DOB Krayan Diusulkan Bersama Empat DOB di Provinsi Termuda


tommy-harun

Ketua Presidium Kabupaten Krayan, Tommy Harun

Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Krayan akan diusulkan bersamaan dengan DOB Kota Sebatik dan DOB Kabupaten Bumi Dayak (Kabudaya) Perbatasan pemekaran Kabupaten Nunukan.

Juga DOB Kabupaten Apau Kayan pemekaran Kabupaten Malinau dan DOB Kota Tanjung Selor pemekaran Kabupaten Bulungan.

Ketua Presidium Kabupaten Krayan, Tommy Harun mengatakan, dengan pengusulan bersamaan itu diharapkan lima DOB di Kalimantan Utara ini juga terbentuk bersama-sama.

‘’Kami berharap semua bersamaan. Gubernur juga ingin semua bersamaan sehingga tidak ada perbedaan,’’ ujarnya, Senin (9/1/2017) sekitar pukul 14.00 Wita.

Selain telah mendapatkan persetujuan dari DPRD Kabupaten Nunukan, DOB Kabupaten Krayan yang akan mencakup Kecamatan Krayan, Kecamatan Krayan Selatan, Kecamatan Krayan Tengah, Kecamatan Krayan Timur dan Kecamatan Krayan Barat di Kabupaten Nunukan telah mendapatkan persetujuan Pemerintah Kabupaten Nunukan.

Mengilas balik perjuangan pembentukan DOB Kabupaten Krayan yang sudah menguras tenaga dan pikiran, Tommy menjelaskan setelah presidium dibentuk, pengumpulan dana harus dilakukan secara swadaya untuk membiayai upaya penyampaian aspirasi pembentukan DOB Kabupaten Krayan.

“Kami juga telah melakukan lobi ke lembaga yang membawahi otonomi daerah sekaligus menggandeng prefesor Universitas Indonesia untuk mempelajari dan menulis kajian ilmiah kelayakan Krayan menjadi DOB,” ujarnya.

Tommy yakin pembentukan DOB Kabupaten Krayan akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk pencapaian pendapatan asli daerah misalnya, akan digali potensi dari sektor pertanian.

“Pertanian organik kita diakui sampai internasional. Kami akan maksimalkan sektor itu sebagai salah satu penghasil PAD,” kata Sekretaris Kabupaten Nunukan ini.

Padi organik adan diklaim memiliki cita rasa yang sangat dikagumi internasional. Tidak hanya disukai di Malaysia dan Brunei Darussalam, teknik pertanian organik yang dikembangkan di Krayan menjadi perhatian di Eropa.

“Ketua adat kita sering sekali diundang ke Italia, Perancis. Diundang ke Korea seminar pertanian organik di sana,” katanya.

Selain itu, pariwisata juga akan menjadi andalan dengan menyulap Krayan menjadi destinasi wisata alam.

Keindahan alam Krayan menjadi potensi lain yang pantas dipamerkan kepada wisatawan. Panorama yang asri dan segar khas pegunungan menawarkan kesegaran dengan oksigen murni yang belum dicemari polusi kimia.

“Sehingga dari sektor pariwisata Krayan bakal didaulat sebagai destinasi wisata yang direkomendasikan,” ujarnya.

Sumber: kaltim.tribunnews 9-Januari 2017

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s