Kewenangan Ditarik, Pemkab Berharap Honorer SKPD Juga Ditanggung Provinsi


20161220-seleksi-guru-honorer

Ilustrasi tenaga honor

Pemerintah Kabupaten Nunukan berharap, Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara tetap mempekerjakan tenaga honor dari sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di Kabupaten Nunukan yang harus dibubarkan, karena beralihnya kewenangan dari kabupaten ke provinsi.

Sekretaris Kabupaten Nunukan, Tommy Harun mengatakan, efektif 1 Januari 2017, Pemerintah Kabupaten Nunukan telah membubarkan SKPD yang kewenangannya beralih ke provinsi, seperti Dinas Pertambangan dan Energi serta Dinas Kehutanan.

“Kami maunya semua diambil provinsi. Jangan cuma kewenangannya saja, ternyata tenaga honor tidak ikut diambil,” ujarnya, Selasa (20/12/2016).

Ada ratusan tenaga honor yang selama ini bekerja di SKPD yang akan dilikuidasi itu. Tommy menyebutkan, para tenaga honor itu tidak bisa dialihtugaskan ke instansi lain.

“Karena kebijakan rasionalisasi tenaga honor juga akan segera dilakukan. Jika memang mereka akan mendaftar ke instansi lain, maka harus melalui assesmen,” ujarnya. Itu pun tidak semuanya bisa terakomodir.

Pihaknya sudah berupaya meminta Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara untuk memberikan jalan keluar terkait persoalan ini. Sebab dampaknya akan menciptakan pengangguran baru.

“Kami coba lagi tanyakan nanti ke provinsi. Kalau bisa tetap pakai tenaga honor sini, jangan pakai dari sana. Kan mereka tetap butuh orang juga di sini,” ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Nunukan berharap tenaga honor dari sejumlah SKPD itu juga beralih ke provinsi. Mengingat kondisi keuangan daerah yang sedang defisit.

“Tahun depan kita pangkas anggaran TTP 20 persen selama 10 bulan. Kalau tidak begitu, apa buat bayar? Kita lagi nggak ada uang,” ujarnya.

Dia mengatakan, jika para tenaga honor ini tidak tertangani tentu akan menciptakan pengangguran baru yang butuh penanganan khusus.

“Tidak tahu bagaimana nanti mereka ini. Aturannya sudah begitu, kami cuma ikut kemauan pusat,” ujarnya. (kaltim.tribunnews 20122016)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s