari Rabu dan Kamis (2-3/9/2015). Gangguan tersebut terjadi pada jaringan pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) Sungai Bilal dan pembangkit listrik tenaga mesin gas (PLTMG) Sebaung sehingga terjadi pemadaman dibeberapa titik di pulau Nunukan dan Sebatik. Sehubungan dengan itu, Jumat (4/9/2015) kemarin, Manager PT. PLN Rayon Nunukan Uris Madan bersama Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Nunukan Hanafiah menghadap Bupati Nunukan untuk menyampaikan dan melaporkan tentang keadaan terkini sehubungan dengan adanya gangguan terhadap penyediaan listrik di Nunukan dan Sebatik. Atas informasi yang disampaikan oleh PT. PLN, Bupati meminta kepada jajaran PT. PLN sebagai pemegang usaha penyediaan listrik di Nunukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan karena selama ini telah terjadi hal – hal yang kurang dalam hal pelayanan kurang berkualitas.

“Jadi kemarin secara khusus meminta kepada Manager PT. PLN untuk meningkatkan kualitas pelayanannya,” ucapnya.‎​Kemudian, juga disampaikan agar hal – hal yang dapat menyebabkan gangguan sedini mungkin dapat diantisipasi baik dari sisi jaringan maupun dari sisi pembangkit karena Pak Bupati mengharapkan PLN sebagai penyedia layanan dibidang listrik memberikan pelayanan kualitas terbaik kepada pelanggan dalam hal ini masyarakat Nunukan karena tentunya itu adalah hak daripada pelanggan. Yosua mengungkapkan dalam kesempatan yang sama, juga dilaporkan kepada Bupati Nunukan untuk menindaklanjuti tentang usaha dalam rangka penambahan kapasitas pembangkit di Nunukan bahwa dalam waktu dekat ini akan masuk 2 mega watt dari PLTD Sebatik sehingga diharapkan bisa menambah kapasitas pembangkit di Nunukan dan Sebatik. Disamping itu juga, sudah ada perencanaan untuk penambahan kapasitas pembangkit di Nunukan melalui PLTMG akan dibangun sebesar 10 mega watt.
“Cuma kemarin itu, pak Bupati meminta agar rencana penambahan pembangkit PLTMG itu bukan hanya 10 megawatt tetapi 20 megawatt,” jelasnya.
Mengenai rencana pembangunan PLTMG di Nunukan, Bupati akan melakukan koordinasi kepada pengambil kebijakan lebih atas apakah dipihak PT. PLN Persero selaku penyedia layanan ketenagalistrikan atau ke Pemerintah Pusat. Dilaporkan kepada Bupati bahwa rencananya nanti PLTMG berlokasi disekitar Sungai Jepun sedangkan sumber gas sifatnya tidak seperti di Sebaung dimana gasnya langsung dari mulut tambang dan gasnya dibawa ke Nunukan.
Sumber: kabarnunukan.co – 7 September 2015
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s