Jalan Kaki 3 Km, Sumpah Pemuda Diperingati di Patok 15 Tapal Batas RI


20161028-sumpah-pemudah

Suasana peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-88 tahun 2016 di perbatasan Republik Indonesia-Malaysia di Pulau Sebatik, Jumat (28/10/2016).

Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kecamatan Sebatik Barat, Kabupaten Nunukan menggelar upacara peringatan ke-88 tahn 2016 Hari Sumpah Pemuda.

Peringatan digelar di Patok 15 perbatasan Republik Indonesia-Malaysia di Pulau Sebatik, Jumat (28/10/2016).

Ratusan peserta upacara memeriahkan acara yang berlangsung di atas ketinggian pulau yang terbagi antara Republik Indonesia dan Malaysia itu.

Komandan Pos Angkatan Laut Sungai Nyamuk, Letda Laut (P) Benu Purnomo menceritakan, upacara baru bisa dimulai pukul 09.00, karena peserta harus berjalan kaki ke lokasi acara.

“Peserta upacara harus berjalan kaki menempuh jarak sekitar 3 kilometer dari jalan poros Desa Bambangan dan mendaki sampai tempat upacara,” ujarnya menceritakan pelaksanaan acara itu kepada TRIBUNKALTIM.CO, Jumat sore.

Meskipun harus menguras tenaga berjalan kaki menuju ke lokasi pelaksanaan upacara, hal itu tak memupuskan semangat para peserta.

Upacara dihadiri seluruh pejabat musyawarah pimpinan kecamatan termasuk Camat Sebatik Barat Drs Haji Haini, unsur pegawai negeri sipil, Tentara Nasional Indonesia dari Koramil Sebatik, Pos Pengamanan Perbatasan RI-Malaysia Bambangan dan Pos Bukit Keramat, Pos Marinir Bambangan, Polri, para guru, tenaga honorer dan para pelajar mulai dari tingkat dasar hingga menengah atas.

Kemeriahan acara itu juga tak luput dari kehadiran anggota DPRD Kabupaten Nunukan yang berasal dari Daerah Pemilihan II Pulau Sebatik seperti Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nunukan Hajjah Nursan, Lukman dan Feri serta para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan tokoh adat maupun masyarakat di sekitar tempat pelaksanaan upacara.

Berindak selaku inspektur upacara, Staf Ahli Bupati Nunukan Bidang Pembangunan, Suhadi.

Pada upacara dimaksud, Suhadi mengingatkan agar para pemuda di Kecamatan Sebatik Barat membuat kegiatan yang bisa didukung semua pihak.

Alam, Panitia Peringatan ke-88 tahun 2016 Hari Sumpah Pemuda Kecamatan Sebatik Barat mengatakan selain menggelar upacara KNPI Kecamatan Sebatik Barat juga melaksanakan jelajah patok perbatasan Republik Indonesia- Malaysia yang berada di wilayah Kecamatan Sebatik Barat.

Jelajah dari patok 11 hingga patok 17 itu berlangsung sejak Kamis hingga Jumat.

“Peserta jelajah diikuti 12 regu dari semua kalangan baik dari PNS, warga dan pelajar,” ujarnya.

Dia mengatakan, jelajah batas ini dilaksanakan untuk mengenalkan secara langsung model dan letak patok negara.

Sebab selama ini patok negara cuma dikunjungi orang tertentu.

“Maka dengan adanya jelajah patok negara, warga Sebatik Barat bisa mengenal lebih jauh posisi patok negara tersebut,” ujarnya.

Camat Sebatik Barat berharap, pelaksanaan rangkaian kegiatan peringatan tahun ke-88 Hari Sumpah Pemuda di Kecamatan Sebatik Barat bisa menumbuhkan jiwa nasionalisme warga perbatasan.

Mereka juga diharapkan selalu berfikir inovasi.

“Utamanya kaum muda,” ujarnya.

Dia berharap, patok 15 kelak dijadikan tujuan wisata sehingga akan menjadi tempat kunjungan semua kalangan. (kaltim.tribunnews.com 28102016)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s