Ribuan Buruh dan Kelompok Tani Nunukan Unjuk Rasa Demi Keadilan


Wakil Bupati Nunukan H Faridil Murad beserta Rombongan Anggota DPRD saat berkunjung ke Perkebunan PT Nunukan Jaya Lestari (NJL) di kawasan Kecamatan Sei Menggaris, Nunukan disambut ribuan massa aksi yang terdiri dari Aliansi Buruh PT NJL dan Kelompok Tani Sei Menggaris, Kamis kemarin (1/9).

Dalam unjuk rasa yang dilakukan oleh sekitar 2.500 Buruh dan 73 Kelompok Tani, massa aksi menuntut Pemerintah agar meninjau ulang Pencabutan atas SK HGU PT. NJL No.1 Nunukan Barat Th. 2003 seluas 19.974,130h yang diterbitkan oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang dengan SK pencabutan Nomor 1 /Pbt/KEM-ATR/BPN/2016 tentang pembatalan HGU no 1/Nunukan Barat atas nama PT.NJL tahun 2003.

Koordinator unjuk rasa, Saddam Husein menyatakan dalam orasinya, pencabutan HGU PT NJL hanya akan berdampak pada negative situation ditengah-tengah masyarakat.

“Pencabutan HGU yang dialami PT NJL ini terkesan tidak obyektif dan terkesan diskriminatif terhadap perusahaan tertentu,” terang Husein kepada kontributor nusantaranews. com di medan unjuk rasa.

Pencabutan HGU, menurut dia, akan menimbulkan permasalahan baru, yakni terlantarnya ribuan karyawan perkebunan dan puluhan kelompok tani yang melakukan kerjasama (plasma) dengan perusahaan.

“Untuk itu kami minta kepada pemerintah agar melihat masalah ini dengan berdasar prikemanusiaan dan prikeadilan,” kata dia.

Perwakilan dari Buruh dan Kelompok Tani selanjutnya dimediasi oleh Wakil Bupati Nunukan, Anggota DPRD Kabupaten Nunukan, Pihak Perusahaan dan beberapa SKPD terkait untuk menemukan titik temu.

Dalam mediasi tersebut tercapai MoU (A memorandum of understanding) yang ditandatangani oleh Pemkab Nunukan yang diwakili Wakil Bupati, Anggota DPRD, Kepala Dinas terkait dan perwakilan PT NJL serta perwakilan Buruh dan Kelompok Tani.

Isi MoU berbunyi: Pemerintah Daerah, DPRD, Polres, BPN Nunukan akan memberikan jaminan agar perusahaan tetap beraktivitas seperti biasanya pada lahan yang selama ini dikelolah oleh perusahaan dan selama tidak ada kekuatan hukum tetap, tidak boleh ada aktivitas dari pihak lain di atas lahan yang finalistis selain oleh PT. NJL.

Terpisah, Ketua Aliansi Buruh Se Kabupaten Nunukan, Iswanto menyatakan melalui sambungan teleponnya, unjuk rasa tersebut adalah langkah awal dari sebuah gerakan moral yang menuntut keadilan.

“Dan apabila hasil kesepakatan bersama tidak ditindak lanjuti maka aliansi sarikat buruh karyawan dan masyarakat Sei Menggaris akan melakukan aksi susulan dengan jumpa massa yang lebih besar pada minggu ketiga september mendatang,” terang pria yang juga menjabat sebagai Direktur Riset Rimba Raya Institute itu.

Sementara Wakil Bupati Nunukan mengatakan kepada nusantaranews.co saat dikonfirmasi, agar permasalahan ini hendaknya disikapi dengan bijak dan tetap mengedepankan musyawarah agar solusi tercipta.

“Selama belum ada ketetapan pengadilan yang jelas, PT. NJL hendaknya tetap beroperasi. Tentunya kita akan terus mengupayakan agar segela keputusan pemerintah dapat bermuara pada kesejahteraan bersama,” katanya.

Sumber: nusantaranews.co – 2 September 2016

Iklan

Satu pemikiran pada “Ribuan Buruh dan Kelompok Tani Nunukan Unjuk Rasa Demi Keadilan

  1. ini kisah nyata saya . . . .

    perkenalkan nama saya SERI WAHYUNI, saya berasal dari kota Bandung saya bekerja sebagai seorang karyawan di salah satu perusaan Yogyakarta.dimana saya sudah hampir kurang lebih tiga tahun lamanya saya bekerja di perusaan itu.

    Keinginan saya dan impian saya yang paling tinggi adalah ingin mempunyai usaha atau toko sendiri,namun jika hanya mengandalkan gaji yah mungkin butuh waktu yang sangat lama dimana belum biaya kontrakan dan utan yang menumpuk justru akan semakin sulit dan semakin lama impian itu tidak akan terwujud

    saya coba” buka internet dan saya lihat postingan orang yg sukses di bantu oleh seorang kyai dari sana saya coba menghubungi beliau, awalnya saya sms terus saya di suruh telpon balik disitulah awal kesuksesan saya.jika anda ingin mendapat jalan yang mudah untuk SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI UTANG ANDA, DAN MASALAH EKONOMI YG LAIN, TANPA PERLU RITUAL, PUASA DLL. lewat sebuah bantuan penarikan dana ghoib oleh seorang kyai pimpinan pondok pesantren sundoko.dan akhirnya saya pun mencoba menghubungi beliyau dengan maksut yang sama untuk impian saya dan membayar hutang hutang saya.puji syukur kepada tuhan yang maha esa melalui bantuan beliau.kini sy buka usaha distro di bandung.
    Sekali lagi Saya mau mengucapkan banyak terimah kasih kepada kiyai sundoko atas bantuannya untuk mencapai impian saya sekarang ini. Untuk penjelsan lebis jelasnya silahkan >>>>>>>>SOLUSI TEPAT KLIK DISINI<<<<<<<<<
    Anda tak perlu ragu atau tertipu dan dikejar hutang lagi, Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan. Semoga bermanfaat. Amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s