Upacra HUT RI di Kabupaten Nunukan di adakan di Empat tempat.




1. Laura Jadi Inspektur Upacara HUT RI di Krayan, Dihadiri Warga Malaysia

Warta Humas – Pada peringatan detik detik proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 Tahun 2019. Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid SE MM bertindak selaku inspektur upacara di Kecamatan Krayan yang dipusatkan di Lapangan Omega.

Kehadiran Bupati Nunukan merayakan hari kemerdekaan di wilayah perbatasan Republik Indonesia – Malaysia khususnya di daerah Krayan yang berbatasan langsung dengan Serawak Malaysia. Salah satunya untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan meningkatkan jiwa kebangsaan sebagai daerah yang menjadi pintu gerbang NKRI di wilayah perbatasan.

Menurut Laura rasa nasionalisme di wilayah perbatasan khususnya di Krayan sangat tinggi dan terasa hal tersebut dapat dilihat dari antusiasme masyarakat perbatasan mengikuti perayaan hari ulang tahun dengan menggelar berbagai kegiatan perlombaan dan pertandingan.

“Pemerintah daerah juga selalu hadir ditengah-tengah masyarakat untuk memberikan pemahaman tentang kebangsaan dan pendidikan karakter,” ungkap Laura usai melaksanakan upacara.

Selain warga dan masyarakat perbatasan di wilayah Krayan, perayaan hari ulang tahun RI ke 74 tahun 2019 juga dihadiri warga Malaysia yang secara khusus melakukan kunjungan untuk menyaksikan pelaksanaan upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI yang ke 74 Tahun 2019. (Humas)


2. Jadi Irup HUT RI 74 tahun di Sebatik Tengah, Wabup Terharu Antusiasme Warga

Warta Humas – Wakil Bupati Nunukan H. Faridil Murad menjadi Irup di Sebatik Tengah yang di laksanakan RTP Sepakbola Aji Kuning Sebatik Tengah, Sabtu (17-08).

Terlihat peserta upacara bendera mulai Anak-anak Sekolah Dasar, SLTP dan SMA juga warga masyarakat ikut memenuhi area upacara, hanya untuk melihat Sang Saka Merah Putih dikibarkan di perbatasan pada perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 74 Tahun.

H. Faridil mengaku bangga dan terharu melihat semangat masyarakat yang ikuti peringatan HUT RI ini, dimana bukan hanya para peserta upacara yang terlihat semangat mengikutnya melainkan antusias masyarakatlah yang membuat Faridil sangat terharu, di tengah teriknya matahari masyarakat tetap setia berada di lokasi upacara.

“Saya sangat terharu melihat semangat Warga sebatik ini, kita lihat betapa bangganya mereka bisa ikut Upacara dan melihat bendera Sang Saka Merah Putih dikibarkan, meskipun sinar matahari menyengat tubuh, inilah semangat warga perbatasan,”Kata H. Faridil.

Menurut Bang Haji, sapaan akrabnya, dirinya juga mengatakan selalu bangga menjadi Irup di wilayah perbatasan, karena semangat anak perbatasan nasionalismenya tidak diragukan lagi.

“Ini adalah salah satu bentuk Cinta Tanah Air yang ditunjukkan oleh warga perbatasan, dan cinta NKRI masih mendarah daging didiri mereka,”tuturnya.

Setelah upacara selesai, kegiatan dilanjutkan dengan penampilan drama kolosal dari gabungan Desa di Sei. Nyamuk Kecamatan Sebatik Timur, kemudian di lanjutkan berbagai Tarian, seperti Tarian Gemufamire, Tarian Gawi dan Tarian Dolo dolo. (Humas )


3. Upacara Berlangsung Khidmat, Serfianus Gantikan Bupati Sebagai Irup

WARTA HUMAS – Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia Ke – 74 di Halaman Kantor Bupati Nunukan berlangsung khidmat. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Nunukan Serfianus bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup), dan Iptu Budi Utomo dari Kepolisian Resort (Polres) Nunukan sebagai Komandan Upacara.

Serfianus menggantikan Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid yang melakukan upacara serupa di Kecamatan Krayan, sedangkan Wakil Bupati Nunukan H. Faridil Murad melaksanakan upacara di Kecamatan Sebatik Tengah.

