Perbaikan Dermaga Lintas Negara Sebatik Dianggarkan Rp86 Miliar


20160905-dermaga-tasbara-di-sebatik

Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Nunukan menganggarkan Rp86 miliar untuk perbaikan dermaga Sadewa di Sei Pancang Sebatik. Rencananya dermaga itu bakal menjadi pelabuhan speed Tasbara.

Kepala Dishubkominfo Nunukan, Petrus Kanisius menjelaskan kondisi dermaga yang akan segera dibangun 2017 mendatang akan dibuat permanen. “Kami sudah usulkan anggaran pembuatan dermaga baru yang permanen dari beton nanti ke kementrian,”ujarnya.

Untuk pembiayaan dimaksud, Petrus mengaku butuh biaya tak sedikit, sehingga tak mungkin mengandalkan APBD dalam kondisi minim. Meski telah mengusulkan alokasi anggaran untuk pembuatan dermaga baru bagi speed boat Lintas Batas Negara (Tasbara) Rute Nunukan – Sebatik – Tawau Malaysia, namun masih dibutuhkan anggaran untuk pembuatan jembatan.

“Nanti kan butuh jembatan untuk turunnya ke dermaga speed itu. Mungkin nanti swadaya,” katanya.

Petrus juga mengakui pembangunan dermaga panjang di Sei Pancang belum berfungsi sebagaimana seharusnya. Untuk sementara waktu, dermaga sepanjang 2,4 km tersebut masih digunakan sebagai tempat tambat kapal TNI AL dan dimanfaatkan masyarakat untuk lokasi favorit memancing.

“Itu anggarannya kan sudah masuk ke Kemenhub, KPDT dan BNPP. Kami akan genjot terus itu,” lanjut Petrus.

Sementara itu untuk pembangunan dermaga, dikatakan Petrus terus digalakkan dan menjadi prioritas pemerintah pusat. APBN juga telah mulai membangun banyak dermaga seperti POSAL. Namun banyaknya alokasi anggaran ternyata disesalkan juga oleh Petrus karena tak disertai anggaran pemeliharaan.

Padahal, kata dia, sudah seringkali Pemda Nunukan mengusulkan biaya pemeliharaan. Sayangnya sampai sejauh ini belum ada respon terhadap usulan mereka.

“Tinggal tunggu ambrolnya saja. Kami seringkali masukkan Rp10miliar setiap dermaga tapi belum pernah ada respon,” sesalnya. (kaltarakita.com 05092016)

Iklan

2 pemikiran pada “Perbaikan Dermaga Lintas Negara Sebatik Dianggarkan Rp86 Miliar

  1. salam perbatasan…
    izin koreksi pak…
    Dermaga Sadewa berada di Desa Sungai Nyamuk Kecamatan Sebatik Timur. Foto diatas bukan Foto Dermaga Sadewa Pak, Melainkan Foto Pelabuhan PELNI (katanya) yang berada di Desa Sungai Pancang. Dermaga Sadewa dari dulu hingga sekarang di bangun dan di rehab menggunakan kayu Bulian(Ulin), namun selalu hancur dimakan tiram. Tanggal 30 Januari 2017, Kantor Desa Sungai Nyamuk Menerima Surat dari DISHUB dan Bupati Nunukan tentang pengalihan dan penggunaan Dermaga Sadewa ke Dermaga Sungai Pancang (foto yang diatas) karena memang kondisi Dermaga Sadewa yang saat ini cukup memprihatinkan dan sudah tidak layak digunakan. Sejak Desa Sungai Nyamuk Masih Kab. Bulungan, Dermaga Sadewa sudah digunakan sebagai Dermaga Speed Boat Lintas Batas Negara (TASBARA) begitupun juga dengan namanya. Setiap Tahun Desa Sungai Nyamuk Selalu Memprioritaskan Dermaga Sadewa dalam Usulan Kegiatan Prioritas MUSRENBANG Tingkat Desa dan SKPD yang ditujukan adalah Dinas pekerjaan Umum (DPU) Kab. Nunukan untuk di Permanenkan (Beton) namun hingga saat ini belum juga Terealisasi.

    http://seinyamuk.desa.id/2016/02/22/dermaga-sebatik-di-akhir-hayat-nya/

    Terima Kasih.

    By
    Darwis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s