Mutasi Pejabat Tergantung Kesiapan Timsel


20160922-tommy-harumKetua Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) Kabupaten Nunukan, Tommy Harun, mengatakan, setelah enam bulan Bupati-Wakil Bupati Nunukan dilantik, pelaksanaan mutasi akan ditentukan kesiapan tim seleksi.

Sekretaris Kabupaten Nunukan ini mengatakan, untuk melaksanakan mutasi perlu persiapan matang. Untuk proses assessment saja dibutuhkan waktu antara satu hingga tiga bulan.

“Kalau timsel belum siap setelah tiga bulan, berarti bisa lewat waktunya. Setelah Januari mungkin saja bisa,” katanya.

Tommy mengatakan, pelaksanaan mutasi ini juga tergantung pada perangkat daerah yang rancangan peraturan daerahnya sedang dibahas DPRD Kabupaten Nunukan.

“Aturannya tergantung dengan kelembagaan. Kalau raperda belum di tok, kita nggak bisa. Dan nggak ada dasar untuk memulai,” ujarnya.

Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Kabupaten Nunukan Syafaruddin menegaskan, tidak ada mutasi sampai pemerintahan Bupati Nunukan-Wakil Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid-Faridil Murad berjalan hingga enam bulan. Keduanya dilantik pada 1 Juni 2016 lalu.

Dijelaskannya, Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 2 tahun 2016 tentang Penggantian Pejabat Pasca Pilkada telah menegaskan larangan mutasi dalam batas waktu tertentu.

Surat itu menjelaskan Gubernur, Bupati atau Walikota dilarang melakukan penggantian pejabat di lingkungan Pemerintah Daerah, Provinsi atau Kabupaten/kota dalam jangka waktu enam bulan terhitung sejak tanggal pelantikan.

Hal itu dilakukan dalam rangka pelaksanaan dan kesinambungan pembangunan serta penjaminan pengembangan karier ASN di lingkungan masing masing, sesuai Pasal 162 ayat (3) Undang-Undang Nomor 8 tahun 2015 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota menjadi Undang-Undang.

“Itu dipertegas lagi pada angka 90 yang dengan tegas menyatakan dan seterusnya. Pasal 162 cukup jelas. Artinya tidak ada pengecualian. Sebelum 6 bulan tidak boleh ada mutasi,” katanya. (kaltim.tribunnews.com 21092016)

…………………….

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s