DPRD Nunukan Setujui Pembentukan DOB Krayan


nunukan krayan4DPRD Kabupaten Nunukanmemutuskan menyutujui pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Krayan.

Persetujuan diberikan hanya dalam hitungan hari sejak aspirasi disampaikan Presidium Kabupaten Krayan bersama para tetua adat dan Dewan Adat Lundayeh, Selasa (12/7/2016) kepada Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid dan DPRD Kabupaten Nunukan.

DPRD Kabupaten Nunukan, Jumat (15/7/2016) memutuskan persetujuan dimaksud melalui Rapat Paripurna ke – 6 Masa Sidang II tahun 2016.

“Anggota Dewan yang terhormat, apakah setuju dengan pembentukan Kabupaten Krayan?,” tanya Ketua DPRD Kabupaten Nunukan, Haji Danni Iskandar yang memimpin rapat paripurna dijawab bulat oleh peserta rapat, “Setuju”.

Usai mengetukkan palu tanda setuju, Pelaksana Harian Sekretaris DPRD Kabupaten Nunukan, Kaharuddin Tokong, membacakan surat keputusan DPRD Kabupaten Nunukan.

Danni usai memimpin rapat mengatakan, persetujuan ini merupakan salah satu tahapan yang dilakukan DPRD Kabupaten Nunukan.

“Setelah ini nanti kami akan duduk bersama dengan pemerintah daerah untuk membahas tujuh rekomendasi sebagai syarat administrasi dalam pembentukan DOB khususnya Kabupaten Krayan,” ujarnya.

DPRD Kabupaten Nunukan secepatnya akan menindaklanjuti persetujuan dimaksud dengan menyurati Pemerintah Kabupaten Nunukan.

“Supaya cepat diselesaikan tujuh rekomendasi ini agar dibahas dan disetujui lagi,” katanya.

Dia berharap, pembentukan Kabupaten Krayan akan membuat wilayah yang mencakup Kecamatan Krayan, Kecamatan Krayan Selatan, Kecamatan Krayan Tengah, Kecamatan Krayan Timur, dan Kecamatan Krayan Barat bisa menjadi mandiri untuk menopang kelanjutan pembangunan.

Dengan pemekaran, diharapkan pula pelayanan semakin dekat dan pembangunan bisa lebih cepat.

Krayan memiliki garis perbatasan sepanjang 162,51 kilometer. Yang berbatasan dengan Negara Bagian Sabah, Malaysia sepanjang 44 kilometer dan berbatasan dengan Negara Bagian Serawak, Malaysia sepanjang 118 kilometer. (*)

20160717-wilayah-krayan

Wilayah Krayan yang masih jauh tertinggal di pedalaman Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

Sumber: kaltim.tribunnews.com – Jumat 15 Juli 2016

Dianggap Strategis, DPRD Segera Terbitkan Rekomendasi Krayan

20160717-jalan-kaki

Warga Krayan harus berjalan kaki untuk menuju ke desa lainnya di wilayah itu.

Ketua DPRD Kabupaten Nunukan, Haji Danni Iskandar, menilai wilayah Krayan sangat strategis dimekarkan dari Kabupaten Nunukan, membentuk Daerah Otonomi Baru (DOB).

Sebagai kawasan yang berada di perbatasan Republik Indonesia-Malaysia, pembentukan Kabupaten Krayan sangat berkaitan erat dengan upaya menjaga kedaulatan negara.

Krayan yang terdiri dari Kecamatan Krayan, Kecamatan Krayan Selatan, Kecamatan Krayan Tengah, Kecamatan Krayan Timur, dan Kecamatan Krayan Barat memiliki garis perbatasan sepanjang 162,51 kilometer yang berbatasan dengan Negara Bagian Sabah, Malaysia sepanjang 44 kilometer dan berbatasan dengan Negara Bagian Serawak, Malaysia sepanjang 118 kilometer.

“Kami siap untuk membahas terkait dengan rekomendasi yang dibutuhkan. Artinya lebih cepat lebih baik,” kata Danni, Kamis (14/7/2016).

Ada tujuh rekomendasi yang akan dikeluarkan DPRD Kabupaten Nunukan, masing-masing persetujuan nama calon kabupaten, persetujuan lokasi calon kabupaten, persetujuan pelepasan kecamatan menjadi cakupan wilayah calon kabupaten.

Kemudian persetujuan pemberian hibah untuk calon kabupaten, persetujuan pemberian dukungan dana untuk pemilihan umum kepala daerah pertama, persetujuan penyerahan kekayaan daerah, dan persetujuan penyerahan sarana prasarana perkantoran.

Danni mengatakan, DPRD Kabupaten Nunukan sangat merespon usulan Presidium Kabupaten Krayan bersama para tetua adat dan Dewan Adat Lundayeh, yang disampaikan Selasa (12/7/2016) kepada Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid dan DPRD Kabupaten Nunukan.

Dia pun memastikan, seluruh anggota DPRD Kabupaten Nunukansudah sepakat memberikan persetujuan untuk pembentukan Kabupaten Krayan.

“Tinggal saja nanti bagaimana tahapannya sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku,” ujarnya tanpa memastikan target waktu dikeluarkannya rekomendasi persetujuan dimaksud.

“Kalau targetnya harus secepatnya. Kami sambil berjalan dengan agenda DPRD yang lain, ini sudah masuk dalam agenda badan musyawarah.”

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nunukan, Hajjah Nursan mengatakan, Presidium Krayan bersama bersama para tetua adat dan Dewan Adat Lundayeh kepada DPRD Kabupaten Nunukan telah menyampaikan secara resmi usulan pembentukan Kabupaten Krayan.

“Hasilnya seluruh fraksi sudah menyatakan setuju untuk memberikan rekomendasi dan membahas apa – apa yang perlu dibahas bersama dengan pemerintah daerah,” ujarnya.

Dia menegaskan, pembahasan rekomendasi persetujuan dimaksud tentu akan menyesuaikan peraturan yang berlaku.

“Karena kami juga belum mengecek dokumen apa saja yang diserahkan oleh Dewan Presidium?” ujarnya.

Tentu, kata politisi Partai Gerindra ini, DPRD Kabupaten Nunukanakan duduk bersama dengan Pemerintah Kabupaten Nunukansebelum menerbitkan tujuh rekomendasi DPRD Kabupaten Nunukan.

“Insyaa Allah kami akan menggenjot itu. Karena semua fraksi mendukung,” katanya.

Nursan optimistis Kabupaten Krayan juga segera berproses menyusul usulan Kota Sebatik dan Kabupaten Bumi Dayak Perbatasan di Kabupaten Nunukan.

“DPRD Kabupaten Nunukan akan menggenjot tiga DOB ini, supaya betul-betul program Nawa Cita Presiden Jokowi membangun dari pinggiran bisa terlaksana. Karena mengikuti tuntutan zaman,” ujarnya.

Apalagi, kata dia, wilayah yang akan dimekarkan masuk dalam kawasan strategis nasional.

“Maka kenapa tidak untuk dimekarkan? Yang jelas semua daerah akan dimekarkan, termasuk daerah dalam KSN akan diberikan kelonggaran,” katanya. (*)

Sumber: kaltim.tribunnews.com – Jumat 14 Juli 2016

Iklan

Satu pemikiran pada “DPRD Nunukan Setujui Pembentukan DOB Krayan

  1. Ping balik: Desa Pa Mulak Diusulkan Jadi Ibu Kota Kabupaten Krayan | Berita Nunukan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s