Operasi Teritorial TNI Berakhir, Ini Hasil yang Dicapai


Operasi Teritorial TNI 2018 yang dilaksanakan di Desa Sekaduyantaka, Kecamatan Sei Manggaris, resmi ditutup oleh Komandan Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) Brigjen TNI Irham Waroihan, Senin (11/06/2018).

Operasi Teritorial TNI ini telah dilaksanakan selama 70 hari, dan memberikan hasil yang maksimal, serta bermanfaat bagi warga desa perbatasan.

Operasi dimulai sejak 3 April hingga 11 Juni dengan melibatkan 240 personel yang terdiri dari satuan tugas operasi teritorial, Pemda, Instansi terkait, serta komponen masyarakat.

Pelaksanaan Operasi Teritorial TNI diarahkan pada sasaran fisik maupun sasaran non fisik.

Untuk sasaran fisik diprioritaskanpembangunan infrastruktur berupa peningkatan sarana prasarana dan fasilitas umum, guna mempercepat pembangunan di daerah.

Sedangkan sasaran non fisik ditujukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta menumbuhkembangkan semangat dan motivasi masyarakat dalam rangka mencapai kesejahteraan.

“Program Operasi Teritorial TNI merupakan program lintas sektoral,” ucap Danrem, Senin (11/6/2018).

Adapun hasil sasaran fisik yang dicapai meliputi pembuatan jalan, semenisasi jalan, rehab rumah tidak layak huni, pembuatan pusat kesehatan terpadu, pembuatan lapangan sepak bola, pembuatan lapangan volly, blasting batu sungai, pembuatan MCK, pembangunan lamin dan pengecoran parit.

Sedangkan pelaksanaan program non fisik dilaksanakan melalui penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan KB dan kesehatan, penyuluhan pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan, penyuluhan narkoba dan hukum, penyuluhan bahaya laten komunis, penyuluhan bahaya terorisme dan kelompok radikal, serta penyuluhan agama.

“Secara umum pelaksanaan Operasi teritorial TNI telah dapat berjalan lancar, tertib dan aman serta berhasil sesuai sasaran yang telah ditetapkan,” ungkapnya. (*)

Sumber: kaltim-tribunnews

Senin 11 juni 2018

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.