Helikopter TNI AD Hilang Kontak di Malinau, Kalimantan Utara


20090817ran8116382_072.jpgHelikopter TNI AD Hilang Kontak di Malinau, Kalimantan Utara

Badan SAR Nasional (Basarnas) Kantor SAR Balikpapan, Kalimantan Timur, membenarkan kabar adanya helikopter TNI-Angkatan Darat (TNI-AD) jenis Bell 412 EP yang hilang kontak pada Kamis, 24 November 2016. Helikopter diketahui terbang dari Bandara Juwata Kota Tarakan, Kalimantan Utara pada pukul 10.54 WITA.

Kepala Seksi Operasional Basarnas Kantor SAR Balikpapan, Octavianto, tak membantah kabar itu. Tim SAR Balikpapan saat ini tengah menggelar rapat bersama TNI di Kota Tarakan.

“Ya, kami juga dengar kabar itu, sesuai dengan undang-undang untuk transportasi militer mesti ada request (pencarian) dari TNI, sekarang sedang rapat kecil antara Basarnas dan TNI di Tarakan,” kata Octavianus yang dihubungi dari Samarinda, Kalimantan Timur, Kamis, 24 November 2016.

Dari data pesawat diketahui helikopter dengan registrasi penerbangan HA-5166 itu yang bertindak sebagai pilot adalah Letnan Satu (Cpn) Yohanes Syahputera. Helikopter berisi empat kru yang mengangkut logistik ke perbatasan.

Tujuan penerbangan dari Bandara Juwata Kota Tarakan menuju Desa Long Bawan, Kabupaten Malinau. Bertolak dari Juwata pada 10.54 WITA dan diperkirakan mendarat di Long Bawan pada pukul 11.50 WITA.

Pada pukul 10.57 WITA, helikopter kontak terakhir dengan Tarakan Tower dan diarahkan untuk kontak ke Malinau Tower. Pada pukul 11.16 WITA kontak pertama dengan Malinau Tower. Heli tersebut kontak terakhir pada pukul 11.29 WITA dengan Malinau Tower pada posisi 8 Naitical Mile (sekitar 19 kilometer) dari Malinau.

Sampai saat ini posisi helikopter masih belum di ketahui. “Kapan pun kami diminta berangkat (pencarian) kami siap,” kata Octavianus. (Sumber: nasional.tempo 24 November 2016)

Helikopter TNI AD Hilang Kontak, Pencarian Dilanjutkan Besok

Helikopter Bell 412 EP milik TNI Angkatan Darat (TNI-AD) hilang kontak dalam perjalanan dari Bandar Udara Juwata Tarakan ke Long Bawan, Malinau, Kalimantan Utara, Kamis, 24 November 2016. Helikopter kehilangan kontak setelah sekitar 30 menit di udara.

“Tim SAR akan melakukan pencarian besok,” kata Kepala Pusat Penerangan TNI Brigadir Jenderal Wuryanto saat dihubungi, Kamis, 24 November 2016.

Wuryanto mengatakan helikopter terbang dari Tarakan pada 10.54 WITA. Pada 10.57, heli melakukan kontak terakhir dengan Tarakan Tower dan diarahkan mengontak Malinau Tower.

Kontak pertama dengan Malinau Tower terjadi pada pukul 11.16. Namun setelah 11.29 tidak ada kontak lagi. Berdasarkan laporan terakhir, posisi helikopter berada di 8 nautical mile (sekitar 15 kilometer) dari Malinau dan berada di ketinggian 2.500 kaki (762 meter).

Menurut Wuryanto, helikopter membawa lima orang awak termasuk Captain Pilot Lettu Yohanes Syahputera. Mereka bertugas membawa logistik pengamanan perbatasan (pamtas). Helikopter seharusnya tiba di Long Bawan, Malinau sekitar pukul 11.50 WITA.

Wuryanto mengatakan upaya pencarian dan evakuasi helikopter tersebut akan dilanjutkan besok pagi.

Bell 412 adalah helikopter serbaguna yang diproduksi oleh Bell Helicopter Textron, perusahaan pembuat helikopter yang berpusat di Fort Worth, Texas, Amerika Serikat. Heli ini memiliki kapasitas angkut maksimum 13 penumpang atau muatan sebesar 2.040 kilogram. 

Sumber: nasional.tempo 24 November 2016

Iklan

3 pemikiran pada “Helikopter TNI AD Hilang Kontak di Malinau, Kalimantan Utara

  1. Ping balik: Libatkan Tim SAR, TNI Masih Cari Heli yang Hilang Kontak di Kaltara | NUNUKAN

  2. Ping balik: Berita Duka, Seluruh Penumpang Helikopter yang Hilang Kontak Tidak Ada yang Selamat | NUNUKAN

  3. Ping balik: Posko Tim Pencarian Kru Heli Bell Dibubarkan | NUNUKAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s