Desa Pa Mulak Diusulkan Jadi Ibu Kota Kabupaten Krayan


nunukan krayan4Desa Pa Mulak, Kecamatan Krayan Barat akan diusulkan sebagai ibukota Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Krayan.

Ketua Presidium Kabupaten Krayan, Tommy Harun mengatakan, lokasi calon ibukota dimaksud sudah ditinjau tim pengkaji.

“Memang harus disesuaikan juga dengan kriteria ibukota,” ujarnya.

Dia menjelaskan, Desa Pa Mulak mudah dijangkau dari semua kecamatan di Krayan, terutama dari desa-desa. Selain itu tersedia lahan yang cukup.

“Ketiga tersedia air untuk konsumsi masyarakatnya nanti” ujarnya.

Dia mengatakan, ketersediaan air merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi sebagai ibukota kabupaten.

“Jangan sampai kota dibangun, air malah susah,” ujarnya.

Dicalon ibukota juga harus lebih mudah menyediakan fasilitas umum. “Jangan sampai menyulitkan dikemudian hari serta didukung dengan lahan yang ada,” ujarnya.

Dia memastikan, Desa Pa Mulak ditunjuk setelah mempertimbangkan semua aspek.

“Tapi kita masih kaji juga. Nanti finalnya dari hasil kajian tersebut. Kita lengkapi, review ulang semua dan dimantapkan. Di situ juga sudah pematokan wilayah untuk dihibahkan oleh masyarakat,” ujarnya.

Kabupaten Krayan mencakup Kecamatan Krayan, KecamatanKrayan Selatan, Kecamatan Krayan Tengah, Kecamatan KrayanTimur dan Kecamatan Krayan Barat.

Krayan memiliki garis perbatasan sepanjang 162,51 kilometer yang berbatasan dengan Negara Bagian Sabah, Malaysia sepanjang 44 kilometer dan berbatasan dengan Negara Bagian Serawak, Malaysia sepanjang 118 kilometer

Sekretaris Kabupaten Nunukan ini mengatakan, tim kajian dipastikan telah turun ke lapangan dan melakukan pertemuan dengan sejumlah pihak.

“Termasuk juga masing-masing grup fokus ke lima Kecamatan di Krayan. Tim tersebut sudah keliling di seluruh wilayah Krayan, melakukan wawancara, melakukan survei dan sekarang mereka kembali ke Jakarta untuk menyusun kajian tersebut,” ujarnya.

Tim juga telah melakukan paparan kepada presidium maupun instansi terkait. Saat ini pihaknya menunggu hasil final dari tim pengkaji.

“Ketika nanti draf kajian telah rampung akan dilaporkan kembali ke presidium,” ujarnya.

Tommy mengatakan, saat pertemuan dengan Gubernur Kalimantan Utara, Irianto Lambrie beberapa waktu lalu, presidium diminta segera melengkapi semua persyaratan hingga tuntas.

“Kalau sudah tuntas akan disampaikan oleh Gubernur untuk diusulkan kepada pemerintah pusat. Yang belum rasanya itu kajian termasuk rekomendasi dari pemerintah dan DPRD Nunukan,” katanya.

Selain DOB Kabupaten Krayan, ada dua usulan pembentukan daerah otonomi baru pemekaran Kabupaten Nunukan masing-masing Kota Sebatik dan Kabupaten Bumi Dayak Perbatasan.

Kota Sebatik terdiri dari Kecamatan Sebatik, Kecamatan Sebatik Barat, Kecamatan Sebatik Timur, Kecamatan Sebatik Tengah dan Kecamatan Sebatik Utara.

Sedangkan Kabupaten Bumi Dayak Perbatasan meliputi Kecamatan Sebuku, Kecamatan Tulin Onsoi, Kecamatan Sembakung, Kecamatan Sembakung Atulai, Kecamatan Lumbis dan Kecamatan Lumbis Ogong.

Terakhir aspirasi disampaikan masyarakat untuk membentuk Kabupaten Krayan yang wilayahnya mencakup Kecamatan Krayan, Kecamatan Krayan Selatan, Kecamatan Krayan Timur, Kecamatan Krayan Barat dan Kecamatan Krayan Tengah. (*)

Sumber: kaltim.tribunnews.com – Jum’at 29 Juli 2016

Baca juga: DPRD Nunukan Setujui Pembentukan DOB Krayan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s