Catat, Ini Dia Kendalanya Pembangunan Pusat Pemerintahan Kaltara


20170208-kaltara

Master Plan Kota Baru Mandiri (KBM) yang menjadi projeck Pemprov Kaltara senilai ratusan miliar.

TANJUNG SELOR – Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara membangun pusat pemerintahan yang sudah mulai di garap sejak tahun 2014 lalu, namun hingga kini belum berdiri pembangunan fisiknya karena adanya sejumlah kedala, salah satunya adalah belum ditetapkannya Peraturan Daerah (Perda) tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

Sedianya, lokasi pembangunan pusat pemerintahan itu akan dibangun Kota Baru Mandiri (KBM) Tanjung Selor oleh Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUTR PKP) Kalimantan Utara yang dilengkapi dengan gedung-gedung perkantoran.
Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPKTK) KBM Tanjung Selor Dinas PUTR PKP Saiful mengatakan bulan Februari 2016 diharapkan Perda RTRW bisa segera disahkan, dan kelanjutan pembangunan pusat pemerintahan dapat segera di bangun sesegera mungkin.
“Ketika RTRW diketuk, maka kami akan koordinasi dengan Kanwil Badan Pertanahan Samarinda, kami akan lampirkan RTRW tersebut,” ujarnya
Kanwil Samarinda bisa saja mendelegasikan kewenangan kepada Kantor BPN Bulungan. Namun, bila diserahkan ke BPN Bulungan maka akan ditetapkan daftar nominatif yang berisi daftar nama pemilik lahan, beserta luas lahan. Pasca keluarnya daftar nominatif tersebut baru dilakukan penunjukkan tim apresial berdasarkan lelang yang dilakukan.
“Masa lelang tim apresial ini kira-kira 1 bulan. Mudah-mudahan Februari sampai Maret, sudah bisa kerja. Dan April dilaksanakan pembayaran,” jelasnya.
Dana pembebasan lahan yang disiapkan mencapai Rp 50 miliar dari hibah Pemkab Bulungan tahun 2014 lalu. Sedang lahan yang dibebaskan akan melihat konstalasi lahan itu sendiri apakah bebas dari sengketa atau tidak.
“Yang jelas, yang mana yang clear and clean, itu yang kami bebaskan dulu. Kawasan yang sudah dibebaskan sudah bisa dibangun,” sebutnya. (newstara – 07022017)
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s