Menteri Rini Akan Bangun Mobile gas, Turbin Gas Hingga Bank di Perbatasan Kaltara


menteri-bumn-rini-2

Menteri BUMN Rini Soemarno akan bangun mobile gas, turbin gas hingga dirikan Bank di perbatasan Kaltara.

TANJUNG SELOR – Menteri BUMN Rini Sumarno mengatakan Provinsi Kalilmantan Utara (Kaltara) berpotensi dan akan menjadi salah satu acuan dari sejumlah program dalam Kementerian BUMN, seperti dalam cara pengembangan usaha hingga Corporate Social Responsibility (CSR).

“Provinsi Kaltara akan kita jadikan sebagai dasar dimana kita akan melakukan program yang secara menyeluruh,” tutur Menteri Rini beberapa waktu lalu.
Menurutnya, upaya itu akan dimulai dengan meminta dukungan penuh dari perusahaan-perusahaan BUMN. Bahkan, perusahaan BUMN yang ada di Indonesia berjumlah sekitar 118 perusahaan.
Menteri Rini yang baru saja menyelesaikan kunjungannya ke Kecamatan Krayan, pada Senin lalu, (10/10/2016) juga meminta kepada direksi Bank BRI untuk segera membuka cabang di daerah Krayan. Karena wilayah itu, dianggap memiliki potensi yang sangat besar terutama di bidang pertanian.
“Krayan adalah bagian dari Indonesia, dan akan menjadi salah satu wilayah pengembangan dan peningkatan usaha milik negara,” tuturnya.
Baginya, jika BRI sebagai salah satu perusahaan BUMN mendirikan kantor cabang maka dipastikan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat serta bisa membantu masyarakat dengan menyediakan pelayanan kredit kecil maupun menengah. Sehingga, Kecamatan Krayan yang berada di garis perbatasan dapat berkembang bersama dengan kabupaten-kabupaten lainnya di Provinsi Kaltara.
“Seluruh program yang melibatkan BUMN tujuannya tak lain untuk mensejahterakan masyarakat, itulah tujuannya BUMN tersebut,” ujarnya.
Sementara, dalam mencapai kesejahteraan perekonomian masyarakat, maka ada beberapa hal yang harus dilakukan masyarakat dan pemerintah, yakni sebuah keberhasilan daerah tergantung dari elektrifikasi. Sehingga persoalan kelistrikan yang terjadi di Kaltara akan segera dituntaskan.
“Kami akan mengejar kebutuhan listrik di Kaltara ini, jadi ada beberapa program percepatan di antaranya kita akan membangun mobile gas, turbin gas dan ini pelaksanaannya sekitar 9 bulan. Jadi jangan lagi sampai ada byarpet di Kaltara,” tutur Rini.
Selain elektrifikasi, Rini menyebutkan konektivitas juga salah satu pemicu dalam keberhasilan daerah untuk mengembangkan perekonomian. Seperti ketersediaan sarana jalan umum penghubung dari satu daerah ke daerah lainnya di Provinsi Kaltara dan harus segera di optimalkan, baik dari akses darat, air (sungai), dan udara.
“Ini salah satu yang akan kita perhatikan, yakni akses jalan penghubung dari satu daerah dengan daerah lainnya, saya juga mengapresiasi Gubernur dalam upayanya mengembalikan harga tarif dasar listrik di Tarakan sesuai standar nasional dengan cata mengembalikan status perusahaan PLN swasta ke PT PLN (Persero),” ujar Rini. (newstara.com 14102016)
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s