Kaltara Kurang 3.000 Guru, Kemendikbud Klaim Sudah Usulkan 6.000 Formasi


20161101-mendikbud-muhadjir-effendy

Mendikbud Muhadjir Effendy menyapa murid SD 010 Tanjung Selor, Selasa (1/11/2016).

TANJUNG SELOR – Selain faktor geografis, persoalan mendasar dunia pendidikan di Kalimantan Utara adalah ketersediaan tenaga guru.

Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie mengungkap kebutuhan guru di provinsi termuda ini.

Dikompilasi dari lima kabupaten/kota, jumlah kekurangan guru di Kalimantan Utara mencapai 3.000 jiwa.

Jumlah guru yang ada saat ini baru mencapai 8.250 guru dari seluruh satuan pendidikan seperti PAUD, SD, SMP, dan SMA/SMK.

“Di Kalimantan Utara kekurangan 3.000 guru. Di Bulungan saja, itu kekurangan 500 guru. Menyiasatinya, Pemkab Bulungan mengontrak guru 400 guru. Jika anggaran defisit, untuk membayar tunjangannya itu agak berat,” sebutnya, Selasa (1/11/2016) di auditorium Universitas Kaltara.

Mendikbud Muhadjir Effendy saat diwawancarai Tribun mengungkapkan, pemerintah saat ini tengah mencari solusi untuk mengatasi minimnya jumlah guru.

Langkah awal, Kemendikbut sebut Muhadjir sudah mengusulkan sedikitnya 6.000 formasi guru yang akan ditempatkan di daerah perbatasan, terluar, terpencil, dan pedalaman.

“Akan kita angkat guru P3T. Itu ada 6.000, tengah diproses di Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara. Kalau di Kemendikbud sudah final. Kita berdoa semua, semoga bisa terpenuhi,” sebutnya.

Selain soal kekurangan jumlah guru, Irianto juga melaporkan berbagai keadaan terkini dunia pendidikan. Disebutkan Irianto, jumlah sekolah di Kalimantan Utara mencapai 8.250 unit dengan rincian 537 PAUD, 448 SD, 152 SMP, 4 SLB, 56 SMA, dan 27 SMK.

Irianto juga menyebutkan sedikitnya masih ada 525 guru yang mengajar belum mengantongi ijazah S1 sebagaimana standar kualifikasi guru yang dipersyaratkan.

Secara umum tutur dia, problematika pendidikan Kalimantan Utara dipengaruhi beberapa hal. Seperti geografis, disparitas wilayah, dan fasilitas pendidikan yang belum memadai.

Sumbert: kaltim.tribunnews.com – 2 November 2016

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s