Nunukan Masuk Daerah Tertinggal, Bupati Tak Mau Komentar


20151212-Bupati-Nunukan-BasriBasri, Bupati Nunukan Kalimantan Utara  enggan berkomentar terkait kabupaten yang dipimpinnya masuk dalam 122 Kabupaten daerah tertinggal.

Ditemui usai mengantar rombongan Komisi IX DPRD di Bandara Nunukan, Basri tidak mau menanggapi. Bahkan dia mengaku tidak tahu jika daerahnya yang berbatasan negara dengan Malaysia itu masuk dalam 122 daerah tertinggal tahun 2015-2019 yang ditetapkan pemerintah.

“Tidak tahu saya, tidak ada komentar,” ujarnya, Rabu (22/12/2015).

Presiden Jokowi menetapkan 122 kabupaten ini sebagai daerah tertinggal dalam Peraturan Presiden Nomor 131 Tahun 2015 tentang Penetapan Daerah Tertinggal Tahun 2015–2019. Selain Kabupaten Nunukan, Kabupaten Mahakam Ulu Kalimantan Timur juga dietapkan sebagai daerah tertinggal di wilayah Kalimantan Timur. Peraturan presiden mulai berlaku sejak  diundangkan tanggal 9 November 2015 silam.

Sementara definisi daerah tertinggal adalah daerah kabupaten dengan wilayah dan masyarakat yang kurang berkembang dibandingkan daerah lain dalam skala nasional. Suatu daerah ditetapkan sebagai daerah tertinggal berdasarkan kriteria perekonomian masyarakat, sumber daya manusia, sarana dan prasarana, kemampuan keuangan daerah, aksesibiltas, serta karakteristik daerah.

Menurut perpres tersebut , pemerintah menetapkan daerah tertinggal setiap lima tahun sekali secara nasional berdasarkan kriteria, indikator, dan sub-indikator ketertinggalan daerah. Penetapan daerah tertinggal dilakukan berdasarkan usulan menteri dengan melibatkan kementerian/lembaga terkait dan pemerintah daerah. (beritakaltara.com – 22 Desember 2015)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s