Bulan Depan, Pelat KU Mulai Diberlakukan


Kode ku

SEGERA BERGANTI: Kendaraan bermotor di Nunukan dan Kaltara akan segera menggunakan kode wilayah baru dengan kode KU.

Masyarakat di perbatasan yang memiliki kendaraan bermotor dapat mengganti pelatnya dengan kode wilayah baru Kalimantan Utara (Kaltara) atau KU. Namun, penggantian kode wilayah itu baru diberlakukan Mei mendatang dan dilakukan saat Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) berakhir.

Itu disampaikan Kapolres Nunukan AKBP Pasma Royce, SIK melalui Kepala Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Nunukan AKP Abu Sangit. Untuk kode wilayah KU telah di launching gubernur Kaltara saat Hari Ulang Tahun (HUT) Kaltara ke-4, Sabtu (22/4) lalu.

“Aturan kode wilayah KU telah dikeluarkan oleh Kapolri, selanjutnya sisa menunggu peraturan dari Kapolda. Kemungkinan sisa tanda tangan saja,” kata Abu Sangit kepada Radar Nunukan, Rabu (26/4).

Masyarakat yang ingin mengganti kode wilayah kendaraan bermotor dari KT menjadi KU dapat dilakukan mulai Mei mendatang. Karena untuk melakukan penggantian kode wilayah perlu dilakukan persiapan terlebih dahulu.

Dia melanjutkan, ketika resmi dilakukan penggantian kode wilayah KU, masyarakat harus ikut segera mengganti. Karena di provinsi lain seperti Kalimantan Barat (Kalbar) dengan kode wilayah KB, Kalimantan Tengah (Kalteng) KH, Kalimantan Selatan (Kalsel) BA dan Kalimantan Timur (Kaltim) KT.

“Kebetulan Kaltara ini KU sesuai keputusan dari Kapolri tentang penetapan kode wilayah registrasi bermotor yang dikeluarkan pada 21 April lalu,” ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk kode wilayah KU dipastikan kendaraan yang baru keluar pada Mei mendatang otomotis KU. Sedangkan, kendaraan yang  masih menggunakan kode wilayah KT. Masyarakat harus menunggu masa habis berlaku STNK saat perpanjangan lima tahun. Namun, jika masyarakat ada yang ingin mengganti segera saat melakukan pembayaran pajak kendaraan juga dapat dilakukan.

Begitu pula dengan kode wilayah luar Kaltara, seperti DD dan yang lainnya, diminta untuk mengganti menjadi KU agar pembayaran pajak lebih mudah dilakukan di daerah sendiri dan menambah pendapatan pajak daerah.

Untuk biaya penggantian kode wilayah akan disesuaikan dengan Peraturan Pemerintah (PP) 60/2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku pada Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Sementara, Kepala Seksi (Kasi) Pendapatan dan Penetapan, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Nunukan, Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) Purwono, SE mengungkapkan, untuk mendapatkan kode wilayah di kabupaten hanya mengikut dengan provinsi.

“Saya pernah ikut rapat di Polda Kaltim, untuk pergantian kode wilayah akan disesuikan dengan waktu perpanjangan STNK,” kata Purwono kepada media ini.

Penggantian tidak dapat dilakukan secara serta merta, karena ditakutkan akan membebani masyarakat. Guna memudahkan penggantian masyarakat tidak perlu didesak, sisa mengikuti waktu STNK pada kendaraan bermotor yang digunakan kedaluwarsa yang kemudian akan diganti dengan kode wilayah baru.

“Untuk lebih baiknya penggunaan kode wilayah KU dan lebih mudah perhitungan pajaknya, jika kode wilayah KT perlu ada dana bagi hasil pajak lagi,” tambahnya. (kaltara.prokal. 27042017)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s