Senpi Rakitan Beserta Puluru Diserahkan ke Polisi


senpi-rakitan

DISERAHKAN : Kapolsek Sebuku AKP Alyadi menerima senjata api dan peluru aktif dari Kades Belatikon yang didampingi Ketua Adat Besar Desa Belatikon.

Kesadaran masyarakat terkait bahayanya memiliki senjata api (senpi) rakitan semakin tumbuh. Ini terbukti dengan banyaknya senpi yang sudah diserahkan kepada petugas.

Baru-baru ini, Kepolisian Sektor (Polsek) Sebuku, kembali menerima senpi rakitan jenis penabur beserta peluru yang diserahkan warga. Senpi beserta peluru aktif itu lebih dulu diserahkan kepada Kepala Desa (Kades) Belatikon, Kecamatan Tulin Onsoi, yang kemudian diamankan oleh Polsek Sebuku.

Kades Belatikon Melwan Iban beserta stafnya dan Ketua Adat Besar Desa Setaun mendatangi Polsek Sebuku untuk menyerahkan senpi tersebut, Senin (24/4) sekira pukul 11.30 Wita. “Kapolsek Sebuku juga tidak tahu kalau Kades dan Ketua Adat Desa Belatikon akan datang untuk serahkan senpi,” ucap Kapolres Nunukan AKBP Pasma Royce melalui Kasubbag Humas IPTU M. Karyadi.

Kapolsek Sebuku yang didtangi Kades Belatikon bersama dengan ketua adat langsung menyambut kedatangan mereka. Kapolsek Sebuku AKP Alyadi yang menerima senpi beserta peluru tersebut langsung mengamankan senpi tersebut. “Iya Kapolsek sendiri yang  terima senjata dan peluruh aktif itu,” ujarnya.

Lebih lanjut, senpi dan peluru tersebut kemungkinan besar adalah milik salah satu warga desa Belatikon. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Kades Belatikon beserta Ketua Adat Besar Desa mengambil keputusan untuk menyerahkan senpi tersebut kepada pihak berwajib. “Karena takut terjadi yang tidak-tidak, siapa tahu saja nanti ada yang gunakan senjata yang dipakai untuk kejahatan, kan bisa saja,” katanya.

Pendekatan yang dilakukan pihak Kecamatan Sebuku dan Kecamatan Tulin Onsoi kepada masyarakat yang memiliki senpi rakitan dinilai menjadi faktor, sehingga pemilik senpi dengan sukarela menyerahkannya. “Yah, kemungkinan ini karena pendekatan dan kerja sama yang baik para Kades dan para tokoh adat yang ada di Kecamatan Sebuku dan Tulin Onsoi,” katanya.

Selain itu, para Kades juga menjanjikan untuk menyerahkan lagi senjata rakitan beserta peluru yangmilik warga. “Apabila ada senjata api rakitan warga desa Belatikon akan mereka usahakan untuk menyerahkan ke pihak kepolisian selanjutnya,” ungkapnya. (kalpos.prokal 25042017)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s