Ada “RT 0” di Kabupaten Nunukan


Ketua Panwaslu Kabupaten Nunukan, ada RT 0 dan warga tak bernama yang terdata di Daftar Pemilih Sementara Pilkada Kabupaten Nunukan.

Ketua Panwaslu Kabupaten Nunukan, ada RT 0 dan warga tak bernama yang terdata di Daftar Pemilih Sementara Pilkada Kabupaten Nunukan.

Ada yang unik dari pendataan daftar pemilih untuk pemilihan kepala daerah di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Ratusan warga terdata di RT 0. Warga yang terdata di RT 0 juga ada yang tercantum kelahiran tahun 2015 dan masuk dalam data pemilih sementara (DPS).

Ketua Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Nunukan Rahman menduga, adanya RT 0 dalam DPS merupakan kesalahan dari pendataan oleh perangkkat KPU. “Mulai dari PPDP, kemudian PPS, PPK baru ke KPU. Ini kemungkinan salahnya input data dari tingkat PPDP, karena ada beberapa kelurahan yang tidak memiliki RW. Seharusnya mereka memasukkan warga tersebut di RW 0 tetapi mereka juga memasukkan di RT-nya, jadinya RT 0.” ujar Rahman, Selasa (29/9/2015).

Terhadap kesalahan tersebut, Panwaslu mengaku akan meminta kepada KPU untuk melakukan pendataan ulang terhadap warga yang terdata di RT 0. Sebab, dipastikan warga yang tercantum dalam RT 0 tersebut memiliki alamat dan RT di tempat tinggalnya.

Panwaslu Kabupaten Nunukan juga meminta KPU melakukan pembenahan terhadap daftar pemilih yang lahir tahun 2015 dan masuk dalam DPS. “Kalaupun tidak ada RW-nya mestinya kan ada alamat tinggalnya. Alamat tempat tinggalnya pastinya ada RT-nya,” kata Rahman.

Selain menemukan RT 0, Panwaslu juga menemukan adanya pemilih yang tidak memiliki nama, namun memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Warga Jalan Iskandar Muda, Kelurahan Nunukan Barat ini juga tak terdata dalam DPS. Namun saat Panwaslu melakukan kroscek melalui jejaring online, tak ada data sama sekali terkait keberadaan warga tanpa nama tersebut. “NIK-nya saja tidak ada. Kemungkinan ada kesalahan input data,“ ujar Rahman. ( regional.kompas.com 29092015 )

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s