KM.Lambelu kandas di perairan Tanjung Pasir


Lima Kapal Disiapkan, Penumpang KM Lambelu akan Dievakuasi Di…

KM Lambelu kandas

SIAP DIEVAKUASI: Kondisi terakhir KM Lambelu sebelum penumpangnya dievakuasi yang akan dilakukan Minggu (23/10) hari ini.

TARAKAN – Rencana evakuasi terhadap seluruh penumpang KM Lambelu yang kandas di perairan Tanjung Pasir, Kelurahan Mamburungan, Sabtu (22/10) akan dilakukan Minggu (23/10) hari ini.

Rencananya pula, seluruh penumpang dibawa ke Pelabuhan Malundung. Informasinya, ada 5 kapal yang dikerahkan untuk mengevakuasi penumpang.

Berdasarkan pantauan Radar Tarakan, sekira pukul 09.00 Wita, sudah terlihat beberapa pihak dari  instansi di antaranya pihak Navigasi, Pelindo, KSOP dan Pelni yang sedang melakukan rapat persiapan di ruang  tunggu Terminal Malundung.

Sumber: m.kaltara.prokal.co – Minggu 23 Oktober 2016

Ditarik 4 Tugboat, KM Lambelu Tetap Tak Bergerak

KM Lambelu

Proses evaluasi KM Lambelu yang ditarik oleh tugboat.

TARAKAN – Sekitar pukul 21.00 Wita sabtu malam (22/10), 4 kapal tugboat berusaha melakukan evakuasi KM Lambelu yang kandas di perairan Tarakan tepatnya depan Tanjung Pasir.

Proses evakuasi dilakukan selama 3 jam dengan cara menarik kapal menggunakan tali oleh 4 kapal tugboat. Namun, KM Lambelu tetap tidak bisa dievakuasi karena air yang dangkal.

Komandan Patroli KSOP Tarakan, Syaharuddin mengatakan, evakuasi itu terkendala karena kondisi laut yang sedang surut. Sehingga, rencananya pagi ini para penumpang akan dievakuasi ke darat.

Untuk penumpang dengan tujuan Kabupaten Nunukan akan dievakuasi menggunakan kapal feri, untuk dibawa langsung ke tujuan. Sedangkan penumpang lainnya dengan tujuan Balikpapan, Ujung Pandang dan Larantuka akan dialihkan menggunakan KM Bukit Siguntang pada Selasa (25/10).

“Mau tidak mau kita tunggu air pasang dulu. Kemungkinan besar kapal Lambelu akan sampai seminggu di sini. Karena masih akan dilakukan pemeriksaan apakah ada kelalaian atau tidak,” tandasnya.

Sumber: m.kaltara.prokal.co – Minggu 23 Oktober 2016

Ini penyebab KM Lambelu Kandas

penyebab-km-lambelu-kandas

EVAKUASI: Sejumlah tugboat mencoba menarik KM Lambelu keluar dari gusung, setelah kandas di sekitar Tanjung Pasir, Sabtu (22/10) kemarin.

TARAKAN – Sebanyak 649 penumpang KM Lambelu dari Tarakan tujuan Nunukan dan daerah di Indonesia, dibuat panik selama belasan jam. Salah satu kapal PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) ini, kandas di perairan Tarakan, Sabtu (22/10) dini hari.

Berdasarkan hasil pemeriksaaan sementara yang dilakukan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Tarakan, kandasnya KM Lambelu di sekitar Tanjung Pasir ini karena menghindari senggolan atau tabrakan dengan tugboat yang menarik tongkang berisikan batu bara.

Insiden ini bermula ketika KM Lambelu yang bertolak dari pelabuhan Malundung, Tarakan, menuju Nunukan, sekira pukul 02.30 Wita, sedang melintas di daerah Tanjung Pasir, sekira 2,5 mil dari pelabuhan Malundung Tarakan. Tanpa terpantau oleh radar, KM Lambelu nyaris bersenggolan dengan tugboat yang hingga kini belum diketahui identitasnya, setelah kedua kapal berada pada alur pelayaran yang sama.

“Kapten Sukartiyo yang menahkodai KM. Lambelu mengaku sempat memanggil nahkoda tugboat melalui radio komunikasi, namun tidak ada jawaban,” ujar Komandan Patroli KSOP Kelas II Tarakan, Syaharuddin kepada Bulungan Post, Sabtu (22/10).

Karena tak ada respon, nahkoda KM Lambelu ini langsung mengambil inisiatif mengalihkan haluan ke sisi kiri demi menghindari terjadinya benturan dengan tugboat. Namun, KM Lambelu justru kandas di daerah gusung atau karang sekira pukul 03.15 Witaa.

KSOP Kelas II Tarakan bersama Satuan Polisi Air (Polair) Polres Tarakan sempat memberikan pertolongan dengan meminta bantuan sejumlah tugboat yang melintas untuk menarik KM Lambelu keluar dari perangkap gusung. Namun upaya tersebut sia-sia karena kondisi air yang surut.

Akibatnya, penumpang yang mestinya bisa tepat waktu tiba di tujuan, terpaksa harus molor pelayarannya hingga belasan jam. Pasalnya, hingga Sabtu petang, KM Lambelu belum juga bisa keluar.

Sampai berita ini dirilis, KSOP dan Satpolair Polres Tarakan masih berupaya mengeluarkan KM Lambelu dari perangkap gusung. Jika tidak berhasil juga, ratusan penumpang terpaksa dievakuasi kembali ke Tarakan karena kapal bakal kandas dalam waktu lama setelah kondisi air surut diperkirakan berlangsung hingga seminggu.

Syaharuddin mengungkapkan, pihaknya menyiapkan sedikitnya lima kapal bantuan dari berbagai instansi untuk membantu proses evakuasi. Sementara untuk kondisi fisik KM Lambelu, Syaharuddin belum bisa memastikan.

Pihaknya masih melakukan pemeriksaan secara intensif terhadap kondisi kapal. KSOP Kelas II Tarakan juga akan memeriksa lebih lanjut nahkoda dan sejumlah ABK kapal untuk mencari tau penyebab insiden tersebut.

Sumber: m.kaltara.prokal.co – Minggu 23 Oktober 2016

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Iklan

Satu pemikiran pada “KM.Lambelu kandas di perairan Tanjung Pasir

  1. Bgmana dgn para penumpang yang yg sdh membeli tiket untk tujuan daerah lain? Apakh ada solusi dari pihak pelni untk itu?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s