Pengukuhan KKSS Kabupaten Nunukan


20160925-kkss-14

Organisasi ini bernama Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan yang disingkat KKSS. KKSS didirikan dijakarta pada tanggal 12 November 1976. KKSS berasaskan Panca sila. KKSS adalah organisasi sosial yang bersifat kekeluargaan yan tidak berafiliasi degan organisasi sosial politik maupun organisasi kemasyarakatan lainnya.

Organisasi KKSS Kabupaten Nunukan periode 2016-2021 yang secara aklamasi disepakati  Bapak H.M.Nurdin Efendi sebagai ketua, Sekretaris bapak Andi Lempong dan Bendahara Bapah H.Herman Hamid yang dilantik atau dikukukan oleh ketua DPW KKSS Kaliamtan Utara pada tanggal 25 September 2016, bertempat di kediaman bapak H.Herman Hamit, jalan Ujang Dewa Nunukan Selatan. Yang dirangkai dengan pelantikan Pengurus Koperasi KKSS Cabang Kabupaten Nunukan yang diketuai bapak Andi Lempong.

Sambuta ketua KKSS terpilih yang dibacakan oleh wakil ketua bapak H.Arifuddin Ali. pada acara pengukuhan KKSS Kabupaten Nunukan

 

Yth.Bupati Nunukan

Yth.Ketua DPRD Kab.Nunukan

Yth.Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kab Nunukan

Yth.Ketua BPW-KKSS Prov Kalimantan Utraa beserta rombongan

Yth.Ketua Koperasi KKSS Indonesia

Yth.Para ketua BPD-KKSS se Kalimantan Utara yang hadir.

Yang kami Hormati Toko Agama, Toko Masyarakat, Ketua2 Paguyuban, Ketua Pilar, Hadirin dan hadirat sekalian yang berbahagia,

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Sebelumnya marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, atas nikmat dan rahmat yang telah dianugerahkan kepada kita semua, sehingga khususnya pada hari ini kita semua diberi kenikmatan berupa kesehatan jasmani dan rohani sehingga kita dapat menghadiri acara pengukuhan BPD-KKSS dan pengukuhan pengurus koperasi KKSS cabang Kabupaten Nunukan periode tahun 2015-2020.

Hadirin sekalian yang komi hormati

“Kami akan senantiasa memegang teguh prinsip dimana bumi di pijak disitu langit dijunjung. DENGAN SEMANGAT MEMBANGUN KKSS DARI PINGGIRAN, SEJAHTERA UNTUK SEMUA. dan dimanapun kita berada kita harus saling menghormati antara sesama suku  di Kabupaten Nunukan, dengan demikian, saya yakin  kita semua akan terhindar dari benturan dengan suku lain. Maka dari itu, saya mengajak kepada seluruh saudara-saudaraku, mari kita terus jalin persaudaraan,”.MEMBANGUN NUNUKAN YANG ADIL UNTUK SEMUA.

Saya juga mengajak seluruh warga KKSS agar senantiasa menjaga kerukunan dan kekeluargaan antar etnis atau suku yang ada di Kabupaten Nunukan. Karena pada dasarnya, warga KKSS adalah orang Nunukan yang secara kebetulan berasal dari Sulawesi Selatan. Untuk itu, tidak ada alasan untuk warga KKSS Nunukan untuk tidak turut berkontribusi dalam membangun Kabupaten Nunukan sesui VISI DAN MISI BUPATI NUNUKAN

Melalui pesan leluhur orang bugis yang berbunyi sipakatau sipaka lebbi (saling menghormati dan menghargai), maka saya yakin warga KKSS akan menjadi contoh panguyuban yang SOPAN dan SANTUN serta bersahabat dengan suku lain yang merupakan satu kesatuan masyarakat dalam membangun Kabupaten Nunukan yang AMAN dan KODUSIF.

Dan insya Allah BPD KKSS yang merupakan organisasi besar ini karena memiliki 13 pilar/paguyuban dari setiap Kabupaten/kota yang ada di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat, tidak akan terbawa ke jalur politik praktis, namun demikian warga KKSS tetap mempunyai hak politik sesuai UU yang berlaku di Negara Republik Indonesia.

Oleh karena itu Kami segenap pengurus KKSS Nunukan akan terus menjalin komunikasi, melakukan silaturahmi dengan seluruh panguyuban yang ada di Kabupaten Nunukan sehingga keharmonisan dan hubungan baik dengan etnis lain di Nunukan bisa terus terpelihara, tumbuh dan berkembang dengan baik.