Tampak hadir dalam upacara tersebut Kapolres Nunukan AKBP Teguh Triwantoro, Dandim 0911 Nunukan Letkol (CZI) Abdillah Arif, Danlanal Letkol Laut (P) M. Machri Mokoagow, M. Tr. Hanla, Ketua DPRD Hj. Rahma Leppa Hafid, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Candra Nurendra Adiyana, Wakil Ketua DPRD H. Irwan Sabri, dan Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Utara Hj. Yetna Widiani dan Andi Zakaria.

Selain itu, upacara juga diikuti oleh para pejabat pimpinan tinggi pratama dan administrator, beberapa anggota DPRD Kabupaten Nunukan, para tokoh agama, tokoh masyarakat, beberapa anggota legiun veteran, para ASN, pelajar, dan anggota TNI/Polri.

Upacara diawali pada sekitar pukul 09.30 Wita dengan Peringatan Detik – Detik Proklamasi dengan membunyikan sirine selama satu menit, diikuti oleh Pembacaan Naskah Teks Proklamasi oleh Ketua DPRD Kabupaten Nunukan Hj. Rachma Leppa Hafid, dan kemudian dirangkaikan dengan pengibaran bendera merah putih oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang merupakan gabungan dari siswa – siswi SMA dan SMK se – Kabupaten Nunukan.

Pembawa baki bendera merah putih adalah Masayu dari SMKN 1 Sebatik Barat, sedangkan yang bertindak selaku pengibar bendera adalah Muhajir S.M. Wirajaya dari SMKN 1 Sebatik Barat, Igho Aris Danuarta dari SMA Negeri 1 Nunukan, serta Hendrawan dari SMA Negeri 2 Nunukan. Sebelum upacara dimulai, tamu dan undangan sempat dihibur oleh penampilan Polisi Cilik Nunukan (PCN) yang merupakan siswa – siswi SDN 01 Nunukan dibawah binaan Polres Nunukan. Selesai upacara, sempat dilakukan sesi photo bersama tamu dan undangan yang hadir dengan seluruh anggota Paskibra.

Selain dilaksanakan di Kantor Bupati Nunukan, upacara peringatan HUT kemerdekaan RI juga dilaksanakan oleh sekolah – sekolah, kantor perbankan, dan instansi vertikal. Bahkan ada masyarakat yang berinisiatif menggelar upacara bendera sendiri secara sederhana, seperti yang dilakukan oleh masyarakat di Jalan Porsas Nunukan Timur. Di berbagai tempat, masyarakat juga melaksanakan berbagai perlombaan khas tujuh belasan, seperti lomba balap karung, lomba lari kelereng, lomba makan kerupuk, panjat pinang dan lain sebagainya untuk memperingati hari lahirnya Bangsa Indonesia tersebut.

Sementara itu, pada saat Upacara penurunan bendera (Aubade), yang bertindak selaku Irup adalah Dandim 0911 Nunukan Letkol (CZI) Abdillah Arif, dan Lettu (Inf) Tendy Aditya Nugraha sebagai komandan upacara. (HUMAS)

Sumber: Halaman Facebook Pemkab Nunukam


4. Masyarakat Nunukan Merayakan HUT RI Ke – 74 di Lapangan Porsas Nunukan Timur

Warga masyarakat Jl. Cik Dik Tiro Warung Kamtibmas RT. 18 Nunukan Timur melaksanakan upacara pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Ke – 74 bertempat di Lapangan Porsas Rt. 18 Kel. Nunukan Timur Kec. Nunukan Kab. Nunukan.

Pelaksanaan upacara memperingati HUT RI ke 74 adalah bentuk Penghargaan Warga masyarakat Jl. Cik Dik Tiro Warung Kamtibmas RT. 18 Nunukan, yg sebesar besar nya kepada Para Pahlawan yg telah Gugur mengorbankan Jiwa dan Raga nya kepada Bangsa dan Negara Republik Indonesia serta menumbuhka jiwa Nasionalisme dan cinta Tanah Air.

Sumber : Facebook Warung Kamtibmas

Laura Jadi Inspektur Upacara HUT RI di Krayan,
Wakil Bupati Nunukan H. Faridil Murad menjadi Irup di Sebatik Tengah
Upacara Berlangsung Khidmat, Serfianus Gantikan Bupati Sebagai Irup
Masyarakat Nunukan Merayakan HUT RI Ke – 74 di Lapangan Porsas Nunukan Timur

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.