Pemilihan Langsung, Asir Unggul Jauh di Atas Kumis


20170215-pemilihan-ketua-pasar-pujasera.jpg

Proses pemilihan ketua Pasar Pujasera, Kecamatan Nunukan, Rabu (15/2/2017).

Haji Muhammad Asir unggul dengan perolehan 197 suara, jauh di atas lawannya Muhammad Rizal atau Kumis dengan perolehan 105 suara pada pemilihan langsung Ketua Pasar Pujasera, Kecamatan Nunukan, Rabu (15/2/2017).

Direktur Republik Institute Muhammad Yusran yang memfasilitasi pelaksanaan pemilihan tersebut menyebutkan, hak suara diberikan kepada setiap pedagang berdasarkan jumlah kios yang tersedia di Pasar Pujasera.

Ada sebanyak 502 kios, namun hanya 302 pemilik kios yang memberikan hak pilihnya pada pemilihan langsung dimaksud.

“Lapak lain masih kosong karena banyak pedagang mencari lokasi sendiri dengan alasan sepinya pembeli dan masih belum tegasnya pemerintah menyikapi pasar dadakan,” ujarnya.

Yusran mengatakan, para pedagang pasar memilih ketuanya untuk memudahkan koordinasi serta memberikan pemahaman yang baik terkait ketertiban, inovasi dan kepentingan para pedagang.

Pelaksanaan pemilihan yang bertepatan dengan pemilihan umum kepala daerah di sejumlah daerah di Indonesia, kata dia, merupakan inisiatif para pedagang.

‘’Ini digagas pedagang sendiri. Mereka butuh koordinator untuk tempat bertukar pendapat dan bersama memikirkan kelangsungan pasar yang resmi,’’ kata mantan anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Nunukan ini.

Sebelum munculnya dua nama dimaksud, ada enam kandidat yang diusulkan menjadi calon. Namun setelah melalui seleksi yang ketat, akhirnya Asir dan Kumis yang dipastikan berturung. Sebanyak tiga bilik suara disiapkan untuk para pemilih.

Pelaksanaan pemilihan langsung yang berlangsung di Kantor Kelurahan Nunukan Utara ini disaksikan Lurah Nunukan Utara, Riko Robby Trianto serta perwakilan Dinas Perdagangan Kabupaten Nunukan.

Pelaksanaan pemilihan langsung itu juga menghadirkan saksi dari masing-masing calon yang bertarung.

“Pemilihan ini juga untuk menyikapi semrawutnya pasar dadakan yang terus bermunculan dan belum bisa diselesaikan pemerintah,” ujarnya. (kaltim.tribunnews 15022017)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s