H. Sahabu Pimpin Keluarga Bugis Sidrap Kaltara


H. Sahabu ketika dilantik sebagai Ketua PB. Kebugis Kalimantan Utara di Hotel Marvell. (sabri)

H. Sahabu ketika dilantik sebagai Ketua PB. Kebugis Kalimantan Utara di Hotel Marvell. (sabri)

Ketua Umum Pengurus Pusat Bugis Sidrap Irjen Pol Dr. M Said Saile, M.Si, hari ini Sabtu (14/11/2015) melantik dan mengukuhkan Pengurus Wilayah Keluarga Bugis Sidrap (PB. Kebugis) Provinsi Kalimantan Utara periode 2015 – 2020 yang dipimpin Ketua terpilih H. Sahabu. Dalam pelantikan dimaksud, turut hadir Bupati Nunukan H. Basri, Waka Polres Nunukan Kompol Rizal Muhtar dan beberapa tokoh Bugis di Kabupaten Nunukan. Terpilihnya H. Sahabu yang juga merupakan ayahanda Ketua DPRD Nunukan H. Danni Iskandar ini melalui rapat pembentukan pada tanggal 9 Nopember 2015 kemarin. Ketua Panitia H. Laoding mengatakan bahwa terlaksana kegiatan ini hanya dikelola dalam waktu 5 hari, tentu atas peran dari Ketua terpilih H. Sahabu dan kemudian kerjasama yang baik antara jajaran pengurus dan panitia pelaksana. Sementara itu, Ketua terpilih H. Sahabu mengucapkan terima kasih kepada tamu yang hadir menyaksikan pelantikan dan pengukuhan ini. Amanah yang diberikan ini merupakan suatu tugas yang besar dan berat untuk dilaksanakan, akan tetapi bila dilaksanakan secara bersama – sama tentu akan menjadi mudah. Harapannya kedepannya, melalui organisasi Bugis Sidrap ini bisa menjadi perekat silahturahmi khususnya bagi keluarga besar Sidrap dan masyarakat Kabupaten Nunukan dan Kalimantan Utara. Dalam kesempatan ini juga menyampaikan permohonan maaf jika dalam acara ada kesalahan maupun kekurangan sehingga membuat tamu undangan yang hadir merasa kurang nyaman.

Selanjutnya Ketua Pusat PB. Kebugis Irjen Pol Dr. M Said Saile mengatakan bahwa organisasi Kebugis ini seharusnya sudah lama terbentuk didahuli dengan kerukunan lain seperti Pinrang, Soppeng, Bone dan sebagainya. Kerukunan Sidrap menyusul dimana bulan April 2015 kemarin telah terbentuk kepengurusan ditingkat pusat. Harapan kedepan, organisasi ini lebih bergairah, lebih memupuk silahturahmi dengan seluruh warga Sidrap yang ada di Kalimantan Utara. Langkah pertama yang harus dilakukan pengurus yang dikukuhkan hari ini yaitu mendata semua warga Sidrap yang ada di Kalimantan Utara mulai dari semua latarbelakang baik pendidikan dan pekerjaan, kemudian jumlah keluarga dan lainnya.
“Diharapkan langkah pertama yaitu program dari Kebugis ini mendata semua warga Sidrap di Kaltara ini,” ucapnya.
Ia mengungkapkan, Kebugis ditingkat pusat terbentuk bulan April kemarin dimana setelah pelantikan dilanjutkan mengukuhkan Kebugis di Papua Nugini didua daerah yaitu satu di kota dan satu di kabupaten, kemudian disusul Kaltara yang dilantik hari. Insyaallah minggu depan akan menyusul di Kota Tarakan dan Kalimantan Selatan.
“Karena panitianya sudah terbentuk, akan segera kita kukuhkan di Kalimantan Selatan karena kantorn orang Sidrap disana,” jelasnya.
Berkaitan dengan momen politik saat ini, Jenderal aktif di Lemhanas ini meminta dan menghimbau kepada seluruh warga Sidrap di Kaltara dan khususnya Nunukan untuk mendukung pelaksanaan pesta demokrasi ini. Disamping itu, perlu menjaga keamanan dan ketertiban sehingga meski musim politik kondusif Nunukan tetap terjaga. Kemudian, kepada warga Sidrap yang memiliki hak memilih untuk mensukseskan pilkada ini, silahkan memilih pemimpin masing – masing sesuai dengan pilihan hatinya.
Sumber: kabarnunukan.co 14 November 2015

Basri : Kehadiran Kebugis Bisa Memberikan Kontribusi Positif Untuk Nunukan

Bupati Nunukan bersama keluarga besar warga Sidrap di Kabupaten Nunukan. (sabri)

Bupati Nunukan bersama keluarga besar warga Sidrap di Kabupaten Nunukan. (sabri)

Secara pribadi dan selaku Bupati Nunukan mengucapkan selamat atas pengukuhan pengurus wilayah Keluarga Bugis Sidenreng Rappang (Sidrap) Provinsi Kalimantan Utara periode 2015 – 2020. Harapannya kepada pengurus yang dikukuhkan hari ini yang diketui saudara H. Sahabu bisa bergandengan tangan mengemban amanah dengan baik. Dan kedepan, peran kerukunan kian ditingkatkan. Terlebih lagi dengan adanya organisasi kemasyarakatan yang dinamakan Kebugis Sidrap. Karena itu, melalui kerukunan ini, kami juga mengharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap jalannya pembangunan untuk mewujudkan percepatan dan pemerataan pembangunan diwilayah perbatasan. Hal ini disampaikan Bupati Basri kala menghadiri acara pelantikan dan pengukuhan Pengurus Wilayah Keluarga Bugis Sidrap, Sabtu (14/11/2015) di Hotel Marvell.

Basri mengajak kepada warga Sidrap untuk bersatu padu membangun, bekerja dan berkarya sesuai tugas dan profesi masing – masing. Mari gelorakan semangat membangun Nunukan untuk semua karena semangat membangun itu juga sangat relawan dengan semangat warga Bugis melalui ungkapan yang sangat terkenal yaitu Tak Pettu Maoompengne, Teppolo Massellomoe yang artinya tak akan putus yang kendur, tak akan patah yang lentur. Untuk itu, masyarakat harus bijaksana menghadapi suatu permasalahan sehingga toleransi dan tenggang rasa perlu dipupuk supaya keinginan tercapai tanpa kekerasan. Selaku Dewan Penasehat Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan Provinsi Kalimantan Utara, berkewajiban pula untuk berkontribusi dalam mewujudkan cita – cita bersama. Ada sebuah ungkapan yang sangat tersohor yakni Rebba Sipatokkong, Mali Siparappe, Sirui Me’enre Tak Sirui Enok, Malilusipakainge, Maingeppi Mupaja. Artinya rebah saling menegakkan, hanyut saling mendamparkan, saling menarik keatas dan tidak saling menekan kebawah, terlupa saling mengingatkan, nanti sadar atau tertolong barulah berhenti.
“Mari senantiasa berpijak dengan teguh dan berdiri kokoh dalam mengarungi kehidupan,” ucapnya.
Oleh karena itu, harus tolong menolong ketika menghadapi rintangan dan saling mengingatkan untuk menuj kejalan yang benar. Dengan hal tersebut, maka akan terwujud masyarakat yang aman dan sejahtera,” kata Basri
Sumber: kabarnunukan.co 14 November 2015
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s