Para Undangan dan Hadirin sekalian yang kami Hormati

Melalui kesempatan ini kami menyampaikan bahwa seharusnya acara Pengukuhan ini sejak tahun 2015 akan dilaksanakan, akan tetapi karena berbagai kesibukan termasuk kegiatan PILGUB dan PILKADA di Kabupaten Nunukan sehingga panitia sepakat menunggu waktu yang tepat untuk dilaksanakan.

Selanjutnya sedikit riwayat singkat KKSS di Nunukan yaitu:

Bahwa KKSS telah ada sejak kecamatan Nunukan dan selanjutnya setelah Nunukan di mekarkan menjadi Kabupaten maka terbentuklah 3 (tiga) cabang kepengurusan KKSS di Kabupaten Nunukan al: DPC KKSS Nunukan, DPC KKSS Sebatik dan DPC KKSS Lumbis.

Untuk DPC KKSS Nunukan sendiri telah 3 (tiga) kali berganti Nahkoda, yang Pertama Oleh Bapak Nurdin Efendi, kedua Arifuddin Ali dan yang ketiga adalah Bapak Ir.Jabbar,M.Si.

Berdasarkan AD/ART KKSS yang baru bahwa KKSS berubah dari Dewan Pengurus Cabng (DPC) KKSS menjadi Badan Pengurus Daerah (BPD) KKSS di setiap Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia

Selanjutnya setelah perubahan status dari DPC menjadi BPD-KKSS melalui rapat antar pilar yang ada di Nunukan maka secara aklamasi disepakati Bapak H.M.Nurdin Efendi menjadi Ketua BPD-KKSS Kabupaten Nunukan periode 2015-2020.

Dan adapun jumlah warga KKSS yang ada di Kabupaten Nunukan, itu ada kurang lebih 45 % dari jumalah penduduk yang terseber di 19 kecamatan dan yang terpadat ada di Kecamatan Nunukan/nunukan selatan dan Pulau sebatik (terdiri dari 5 kecamatan).

Hadirin sekalian yang saya muliakan.

Selanjutnya saya sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada segenap warga/pengurus KKSS yang dengan tulus ikhlas mempercayakan kepada kami untuk mengemban amanat ini yang mungkin tidak ringan. Namun dengan dorongan dan motivasi yang telah ibu/bapak juga rekan-rekan berikan kepada kami. Insya Alloh kami tidak akan menyia-nyiakannya.

Tanpa kepercayaan ibu/bapak juga saudara-saudara sekalian. Tidaklah mungkin dapat berjalan dengan baik dan lancar, sebab tanpa dukungan dari semua pihak tentu kami tidak bisa berbuat apa-apa.

Selanjutnya kami juga menyampaikan bahwa pengukuhan BPD-KKSS nunukan dirangkaikan dengan pengukuhan pengurus koperasi KKSS Cabang Kabupaten Nunukan, dimana koperasi ini diharapkan menjadi badan usaha KKSS Nunukan yang mempunyai semangat berbagi untuk semua dalam mensejahterakan warga KKSS Nunukan dan warga lainnya.

BPD-KKSS mengharapkan kepada pengurus koperasi KKSS, kiranya dapat membangun ekonomi kerakyatan untuk mendukung Visi dan Misi Kabupaten Nunukan khususnya dalam bidang agrobisnis, agrowisata dan agro Industri.

Hadirin sekalian yang kami hormati

Atas nama Ketua dan pribadi, saya memohon juga kepada ibu/bapa juga rekan sekalian untuk bersama-sama menjalankan program kerja KKSS dengan semangat Gotong Royong “Rebba Sipatokkong, Mali Siparappe, Malilu Sipakainge”

Demikian yang dapat saya sampaikan dan mohon kepada bupati Nunukan kiranya dapat memberikan sambutan dan arahan kepada kami pengurus BPD-KKSS dan Pengurus Kopersai KKSS Kabupaten Nunukan, terimah kasi

wa billahitaufiq walhidayah, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Nunukan 25 September 2016.

Ketua BPD-KKSS Kabupaten Nunukan

H.M.NURDIN EFENDI.

 

Dokumetasi Acara Pengukuhan KKSS Kabupaten Nunukan

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

-ar-

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s