Penutupan Lokalisasi, Hanafiah: Siap Atau Tidak Siap, Harus Siap


psk-lokalisasi

AKAN DIPULANGKAN : Beberapa PSK yang didata di salah satu THM yang ada di Nunukan beberapa waktu lalu. Ketika penutupan dilakukan maka para PSK ini akan dipulangkan.

Rencana pemerintah untuk menutup lokalisasi Wanita Tuna Susila (WTS) semakin hari kian menjadi buah bibir masyarakat Nunukan. Asisten Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemerintah Kabupaten Nunukan, Hanafiah mengatakan, saran dari Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Irianto Lambrie terkait penghapusan prostitusi atau lokalisasi di Kabupaten Nunukan, harus dilakukan dalam bentuk tim gugus kerja.

Kata dia, berbicara penutupan tempat tempat yang menjadi sorotan bisa saja tersebar di seluruh Kabupaten Nunukan. Baik di Kota maupun di tempat terpencil sekalipun. Bahkan, lokalisasi yang terbilang resmi maupun tidak resmi, semuanya akan ditindaklanjuti. “Mau resmi atau tidak resmi, itu tidak pandang bulu, intinya visi Indonesia 2019 harus bersih Indonesia dari hal itu,” terangnya.

Mengenai koordinasi ke pemerintah pusat, kata dia, akan terus dilakukan. Pasalnya, penanganan saat penutupan lokalisasi tentunya  menimbulkan dampak bagi masyarakat sekitar maupun para WTS tersebut. “Kita harus memperhitungkan dampak lingkungan akibat ditutupnya itu. Jangan sampai kita buat kebijakan dengan mudah tanpa memikirkan dampaknya. Jangan sampai kita memberantas suatu masalah, namun menimbulkan masalah baru,” tuturnya.

Menurutnya jika pemerintah sudah menginstruksikan hal tersebut, tentunya pemerintah juga tidak akan lepas tangan begitu saja. Akan dicarikan sumber matapencaharian bagi WTS. Ini dilakukan agar tak ada pihak yang dirugikan. “Artinya jika ini tutup tidak ada masalah yang timbul. Masyarakat juga tidak resah,” jelasnya.

Mengenai kesiapan pemda saat melakukan penutupan, kata dia, sudah sangat siap sejak turunnya instruksi dari gubernur. “Kita kembali ke Gubernur. Pokoknya suka tidak suka, siap tidak siap harus kita siapkan. Itukan perintah atasan kita dan kita juga harus meminta bantuan provinsi karena kita tidak bisa berdiri sendiri. Kita harapkan pemerintah provinsi memberikan dana-dana bantuan untuk aktivitas kita disini,” pungkasnya. (kalpos.prokal.co/ 150417*/say)

Selasa, 18 April 2017 13:59

Para WTS Akan Diberikan Bantuan Pemerintah Pusat

Upaya pemerintah untuk menutup lokalisasi Wanita Tuna Susila (WTS) masih terus dibahas. Namun yang menjadi kendala adalah penanganan lebih lanjut terhadap WTS. Apakah diberikan lapangan pekerjaan atau dibiarkan begitu saja.

Asisten Kesejahteraan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nunukan, Hanafiah mengatakan untuk persoalan tersebut, dari pemerintah pusat akan memberikan bantuan kepada para WTS yang bersangkutan.

Menurutnya bantuan yang diberikan oleh pemerintah, mulai dari pendanaan transportasi, terhadap WTS yang akan dipulangkan, maupun kemandirian untuk membentuk usaha baru, berupa modal sesuai dengan keterampilan kerja yang dimiliki masing-masing WTS yang bersangkutan. “Pemerintah pusat akan bantu transportasi pemulangan, maupun semacam kemandirian usaha, tapi nilainya berapa kita belum tahu, dulu perencanaanya mereka mau di Diklat, tapi kelihatannya pelaksanaan diklat itu terlalu rumit pelaksanaan dan mekanismenya,” ungkapnya.

Kata dia, jika ada WTS yang memiliki keterampilan  untuk mamasuki dunia kerja, pihak pemerintah daerah sendiri akan siap untuk merangkulnya. Seperti menempatkan di perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja wanita. “Jika ada perusahaan-perusahaan yang memang membutuhkan tenaga kerja wanita, kenapa tidak kita saling membantu. Apakah dia mau dipabrik , kita tampung aja disitu siapa tahu mereka mau bekerja disana, saya kira sangat mulia yah, kalau memang bisa kita sadarkan mereka,” terangnya.

“Namun saat ini belum ada rapat tekhnis yang betul, karena dalam SK itu sudah ada pembagian bidang-bidangnya. Nah, bidang-bidangnya yang belum kita keetahui. Yang jelas kita sudah rapat pendahuluan, dan semua pihak sangat-sangat mendukung karena ini merupakan kebijakan nasional maupun kebijakan provinsi,” tutupnya. (kalpos.prokal.co/*/say)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s